CIMB Niaga Syariah Ungkap 4 Strategi untuk Bukukan Laba Rp851 Triliun 

Laba CIMB Niaga Syariah tumbuh 35%.

CIMB Niaga Syariah Ungkap 4 Strategi untuk Bukukan Laba Rp851 Triliun 
Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE- Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) membukukan laba sebesar Rp851 miliar pada semester pertama tahun 2021, atau tumbuh 35 persen secara Year on Year (Y-o-Y).  

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, setidaknya terdapat 4 strategi CIMB Niaga Syariah untuk mendorong pertumbuhan hingga akhir tahun. 

“Kami bersyukur bisa menjaga kinerja yang baik meski dalam situasi yang masih menantang akibat pandemi COVID-19. Ini membuktikan, strategi kami untuk menyesuaikan fokus pertumbuhan pembiayaan dan profitabilitas sejak pertengahan tahun lalu berjalan dengan baik,” kata Pandji melalui keterangan resminya di Jakarta, (20/8). 

Strategi tersebut di antaranya, meningkatkan portofolio dana murah. Kedua, mengarahkan penyaluran pembiayaan ke segmen Consumer Banking dan UKM/Emerging Business Banking. Ketiga, mengembangkan ekosistem komunitas dan partner-partner komunitas CIMB Niaga Syariah. Keempat, mengembangkan produk-produk dengan kekhususan Syariah.

 

1. Meningkatan portofolio dana murah

Shutterstock/Andrii Yalanskyi

Pandji menjelaskan, dari sisi dana murah per 30 Juni 2021, CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp37,1 triliun atau tumbuh 15 persen (YoY), dengan rasio CASA mencapai 52 persen. Dengan realisasi kinerja tersebut, pada semester I 2021, CIMB Niaga Syariah juga mampu menumbuhkan aset menjadi Rp47,9 triliun. 

2. Pembiayaan ke consumer banking

source_name

Panji menyatakan, pertumbuhan laba tersebut utamanya juga dikontribusi oleh penyaluran pembiayaan sebesar Rp33,1 triliun, yang diantaranya berasal dari segmen Consumer Banking seperti mortgage, auto, dan personal financing.  

3. Mengembangkan ekosistem komunitas

Ilustrasi wanita berhijab. (ShutterStock/ArtStocker)

Sebagai UUS dengan fasilitas perbankan digital, CIMB Niaga Syariah terus mengoptimalkan layanan digital untuk meningkatkan customer experience melalui digital banking OCTO Mobile. 

Melalui aplikasi ini, pihaknya ingin membentuk komunitas yang kuat antar nasabah CIMB Niaga Syariah. Dari aplikasi tersebur nasabah juga bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan secara sehat dan aman. Mulai dari menabung, berinvestasi, pembiayaan, bertransaksi, hingga berdonasi dengan nyaman dari rumah masing-masing.

4. Mengembangkan produk syariah

ShutterStock/JOAT

Pandji menjelaskan, dalam pengembagan produk syariah pihaknya telah menyediakan berbagai program menarik dari nasabah syariah card. Pandji mengungkapkan, nasabah dapat merasakan kenyamanan OCTO Mobile untuk mengubah transaksi menjadi cicilan dengan margin 0% berjangka waktu 3 dan 6 bulan untuk transaksi mulai dari Rp300 ribu. 

Selain itu tersedia pula fitur lainnya seperti statement Syariah Card hingga 6 bulan terakhir yang bisa diunduh ke ponsel atau dikirimkan ke e-mail terdaftar.  CIMB Niaga Syariah juga telah bekerja sama dengan 15 Lembaga Amil Zakat/pengelola dana sosial terpercaya untuk menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity