Konsumsi Produk dan Layanan Halal Diprediksi Capai Rp4,3 T di 2025

Ekonomi syariah diharapkan tumbuh 14,96% pada 2025.

Konsumsi Produk dan Layanan Halal Diprediksi Capai Rp4,3 T di 2025
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita/YouTube Kemenperin RI
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong akselerasi industri halal. Menurutnya, potensi industri halal sangat besar sehingga harus dimanfaatkan.

Berdasarkan data Kemenperin, Indonesia merupakan rumah bagi umat muslim terbesar di dunia dengan populasi sebesar 229,6 juta pada 2020. Lalu pengeluaran umat Muslim tersebut untuk produk dan layanan halal mencapai US$184 miliar pada 2020 atau sekitar Rp2,8 triliun (kurs Rp15.303 per dolar AS) di tahun yang sama. 

Jumlah ini diproyeksikan meningkat sebesar 14,96 persen atau US$281,6 miliar pada 2025. Dengan potensi pasar yang sangat besar tersebut, negara-negara lain menjadikan Indonesia sebagai target utama pasar produk halal mereka.

“Sehingga sekarang saatnya pelaku industri halal nasional untuk menjadi pemain utama dalam industri halal global, tidak lagi sekadar menjadi target pasar produk halal,” kata Menperin Agus saat Kick-off IHYA 2022 di Jakarta, dikutip Senin (3/10).

Bersiap menghadapi persaingan di pasar global

Menperin melanjutkan, pihaknya beberapa hari lalu menghadiri pertemuan G20 dan bertemu perwakilan EU (Uni Eropa) untuk membahas industri halal global.

“Sangat jelas ada kepentingan produk halal dari EU. Beberapa kali Vice President EU angkat tentang sertifikasi produk halal dari mereka dipermudah (masuk Indonesia). Ini kita harus hati-hati," ujar Agus.

Dirinya khawatir, Indonesia tidak siap bila banyak produk dari luar membanjiri pasar domestik dengan membawa nama produk halal. 

"Itu kenapa Kemenperin serius mendorong dan mengawal industri agar kita bisa siap produksi berbasis halal," katanya, menegaskan.

Agus menyebutkan, lembaga DinarStandard dalam laporannya memperkirakan, total pengeluaran umat Muslim global pada 2022 akan terus menguat, bahkan tumbuh 9,1 persen. Pertumbuhan itu diperkirakan berasal dari enam sektor riil ekonomi syariah, yaitu sektor makanan dan minuman halal, fesyen, kosmetika, farmasi, media, rekreasi, serta pariwisata.

IHYA untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah

Untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah, khususnya industri halal, Kemenperin menggelar Industri Halal Industry Award (IHYA) 2022. 

“Melalui penyelenggaraan Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022. Harapannya, IHYA dapat menjadi brand untuk kemajuan sektor industri halal Indonesia, sekaligus menjadi representasi Visi Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia,” ujar Agus

Kemenperin juga menaruh harapan agar IHYA dapat menjadi pendorong bagi para pelaku industri halal untuk meningkatkan kontribusi bagi kemajuan industri halal nasional.

Rencananya, IHYA akan digelar pada 9 Desember 2022 . Tahun ini merupakan kedua kalinya kegiatan tersebut diadakan. "Tahun lalu berjalan baik dan diikuti 150 produk halal. Saya minta tahun ini paling sedikit 250 produk akan berpartisipasi di IHYA," kata Menperin.

Untuk diketahui, laporan State of The Global Islamic Economy Report (SGIE Report) 2020-2021 mencatat, tahun 2021 Indonesia konsisten berada di posisi ke-4, sama halnya dengan tahun 2020. Selain sektor keuangan dan perbankan yang sudah berkembang, potensi industri syariah Indonesia juga menjanjikan, antara lainnya industri makanan dan minuman, fesyen, kosmetik dan farmasi, media, rumah sakit, perhotelan, pariwisata, dan sebagainya.





 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

IDN Media Channels

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi