5 Tempat Makan Zi Char Halal di Singapura

Rahasia warga lokal makan enak dengan harga terjangkau.

5 Tempat Makan Zi Char Halal di Singapura
Makanan Zi Char/Dok. Asian Food Network
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Singapura, FORTUNE - Saat berwisata ke sebuah tempat baru, makan enak tak luput dari agenda wisata. Bila Anda seorang foodies, biasanya daftar tempat makan enak sudah tersusun dengan rapih sebelum mulai berwisata. Zi Char dapat menjadi pilihan tempat makan di Singapura yang menawarkan ragam makanan lezat  dengan menu bervariasi, porsi banyak, dan harga terjangkau. 

Zi Char ini sangat cocok bagi Anda wisatawan keluarga atau rombongan yang datang bersama teman teman ke Singapura. Zi Char juga menjadi salah satu cara untuk merasakan budaya makan ala warga  lokal Singapura, yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari mereka.  

Namun, apakah itu Zi Char? Dikutip dari Michelin Guide, Zi Char atau Cze Char, adalah salah satu cara  makan favorit orang Singapura untuk menikmati ragam makanan lokal beramai-ramai atau di Indonesia  budaya makan ini disebut Makan Tengah.  

Kata Zi Char diambil dari Bahasa Hokkian, yaitu cze untuk memasak dan char untuk menggoreng. Meskipun Zi Char diambil dari Bahasa Hokkian, tetapi makanan yang disajikan pada restoran Zi Char di Singapura tidak melulu makanan Cina. Ada pengaruh Melayu, India, dan Peranakan dalam makanan yang disajikan dalam meja besar Zi Char.  

Sebagai gambaran, makanan di Zi Char mirip dengan restoran Chinese food kelas atas, tetapi harga  makanannya lebih terjangkau atau setara dengan harga makanan di pusat jajanan kuliner. Restoran Zi Char tertua di Singapura yang masih bertahan saat ini ada Ka Soh dari 1939 dan Kok Sen dari 1960an.  

Restoran Zi Char di Singapura juga banyak yang menjual makanan halal dan sudah menerima sertifikat  halal dari MUIS, sehingga bagi Anda umat Muslim dapat menikmati makanan dengan tenang. 

Berikut rekomendasi Zi Char halal di Singapura yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman, atau  orang tercinta untuk wisata kuliner selanjutnya di Singapura. Anda juga bisa mendapat pengalaman bersantap layaknya warga lokal Singapura.

1. Chai Chee Seafood Restaurant

Hotplate sotong curry/Dok. Facebook Chai Chee Seafood Restaurant

Variasi makanan di Chai Chee Seafood Restaurant sangat beragam. Anda bisa menemukan varian  masakan seafood yang menggoda selera, beberapa menu favorit mereka adalah kepiting lada hitam, nasi  goreng seafood, ikan asam manis, kangkung belacan, cryfish (lobster air tawar) chili, dan masih banyak  lagi.  

Restoran ini juga membuat paket yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayuran, sup, dan minuman, menyesuaikan jumlah pengunjung agar membuat pengunjung lebih mudah memesan makanan. Bagi Anda yang membawa anak, Chai Chee Seafood Restaurant juga punya kids meal atau makanan anak. Anda bisa menemukan restoran ini di 359 Changi Road Singapura, Singapura 419821.

2. Jiak

Sapi lada hitam andalan Jiak/Dok.Jiak

Jiak memiliki tampilan yang agak berbeda dengan restoran Zi Char pada umumnya, karena desain  restoran ini lebih modern dan kekinian. Cocok bagi wisatawan muda dan mengutamakan kenyamanan. 

Meskipun demikian, Anda tetap bisa menemukan makanan ala Zi Char halal yang merupakan makanan rumahan akrab di lidah. Restoran ini terkenal akan kepala ikan masak kari ala Jiak, ikan tim, sayur dan tahu hotplate, nasi goreng  seafood, brokoli masak scallop, dan sapi lada hitam.  

Selain desain interior dengan tema modern, nyaman, dan jazzy, Anda juga dapat membedakan tampilan  makanan Jiak yang disusun dengan cantik dan Instagramable. Jiak memiliki dua cabang restoran, yaitu di Esplenade Mall dan HillV2.  

3. West Co'z Café

Kari kepala ikan dari West Coz Cafe/Dok. Facebook West Coz Café

Restoran Zi Char ini selalu ramai saat jam istirahat pekerja kantoran. Makanannya terkenal enak dengan  harga terjangkau, seperti makanan andalan mereka kari kepala ikan. 

Setiap orang yang lewat di depan restoran dapat mencium harum kari ikan yang menggoda selera,  karena banyak yang memesan makanan tersebut.  

Sajian andalan lain dari West Co'z Cafe adalah assam kepala ikan, selain itu omelete tiram, hotplate  sayur dan tahu, cumi sambal, dan ikan tim juga banyak disukai orang.  

West Co'z Cafe juga menawarkan paket set menu yang menyesuaikan jumlah orang dan nasi kotak  lengkap dengan lauk dan sayur untuk bungkus. Anda bisa menyantap menu andalan ini di West Coast Plaza, Singapura.

4. Tang Tea House

Dimsum di Tang Tea House/Dok. Facebook, Tang Tea House

Tang Tea House terbilang sebagai restoran Zi Char yang unik, karena selain makan berat Anda juga  bisa ngemil dim sum di sini.  Anda bisa menikmati bakpao ayam, hakau, siu mai, pangsit kukus, dan masih banyak lainnya sambil  minum teh.  

Menu lain yang tak kalah menggiurkan, yakni crispy bee hoon (bihun renyah) dan nasi ayam mereka yang terkenal. Selain itu, Anda harus mencoba makanan favorit, di antaranya pari masak sambal, ikan asam manis, udang goreng renyah, kepiting soka, dan nasi goreng XO.  

Mereka juga memberi bocoran, kalau rahasia kenikmatan nasi ayam di sini adalah pengunaan minyak  untuk memasak ayam yang terdiri dari jahe, sereh, minyak wijen, dan kecap asin.  Semua bumbu terebut meresap sampai ke dalam daging ayam yang lembut.  

Tang Tea House memiliki lima cabang restoran yang berlokasi di Jalan Kayu, Jurong West, Changi,  Selera Serambi, Wisma Geylang Serai. Pusatnya di Simpang Bedok. Tertarik mencoba?

5. A-Poh Kitchen

Tom yum di A Poh Kitchen/Dok. Apoh.com

Banyak yang menyukai A-Poh Kitchen karena variasi sup mereka yang beragam dan nikmat. Contohnya  sup kembang tahu pare, tom yum, sup seafood rumput laut, sup asam pedas ala Sichuan, dan sup  sayuran campur. 

Tak cuma sup, Anda juga bisa menikmati aneka nasi gurih yang jarang ditemui di tempat lain seperti  nasi nanas, nasi goreng sambal petai, nasi goreng ala Thailand, dan nasi goreng supreme alias spesial.  

Sama sepeti Zi Char lainnya, A-Poh Kitchen juga menawarkan aneka seafood di sini. Restoran A-Poh  Kitchen yang dilengkapi pendingin ruangan juga membuat banyak pengunjung betah dan nyaman. A-Poh Kitchen bisa Anda temukan di Clementi Avenue 2 #01-223 Block 354, Singapura.

Saat berkunjung ke Singapura, jangan lupa menyantap Zi Char bersama dengan keluarga atau teman-teman. Selain harga makanan yang terjangkau, sajian lokal khas Singapura  ini tentu memberi pengalaman santap ala warga lokal yang tak terlupakan. Namun, sembari berwisata kuliner, jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19. 

Sebagai informasi, Singapura juga menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industri MICE, pariwisata, dan layanan makanan. SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang  berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemi COVID-19. Saat ini jumlah  penerima vaksin di Singapura mencapai lebih dari 85 persen dari populasi. 

Related Topics

Makanan HalalHalal

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M