Rumus Menghitung Zakat Reksa Dana dan Waktu Pembayarannya

Nisab zakat reksa dana sama nilainya dengan zakat maal.

Rumus Menghitung Zakat Reksa Dana dan Waktu Pembayarannya
Shutterstock/ITTIGallery
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara menghitung zakat reksa dana dan waktu pembayarannya wajib diketahui apabila Anda memilih investasi ini. Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang diminati masyarakat, terutama investor pemula yang memilih investasi minim risiko.

Bagaimana rumus menghitung zakat reksa dana? Berapa nisab nilai investasinya? Dan kapan waktu pembayarannya? Agar Anda tidak bingung tentang persoalan yang satu ini, simak penjelasan berikut.

Cara menghitung zakat reksa dana

source_name

Dikutip dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Selasa (12/4), zakat reksa dana ditetapkan berdasarkan kesepakatan para ulama pada Muktamar Internasional Pertama tentang zakat di Kuwait (29 Rajab 1404 H) bahwa hasil dari keuntungan investasi wajib dikeluarkan zakatnya.

Menurut Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Nadratuzzaman Hosen, rumus zakat investasi dapat dilakukan dengan menjumlahkan seluruh aset investasi yang dimiliki, termasuk juga deposito, emas, reksa dana, atau saham. Jika nilai seluruh aset ini telah melebihi batas nisab, maka kewajiban zakatnya adalah sebesar 2,5 persen dari total aset keseluruhan investasi tersebut. 

Hal ini tentu sejalan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menegaskan, bahwa seluruh instrumen investasi ada zakatnya. 

Jadi, rumus zakat reksa dana bisa dihitung sebagai berikut. 

Zakat Reksa Dana = 2,5% X Jumlah Harta yang Tersimpan Selama Satu Tahun (Haul)

Dengan demikian, apabila memiliki pendapatan lain yang bisa mencukupi kebutuhan hidup dan memiliki alokasi khusus di instrumen investasi, Anda wajib mengeluarkan zakat atas investasi tersebut sesuai dengan kaidah nisab dan haul. 

Nisab zakat reksa dana

Ilustrasi Zakat. Shutterstock/Moma okgo

Nisab merupakan batas paling rendah kepemilikan harta yang bisa dijadikan patokan atau standar dikeluarkannya zakat atas harta tersebut. Nisab untuk zakat reksa dana sama nilainya dengan nisab zakat maal (harta). 

Dalam laman resmi Baznas dijelaskan, bahwa zakat reksa dana dapat ditunaikan jika hasil keuntungan investasi sudah mencapai nisab. Nisab zakat reksa dana sama nilainya dengan nisab zakat maal, yaitu senilai 85 gram emas dengan tarif zakat 2,5 persen dan sudah mencapai satu tahun (haul).

Waktu pembayaran zakat reksa dana

Khakimullin Aleksandr/Shutterstock

Pembayaran zakat reksa dana dapat dilakukan ketika investasi reksa dana Anda sudah mencapai nisab, yakni senilai 85 gram emas dan memenuhi haul yakni 1 tahun. 

Sebagai contoh, Pak Agus memiliki investasi reksa dana sebesar Rp50 juta. Ia juga memiliki deposito tabungan sebesar Rp45 juta dan emas logam mulia seberat 25 gram. Total harta simpanan Pak Agus selama satu tahun adalah sebesar Rp95 juta dan 25 gram emas. 

Apabila harga 100 gram emas logam mulia senilai Rp93,012 juta, maka harta dari Pak Agus sudah memenuhi nisab, yakni 83 gram emas.  

Berikut ini contoh perhitungan zakat yang harus dikeluarkan. 

Zakat = 2,5% X Jumlah Harta yang Tersimpan Selama Satu Tahun (Haul)

Zakat = 2,5% X (Rp95.000.000 + Rp23.312.000)

 = 2,5% X Rp118.312.000

 = Rp2.957.800

Jadi, besaran zakat yang harus dibayarkan Pak Agus adalah sebesar Rp2.957.000. 

Demikian penjelasan mengenai rumus menghitung zakat reksa dana dan waktu pembayarannya yang bisa menjadi rujukan untuk menghitung besaran zakat investasi Anda. Jika nilai investasi Anda sudah mencapai nisab dan haul, maka Anda harus membayarkan zakatnya.

Related Topics

ZakatZakat Reksadana

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia