Erick Thohir: Santri Berpotensi Jadi Penggerak Industri Halal

Pesantren bisa menjadi mercusuar dan pusat muslimpreneur.

Erick Thohir: Santri Berpotensi Jadi Penggerak Industri Halal
Produk pesantren dipamerkan dalam temu bisnis one product one pesantren (OPOP) di Hotel Papadayan, Bandung, Selasa (8/12/2020)./IDN Times/Debbie Sutrisno
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan ada potensi menggerakkan industri halal di ribuan pondok pesantren di Indonesia. Ia pun mendorong santri menjadi penggerak industri halal di Indonesia, bahkan global. 

Para santri dan santriwati dinilai harus mampu mengembangkan kapasitas diri guna bersaing di tengah tantangan era disrupsi dan perubahan digital yang sangat cepat. 

Menurutnya, para santri dan santriwati itu juga akan turut berkontribusi dalam membawa Indonesia menuju negara maju dan membangun peradaban bagi negara.

"(Harus) Berani menghadapi tantangan era saat ini dengan perubahan yang sangat cepat," kata Erick dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (20/10). 

Sebagai penggerak, kata Erick, program Magang Santri dan Santripreneur merupakan kolaborasi yang sukses antara BUMN bersama sejumlah perguruan tinggi dan pesantren, dalam meningkatkan kualitas SDM. 

"Langkah ini merupakan persiapan bagi generasi muda, untuk menghadapi tantangan pembangunan ke depannya, termasuk di sektor digital," ujarnya.

Peningkatan kualitas pendidikan dan kewirausahaan

Melalui program tersebut, Erick berharap akan meningkatkan kualitas pendidikan dan kewirausahaan, sehingga pondok pesantren bisa menjadi mercusuar peradaban serta pusat pemberdayaan muslimpreuneur.

"Dengan terwujudnya SDM dari para santri yang berkualitas, maka santri akan jadi penggerak pemberdayaan industri halal di Indonesia dan internasional," ujar Erick. 

Diketahui, sebelumnya Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) bersama 32 BUMN lainnya, telah menggelar Bakti BUMN untuk Santri yang meliputi program Magang Santri dan Pesantrenpreneur di Jawa Timur.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani, menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung berbagai program yang dilakukan Kementerian BUMN. 

"Kegiatan ini tentu sejalan dengan upaya Kementerian BUMN, dalam meningkatkan kualitas pendidikan pesantren guna mewujudkan kemajuan peradaban dan perekonomian nasional," ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

IDN Media Channels

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Medco Rampungkan Divestasi Kepemilikan di Blok Ophir Vietnam
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya