Kenali Ciri-Ciri File PDF yang Digunakan untuk Kejahatan Phising

Pengguna diimbau tak asal klik file PDF.

Kenali Ciri-Ciri File PDF yang Digunakan untuk Kejahatan Phising
Ilustrasi PDF. (Pixabay/Anna)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kejahatan siber semakin berkembang pesat seiring kemajuan teknologi, seperti phising atau upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan.

Salah satu jenis phising yang sedang marak terjadi adalah menggunakan file PDF palsu yang disebar ke berbagai saluran, seperti WhatsApp atau email.

Pelaku phising kerap menggunakan file PDF palsu dengan memancing calon korban untuk mengeklik file tersebut. Bila hal ini terjadi, korban akan terjebak dan data-data penting korban akan terserap melalui aplikasi tersebut. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi (nama, usia, alamat), data akun (username dan password), dan data finansial (informasi kartu kredit, rekening).

Oleh sebab itu, ketahui cara bisa membedakan mana file PDF palsu dan mana yang asli. Dengan demikian, diharapkan Anda tidak mudah terjebak phising dalam aktivitas di dunia maya. Berikut beberapa ciri file PDF palsu yang kerap digunakan untuk phising, seperti dikutip dari akurat.co.

Logo PDF tak berwarna

ilustrasi file pdf (unsplash.com/Sincerely Media)

Biasanya file PDF yang dibagikan melalui WhatsApp akan menampilkan warna merah dengan logo yang khas. Bila file yang diterima tidak menunjukkan ciri warna tersebut, Anda patut curiga karena file tersebut bisa jafi merupakan file palsu yang dapat menjebak Anda menjadi korban kejahatan phising.

Bila menjumpai file jenis ini, sebaiknya Anda berhati-hati dan tak tidak langsung mengeklik file tersebut.

Ekstensi menggunakan huruf kapital

ilustrasi edit pdf (unsplash.com/Mimi Thian)

Pada file PDF yang normal, ekstensi file biasanya menunjukkan “.pdf” tanpa huruf kapital sama sekali. Sedangkan, pada file PDF palsu yang digunakan untuk phising, biasanya ekstensi tersebut menggunakan huruf kapital.

Hal ini disebabkan file phising bukanlah file PDF asli. Jadi, bila menemui ekstensi berupa “.PDF” atau “.Pdf”, sebaiknya jangan diklik, karena berpotensi menjebak Anda menjadi korban kejahatan phising.

Tidak punya preview isi

Ilustrasi Phising. Shutterstock/rudall30.

Hal lain yang harus Anda waspadai apabila file tifak dapat ditinjau sekila atau preview, termasuk nama file dan sebagian halaman pertama dokumen. Pada file PDF palsu yang digunakan phising, hal ini biasanya tidak ditemukan.

Ada baiknya bila Anda mendapat kiriman file PDF tanpa preview, tanyakan dulu kepada pengirimnya untuk memastikan bahwa file tersebut aman.

Salah ketik atau nama file tidak jelas

ilustrasi hacker (pixabay.com/B_A)

Ciri berikutnya adalah kesalahan ketik atau simbol-simbol tertentu yang tertera pada nama file PDF. Meski tak selalu demikian, file PDF yang mengandung kesalahan ketik atau penggunaan simbol tak lazim sebagai nama file sebaiknya perlu diwaspadai.

Jika seseorang mengirimi pesan demikian, sebaiknya langsung abaikan saja, atau tanyakan pada pengirim mengenai isinya. Bila pengirim tidak menjelaskan isinya, kemungkinan besar PDF yang dikirim adalah phising.

Demikianlah ulasan tentang ciri-ciri file PDF yang kerap disebar untuk menjebak seseorang menjadi korban kejahatan phising di dunia maya. 

Related Topics

File PDFPhising

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya
Antipasi Kasus Kecelakaan Terulang, Kemenhub Akan Atur Jual-Beli Bus
8 Rekomendasi Smartwatch di Bawah Rp2 Juta, Teknologi Canggih!
BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital
Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik