5 Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Dari Spotify

Spotify bukan cuma sekadar pemutar musik online saja.

5 Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Dari Spotify
Ilustrasi Spotify. Shutterstock/Fabio Principe
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan dunia digital bisa memberikan banyak peluang penghasilan dari berbagai layanan dan produk digital, baik itu video, konten gambar, foto, atau bahkan musik. Salah satu platform yang bisa memberikan peluang penghasilan ini adalah Spotify.

Sebagian orang mungkin mengenal platform sebagai aplikasi pemutar musik secara online, namun perkembangan teknologi telah membawa Spotify menjadi penyedia layanan pemutar audio. Tak hanya musik, Anda pun dapat mendengarkan podcast, audiobook, sampai konten-konten berbasis audio lainnya.

Sayangnya, tak banyak orang mengetahui bahwa Spotify bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan secara online. Melansir humanizeus.id, berikut ulasan mengenai peluang-peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan di Spotify.

Menjual merchandise

ilustrasi Spotify di Laptop (unsplash.com/Sgcdesignco)

Dengan memanfaatkan produk audio, seperti podcast di spotify, Anda bisa menjual berbagai merchandise atau pernak pernik yang diproduksi sendiri atau dibeli di tempat lain, semisal tumbler, gantungan kunci atau kaos.

Hal yang perlu diingat, bagaimana reputasi siaran podcast yang jadi tempat Anda berjualan haruslah baik. Hal ini menjadi dasar bagi para pendengar, untuk menerima produk yang Anda jual atau tidak.

Crowdfunding

ilustrasi Spotify (unsplash.com/ Imtiyaz Ali)

Masih melalui podcast, para kreator biasanya juga melakukan penggalangan dana atau Crowdfunding, melalui kontribusi para pendengar siaran mereka. Hal ini dijadikan sebuah imbal balik dari konten-konten berkualitas dan rutin yang mereka janjikan akan diberi bagi para pendengar.

Crowdfunding semakin populer menjadi salah satu opsi memperoleh penghasilan secara langsung dari Spotify dengan cepat dan mudah. Anda pun tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun untuk memulai cara pada Spotify yang satu ini.

Bangun jaringan

ilustrasi Spotify Premium (unsplash.com/David Pupaza)

Sumber lain yang bisa mendatangkan uang di Spotify adalah jaringan media, baik ke sesama kreator konten atau relasi di bidang lainnya. Dengan metode jaringan media ini, perusahaan akan untuk bila podcaster mendapatkan iklan, sementara kita bisa menerima bagian pendapatan sebagai pemilik akun.

Selain itu, membangun jaringan ini secara tak langsung juga bisa mendatangkan keuntungan. Bila ada pendengar yang tertarik dengan gaya bicara atau cara kita membawakan konten audio, maka peluang untuk bisa memandu podcast atau bahkan memandu acara secara offline pun bisa terbuka luas.

Iklan

Ilustrasi Podcast/Shutterstock Alex from the Rock

Konten yang berkualitas sudah pasti akan menarik banyak pendengar, termasuk pengiklan atau agensi. Agensi akan menghubungi Anda nanti jika akun podcast Anda dianggap telah disesuaikan dengan standar kliennya.

Namun, perlu diingat bahwa akun Spotify akan dilirik bila kita sudah memiliki jumlah pendengar dan pengikut besar. Hal ini bisa memberikan support kepada para pengiklan untuk mendapatkan banyak respon positif dari para pendengar, serta membuat produknya lebih dikenal luas. 

Royalti

ilustrasi Spotify (unsplash.com/Cezar Sampaio)

Sebagai platform pemutar musik online yang bisa digunakan para musisi untuk mempromosikan karya, Sporify memberikan biaya royalti pada para musisi, baik untuk royalti rekaman maupun royalti penerbitan.

Ketika sebuah lagu diputar di Spotify, pemegang hak menerima royalti untuk lagu, baik lagu diputar oleh pelanggan premium atau yang melihat iklan.

Di laman resminya Spotify menuliskan, untuk menghitung pendapatan bersih para musisi, mereka mengurangi uang yang dikumpulkan. Ini mencakup pembayaran seperti pajak, biaya pemrosesan kartu kredit, dan penagihan, serta beberapa hal lain seperti komisi penjualan. Sisanya akan jadi bagian pendapatan bersih untuk pemegang hak ditentukan menurut pembagian streaming.

Itu tadi beberapa cara untuk mendapatkan uang dari platform Spotify. Semoga bermanfaat. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi