5 Konsol Permainan Terlaris Sepanjang Masa

Adakah konsol permainan favorit Anda di antaranya?

5 Konsol Permainan Terlaris Sepanjang Masa
Ilustrasi bermain permainan konsol. (Pixabay/Victoria_Borodinova)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dunia permainan tidak sesederhana pemikiran anak-anak. Sejak masa permainan tradisional, seperti petak umpet, galasin, atau gobak sodor, setiap game memiliki aturan dan makna tersendiri. Hingga pada masa konsol permainan modern yang bergantung pada perkembangan teknologi pun kita tetap dapat menelaahnya lebih jauh.

Walau lekat dengan sarana pelepas lelah dan dunia anak-anak, namun nyatanya permainan konsol adalah bisnis yang tidak bisa diremehkan. Konsol permainan terus berkembang, mulai dari Magnavox Odyssey yang dirilis September 1972 dengan tampilan yang sangat sederhana namun canggih pada masanya, Atari yang menjadi favorit di era akhir 70-an, Nintendo pada tahun 80-an, Playstation, hingga permainan masa kini yang dimainkan dalam augmented reality.

Di sisi lain konsol permainan, cukup menarik untuk mengetahui penjualan yang dicapainya dari masa ke masa. Setiap masa punya konsol unggulannya masing-masing. Namun, jenama apa yang jadi konsol dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Berikut ini 5 besarnya, mengutip laman hackernoon.com.

5. PlayStation

PlayStation (Pixabay/WikimediaImages)

Terjual 102,4 juta unit sepanjang masa, PlayStation adalah konsol pertama jenama Sony yang dirilis di Jepang pada 1994. Pada masanya, saingan terbesar Sony PlayStation adalah Sega Saturn. Namun, Sony dapat menjual lebih banyak unit kepada publik dan memancangkan nama besar Sony dalam industri konsol permainan global.

Beberapa judul video permainan yang terkenal di masa PlayStation adalah Crash Bandicoot, Gran Turismo, Tekken, hingga Final Fantasy dan FIFA yang masih punya nama besar sebagai waralaba dunia hingga saat ini.

4. PlayStation 4 (PS4)

PlayStation 4 (Pixabay/WikimediaImages)

Terjual 114,9 juta unit sepanjang masa, PS4 adalah generasi keempat dari permainan konsol Sony yang berhasil melewati rekor penjualan generasi sebelumnya, yakni PS3. Terlebih, PS4 juga berhasil melampaui penjualan para pesain lain di masanya, seperti Xbox One yang hanya mencapai 70 juta unit. Salah satu keunggulan PS4 dibandingkan seri PlayStation sebelumnya adalah fitur baru DualShock 4, yang memiliki touchpad di tengah pengontrol sebagai pengatur gerak yang dapat diintegrasikan dalam video permainan.

Beberapa game PS4 yang paling populer adalah bagian dari waralaba PlayStation yang sudah lama, seperti God of War, Uncharted, dan Gran Turismo. Selain itu, judul menonjol lainnya adalah Marvel's Spider-Man dan The Last of Us Part 2.

3. Nintendo Game Boy/Game Boy Color

The Game Boy (Pixabay/ptra)

Terjual 118,69 juta unit sepanjang masa, Game Boy adalah konsol genggam kedua pabrikan Nintendo yang dirilis sejak 1989—9 tahun setelah konsol genggam pertama, Game and Watch, dirilis. Varian ini menjadi pelopor berbagai permainan konsol genggam Nintendo lainnya yang muncul pada beberapa dekade berikutnya, seperti Game Boy Advance dan Nintendo DS.

Game Boy memiliki sejumlah judul video permainan yang terkenal hingga saat ini, seperti Super Mario land, Pokemon Red and Blue, maupun Legend of Zelda yang jadi waralaba luar biasa.

2. Nintendo DS

Nintendo DS (Pixabay/WikimediaImage)

Terjual 154 juta unit sepanjang masa, Nintendo DS adalah penerus Game Boy Advance dan titisan dari Game Boy. Berbeda dengan para pendahulunya, Nintendo DS yang berada di urutan keempat ini, memiliki keunggulan di dua layar tampilan dengan keistimewaan layar sentuh di salah satunya.

Membawa nama baik perusahaan permainan Nintendo, konsol ini juga terikat dengan beberapa permainan legendaris dari Nintendo, Super Mario, yakni Mario Kart, Mario and Luigi, atau Super Mario Bros.

1. PlayStation 2 (PS2)

PlayStation 2 (Pixabay/WikimediaImages)

Terjual 155 juta unit sepanjang masa, PS2 adalah yang terlaris dan paling banyak dibeli oleh masyarakat dunia. Jauh melebihi penjualan PlayStation seri pertama, PS2 menjadi kebanggaan Sony di lini konsol permainan. Hanya waktu yang akan membuktikan berapa lama rekor penjualan PS2 dapat bertahan.

Seperti pendahulu dan pewarisnya, PS2 juga memiliki sejumlah judul video permainan yang diunggulkan. Mereka antara lain adalah Grand Theft Auto (GTA), GTA San Andreas, serta Gran Turismo 3-4.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity