Deretan Konglomerat Wanita Muslim di Dunia, Hartanya Ratusan Triliun

Dari rumah mewah hingga Rolls Royce berlapis emas 24 karat.

Deretan Konglomerat Wanita Muslim di Dunia, Hartanya Ratusan Triliun
Raja Mohammed VI dan istrinya Salma di festival film Marrakech di Maroko pada 2002/The Sun
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tidak kalah dari para miliarder dunia, tujuh wanita muslim ini juga memiliki harta yang fantastis. Merupakan istri dan anak PM Uni Emirat Arab (UEA) yang masuk jajaran orang kaya di dunia. 

Berikut daftar perempuan muslim yang terkenal kaya raya di dunia. Mereka memiliki harta melimpah, seperti emas, mobil hingga uang triliunan rupiah.

1. Lalla Salma (Maroko)

Dari catatan Forbes, istri dari Raja Maroko atau Ratu dari Raja Mohammed VI bisa menghabiskan US$960 ribu atau sekitar Rp13,4 miliar untuk biaya operasional hariannya saja. Sementara jumlah kekayaan bersihnya ditaksir mencapai US$2,5 miliar setara Rp35 triliun.

2. Rania Al Abdullah (Jordania)

Istri dari Pangeran Abdullah II ini menyandang gelar Ratu Jordania sejak sang suami tercinta naik tahta menjadi Raja Kerajaan Hashemite pada 1999.  Menurut berbagai sumber, ia pernah menghabiskan lebih dari US$1 miliar atau setara Rp14 triliun hanya untuk membangun taman hiburan yang diberi nama Star Trek.

3. Sultanah Nur Zahirah (Malaysia)

Sultanah Nur Zahirah adalah istri dari Al-Wathiqu Billah Tuanku Mizan Zainal Abidin dari Trengganu dan menjadi ratu ke-13 Malaysia pada periode 2006–2011. Jumlah kekayaannya ditaksir lebih dari US$15 miliar atau lebih dari Rp210 triliun. 

4. Sheikha Mozah (Qatar)

Sheikha Mozah adalah istri kedua dari 3 orang istri yang dimiliki oleh seorang bangsawan Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani. Jumlah kekayaan suaminya mencapai US$11 miliar, yaitu berkisar Rp143 triliun.

5. Sheikha Maitha (Uni Emirat Arab)

Seikha Maitha adalah anak dari Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab, yaitu Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. 

Tak hanya memiliki harta turunan yang berlimpah, wanita muslim satu ini juga berprestasi. Sheikha merupakan seorang atlet karate dan taekwondo profesional dan pernah meraih medali perak pada ajang Asian Games 2016. Jumlah kekayaan Sheikh Mohammed diperkirakan sebanyak US$40 miliar atau setara dengan Rp560 triliun.

6. Hajah Hafizah (Brunei Darussalam)

Wanita muslimah ini merupakan anak Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. Pesta pernikahan Hajah dengan YAM Pengiran Anak Haji Mohammad Ruzaini menghabiskan US$20 juta atau sekitar Rp280 miliar.

Merogoh kocek miliaran untuk mewujudkan pernikahan impian, tentu tidak membuat masyarakat heran. Sebab sang ayah merupakan orang terkaya di dunia versi majalah Forbes pada 1997. Harta kekayaannya meliputi sebuah mobil Rolls Royce yang dilapisi emas 24 karat dan 7.000 buah mobil lainnya.

7. Sheikha Hanadi (Qatar)

Sheikha Hanadi merupakan  bankir, investor dan pengusaha real estate asal Qatar. Dalam kariernya, selain menjadi penasehat khusus di Bank Standard Chartered, ia juga menjadi CEO dari Al Waab City Real Estate development project dan menjadi wakil CEO dari Nasser bin Khaled Al Thani dan Sons Group. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai US$15 miliar atau Rp210 triliun.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi