10 Peluang Bisnis Syariah yang Menguntungkan Diterapkan di Indonesia

Usaha syariah ini pun menjadi daya tarik tersendiri.

10 Peluang Bisnis Syariah yang Menguntungkan Diterapkan di Indonesia
Ilustrasi pebisnis muslim perempuan menggunakan kartu kredit dan e-banking di ponsel pintar. Shutterstock/Drazen Zigic
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bisnis syariah tampaknya sedang menjadi primadona karena banyak dilirik oleh banyak orang, terutama bagi pengusaha Muslim. Usaha ini pun menjadi daya tarik karena cara mendapatkan keuntungannya dengan memenuhi azas syariah. Bagi yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis syariah, tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Namun, yang perlu diingat, bisnis syariah sebenarnya memiliki beberapa etika yang sesuai dengan syariat agama Islam, mulai dari sistem keuntungan, pembayaran, dan lain sebagainya. Itu sebabnya banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mengembangkan bisnis syariah dengan untung yang menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang bisnis syariah yang bisa dkembangkan, antara lain: 

1. Bisnis kuliner

ilustrasi makanan (unsplash.com/Katarzyna Pracuch)

Bisnis kuliner bisa menjadi pilihan bisnis syariah di Indonesia yang menguntungkan. Bisnis ini bahkan disebut-sebut sebagai bisnis yang konstan mengalami peningkatan. 

Terlebih lagi, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, menyebutkan bahwa industri kuliner memberikan sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi bidang kreatif dengan jumlah terbesar di Indonesia.

Perubahan gaya hidup masyarakat merupakan pendorong utama bagi kian majunya bisnis kuliner. Gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup pekerja yang berada di kantor hingga malam hari—terutama bagi karyawan-karyawan yang tinggal di ibu kota. 

2. Salon muslimah

ilustrasi SPA Salon (pexels.com/Anete Lusina)

Dibandingkan dengan barbershop yang bisa memenuhi permintaan dari pelanggan muslim maupun non-muslim, salon Muslimah ada dan hanya diperuntukkan hanya untuk para muslimah. Bisnis ini semakin menjamur dengan meningkatnya pengguna jilbab di kalangan muslimah Indonesia.

Bahkan, jika berkaca dari pelaku bisnis ini, ada di antaranya yang sudah membuka gerai salon di berbagai kota di Indonesia, bahkan beberapa di antaranya menawarkan program kemitraan.

Nah, jika Anda tertarik menjalani bisnis ini, Anda bisa memulainya dari nol atau memilih bergabung dengan program kemitraan. Meski Anda bisa memulai bisnis salon dari nol, bergabung dengan kemitraan akan mempermudah langkah Anda dalam membangun bisnis salon muslimah. Apalagi jika Anda belum punya pengalaman sama sekali di bidang ini.

3. Bisnis properti syariah

Ilustrasi properti. (ShutterStock_sommart sombutwanitkul)

Bisnis properti syariah merupakan kegiatan jual beli atau sewa-menyewa produk properti yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam. Oleh karena itu, pengembang yang menggeluti bisnis syariah ini harus selalu berpedoman pada aturan yang berlaku dalam Islam, sehingga segala aktivitasnya dijalankan tanpa melanggar syariat. 

Dalam hal ini, pelaksanaan bisnis properti syariah adalah kegiatan jual beli atau sewa-menyewa produk properti yang berpegang pada prinsip-prinsip syariah. Biasanya keutamaan pengembang bisnis syariah ini akan berbeda dengan pengembang konvensional karena tidak mengenakan biaya bunga, denda, dan penalti kepada konsumen. Sebagai gantinya, terdapat kesepakatan tertentu yang telah disetujui kedua belah pihak pada awal kerja sama bisnis syariah ini.

4. Kosmetik halal

Ilustrasi kosmetik. Shutterstock/5 second Studio

Saat ini bisnis syariah juga melebar ke dalam kategori perawatan kulit dan kosmetik halal. Hal ini tentu tidak dapat dilepaskan dari peran mayoritas Muslim di Indonesia yang mulai beralih memilih produk-produk halal agar lebih aman. 

Di Indonesia, telah mulai banyak produk skincare dan kosmetik halal yang diperjualbelikan. Bahkan, produk ini tidak hanya berfokus pada perawatan kaum hawa saja, tetapi juga kaum lelaki

Jika Anda memang berniat terjun ke dalam dunia perawatan kulit dan kosmetik halal, tidak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis syariah ini karena peluangnya cukup besar.

5. Busana muslim

Muslim Fashion Festival 2022 Kembali Digelar

Bisnis ini memang terkenal sebagai bisnis musiman. Akan tetapi, dengan jumlah umat muslim Indonesia yang besar, prospek usaha syariah ini cukup menjanjikan. 

Bisnis ini akan makin menjanjikan jika Anda berani menyetok berbagai macam barang. Misalnya, untuk busana muslim wanita, Anda tidak hanya menyediakan gamis saja sebagai barang utama toko. Barang fesyen wanita lain, seperti jilbab, tunik, kaftan, manset, serta kaus kaki juga bisa dijual di toko Anda. Anda juga tidak boleh melupakan fashion muslim pria sebagai segmen lain bisnis ini.

6. Wisata religi

Kegiatan Manasik Haji di Asrama Haji Waiheru Ambon berlangsung dengan tertib dan lancar dengan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, Kamis (19/11/2021). Dok. haji.kemenag.go.id

Satu lagi jenis bisnis syariah yang memiliki daya tarik tersendiri, yaitu jasa wisata religi. Peluang ini bisa sangat menguntungkan karena semakin banyak muslim di Indonesia yang ingin melakukan perjalanan religi di dalam negeri maupun luar negeri. Ada beberapa tujuan wisata religi yang biasanya menjadi pilihan orang, seperti Turki, Yerusalem, Mesir, Maroko, Dubai, dan lain sebagainya. 

Memang tidak mudah memulai bisnis syariah ini, ada beberapa persyaratan yang sebaiknya dilakukan. Salah satunya perizinan jasa travel wisata. Pastikan semua rencana bisnisnya dijalankan secara matang agar bisa menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen saat mencari tujuan wisata religi nasional hingga internasional. 

7. Penyelenggara pernikahan syariah

Peluang bisnis halal selanjutnya, yaitu penyelenggara pernikahan atau wedding organizer syariah. Acara pernikahan yang diselenggarakan secara Islami bisa sangat berbeda dari acara pernikahan pada umumnya.

Selain menyediakan katering makanan yang halal, pengaturan tamu juga menjadi hal penting. Dalam resepsi pernikahan, tamu perempuan dan laki-laki dipisah lokasinya dan diberi sekat.

Dibutuhkan kemampuan yang mumpuni untuk mengatur arus tamu agar masuk ke ruangan yang terpisah. Jadi, wedding organizer syariah bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

8. Pegadaian syariah

Mendirikan pegadaian syariah menjadi peluang bisnis halal selanjutnya. Pegadaian tidak dilarang dalam Islam, hanya saja masih sedikit yang menggunakan sistem syariah.

Kelangkaan ini bisa jadi peluang bisnis syariah bagi Anda. Hal ini karena pegadaian pada umumnya masih belum bisa menghilangkan unsur riba, seperti persentase bunga gadai.

Dalam pegadaian syariah, ada dua jenis akad yang diterapkan, yaitu ijarah dan akad gadai. Bunga dalam pegadaian dapat diganti menjadi biaya simpan barang melalui akad ijarah jasa.

9. Tempat penitipan anak islami

Kemudian tempat penitipan anak Islami. Tempat penitipan anak menjadi bisnis menjanjikan dengan bertambah sibuknya pekerjaan orang tua yang bekerja.

Karena dijalankan dengan konsep Islami, pada tempat penitipan ini anak-anak akan mendapat berbagai kegiatan religius. Mulai dari belajar mengaji, belajar salat, belajar menghafal doa-doa, dan sebagainya.

Peluang bisnis syariah ini cukup besar. Para orang tua muslim akan merasa lebih nyaman dan aman menitipkan anak di tempat penitipan yang menerapkan konsep Islami.

10. Katering halal

Jika Anda ingin memulai bisnis kuliner, tapi tidak ingin bermain dalam skala kecil, membuka bisnis katering halal bisa menjadi pilihan. Dengan bisnis ini, Anda dapat mengincar banyak target konsumen.

Sebagai contoh, Anda bisa mengincar target konsumen yang membutuhkan masakan dalam acara pernikahan, seminar, aqiqah, khitanan, hingga acara-acara lainnya. Bahkan, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan dalam hal penyediaan makan siang bagi karyawan.

Related Topics

Bisnis HalalSyariah

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya