e-Commerce Tingkatkan Transaksi BSI Mobile

Kenaikan ini mencapai 97,4% dengan 46,4 juta transaksi.

e-Commerce Tingkatkan Transaksi BSI Mobile
ShutterStock/CahyadiSugi
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Transaksi PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Mobile naik 97,4% (Year on Year/YoY). Terhitung pada Juli 2021, terjadi kenaikan di BSI Mobile sebesar 46,4 juta transaksi. Hal ini didorong oleh aktivitas transaksi para nasabah dalam berbelanja di e-commerce, terutama selama pandemi Covid-19.


 

Kenaikan transaksi BSI Mobile

ShutterStock/JOAT

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, mengatakan proses transaksi BSI Mobile terus mengalami kenaikan di masa pandemi. “Sampai Juli 2021, transaksi BSI Mobile berkontribusi paling tinggi, yaitu 46% dari jumlah transaksi e-channel, sudah melebihi pencapaian tahun 2020,” katanya seperti dikutip dari ANTARA News. 

Berdasar atas catatan BSI, transaksi melalui mobile banking memberikan sumbangan terbesar atas fee-based income perusahaan. Sejak awal 2021, fee-based income meningkat sebesar Rp12,9 miliar atau naik 71,85%.

Peran e-Commerce dan e-Wallet

ShutterStock/ImranKadir

Menurut Hery peningkatan didorong pula oleh tingginya aktivitas transaksi pembayaran belanja yang dilakukan nasabah BSI di e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee, yang mengalami kenaikan pada level ratusan persen selama Juli 2020. “Transaksi top up e-wallet, di antaranya GoPay juga mengalami kenaikan triple digit dan transaksi OVO naik double digit,” tuturnya.

Hingga akhir 2021, BSI Mobile memiliki target fee-based sebesar Rp532 miliar dengan tiga juta pengguna baru. Tercatat per 17 Agustus, BSI Mobile telah digunakan oleh lebih dari 2,7 juta pengguna, dengan pertumbuhan pengguna aktif lebih dari 1,1 juta nasabah.

Berbagai inovasi BSI lainnya

ShutterStock/Farzand01

Salah satu layanan digital terbaru BSI adalah pembukaan rekening tabungan dalam waktu kurang dari 5 menit dengan fitur ‘Biometric-Face Recognition’. Melaluinya, pembukaan rekening secara online diharapkan dapat mencapai 1 juta nasabah.

“BSI Mobile berupaya mendampingi nasabah sebagai sahabat finansial, sosial, dan spiritual, untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi umat,” ujar Hery.

Selain itu, melalui BSI Mobile, nasabah juga dapat menikmati berbagai fitur seperti layanan Pay Later, maupun Mitraguna Online. Nasabah juga bisa memanfaatkan BSI Mobile untuk menabung emas, gadai emas, membayar Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf (ZISWAF), membeli hewan kurban, bahkan mengetahui informasi waktu salat dan lokasi masjid terdekat.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan