Fitur Terbaru WhatsApp, Dari Kirim Foto Sampai Meta Avatar

Fitur terbaru WhatApps diadakan untuk permudah manusia.

Fitur Terbaru WhatsApp, Dari Kirim Foto Sampai Meta Avatar
ilustrai Whatsapp (unsplash.com/Dima Solomin)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Aplikasi WhatsApp (WA) terus melakukan pembaruan. Setelah melakukan beberapa penyempurnaan pada fitur ‘status’–seperti merespon status WA dengan emoji sampai status bersuara–kini beberapa pembaruan kembali dilakukan lewat versi 2.23.3.77.

Aplikasi percakapan besutan Meta ini disebut kian memanjakan penggunanya, mempermudah sekaligus meningkatkan pengalaman para pengguna dalam kesehariannya.

Berikut ini, beberapa pembaruan yang dilakukan WhatsApp, seperti yang disadur dari Gizmochina, Kamis (16/2).

Berkirim 100 foto sekaligus

ilustrasi Whatsapp (pexels.com/Anton)

Jika pada fitur sebelumnya, WhatsApp hanya bisa kirim 30 foto dan video pada satu kesempatan, dengan pembaruan ini, maka para pengguna WhatsApp bisa berkirim 100 foto sekaligus.

Cara yang dilakukan pada dasarnya masih sama dengan pengiriman foto sebelumnya, pengguna hanya tinggal memilih foto dari library, lalu mengirimkannya ke nomor WA yang dituju.

Menyelipkan caption

ilustrasi aplikasi Whatsapp (unsplash.com/Mourizal Zativa)

Saat mengirim foto dan dokumen dalam pesan, pengguna WA kini bisa menyelipkan caption. Selain itu, ketika pengguna akan meneruskan foto atau dokumen tadi, caption tersebut akan ikut terbawa.

Sedangkan sebelumnya, meneruskan foto dan dokumen, tulisan caption terpisah dari dokumen yang dikirimkan. 

Nama grup WA bisa sampai 100 karakter

ilustrai Whatsapp (unsplash.com/Christian Wiediger)

Fitur berikutnya yang jadi hasil pembaruan ini adalah nama grup WhatsApp bisa sampai 100 karakter. Deskripsinya juga bisa lebih panjang daripada versi sebelumnya.

Fitur pembaruan ini bermanfaat karena dapat menyimpan banyak link penting di deskripsi. Untuk grup komunitas, beragam peraturan dan kebijakan grup juga bisa ditulis lebih lengkap.

Meta Avatar

ilustrasi avatar whatsapp (dok.meta)

Dengan pembaruan terkini, WA sekarang bisa membuat Meta Avatar, dengan personalisasi yang lebih detail dari versi sebelumnya. Avatar ini pun berguna, bahkan sebagai stiker atau foto profil.

Cara mengaktifkan fitur ini cukup sederhana, cukup ke Setting > Avatar > Create Your Avatar. Setelah itu, pengguna bisa memilih warna kulit yang lebih komplit, model rambut dan warnanya, baju, warna dan bentuk mata, aksesori, serta make up wajah Jika sudah selesai, cukup klik 'Done'.

Rencana pembaruan lainnya

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/Webster2703)

Selain keempat pembaruan yang sudah pasti dilakukan, sebenarnya masih ada beberapa yang akan diluncurkan. WABetaInfo, menuliskan bahwa fitur transkrip untuk voice notes adalah sebuah terobosan berkesan. Saat ini, fitur yang digadang-gadang bernama Voice Notes Transcription ini kabarnya masih diuji coba oleh beberapa pengguna WhatsApp Beta di iOS.

Selain itu, ada penyempurnaan rekam video pakai WA tak perlu ditekan lama WhatsApp kabarnya tengah menguji coba fitur handsfree Camera kepada para pengguna WhatsApp Beta. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu lagi menekan tombol shutter dalam waktu yang lama pada tampilan kamera WhatsApp untuk sekadar merekam video.

WA juga disebut sedang mempersiapkan fitur Kept Message, untuk menyimpan satu atau lebih pesan di dalam grup, termasuk yang terhapus secara otomatis. Namun, fitur yang menampung pesan-pesan di tempat ‘aman’ ini masih diujicobakan kepada sejumlah pengguna WhatsApp Beta.

Demikianlah ulasan beberapa fitur yang tengah disiapkan dan sudah diterapkan dalam pembaruan aplikasi WA terbaru. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M