Kemenparekraf Siapkan Metaverse Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Metaverse ini bertajuk WonderVerse Indonesia.

Kemenparekraf Siapkan Metaverse Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Demo WonderVerse Indonesia di hadapan Menparekraf. (Dok. Kemenparekraf)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama PT Magnus Digital Indonesia menyiapkan platform promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia berupa semesta digital (metaverse) bertajuk ‘WonderVerse Indonesia’.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, pengembangan WonderVerse Indonesia juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk industri ekonomi kreatif ke tingkat dunia, melalui sarana metaverse.

"Sekarang kita ada dalam satu transisi di mana digitalisasi mendorong transformasi. Terus dukung untuk berdayakan industri ini dalam menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," kata Sandiaga seperti dikutip dari laman Kemenparekraf, Kamis (18/8).

WonderVerse Indonesia, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, sekaligus menjadi tanggapan atas perkembangan digitalisasi yang semakin pesat. “Ini adalah langkah awal dari begitu banyak prestasi yang harus kita capai, bertepatan dengan momentum kemerdekaan kita ke-77 untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujarnya.

Peluang dengan nilai yang sangat besar

Menparekraf, Sandiaga S. Uno. (dok. Kemenparekraf)

Sandiaga mengatakan, kolaborasi WonderVerse Indonesia–nota kesepahamannya baru ditandatangani pada HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8)–dilakukan karena menghadirkan peluang yang sangat besar. Menurut Bloomberg, metaverse akan jadi masa depan internet dengan nilai yang mencapai US$800 miliar pada 2024.

Bahkan, pada 2026, akan nada 25 persen populasi dunia yang menghabiskan minimal satu jam sehari di dalam metaverse. “Berarti mereka akan bekerja, berbelanja, mengakses pendidikan, melakukan perawatan kesehatan, dan kegiatan apapun termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif di metaverse,” ujarnya.

Atas dasar ini, pemerintah terus mengupayakan terwujudknya transformasi digital dan digitalisasi, salah satunya melalui metaverse. Teknologi ini diyakini bisa bermanfaat bagi bangsa Indonesia dan kesejahteraan rakyat. “Dalam transformasi ini, jangan sampai justru kita menjadi tamu di tanah kita sendiri,” katanya.

Jadi game changer

Para pemangku kepentingan WonderVerse Indonesia, usai penandatanganan MoU, Rabu (17/8). (dok. Kemenparekraf)

WonderVerse Indonesia bisa jadi game changer pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di masa depan. “Saya harapkan pelaku industri dan UMKM harus siap mengisi dengan produk-produk ekonomi kreatifnya dan destinasi wisata dipasarkan secara virtual,” ucapnya.

Selain itu, para pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif juga diharapkan untuk bersiap dengan digitalisasi yang semakin pesat, tentunya dengan tetap mengedepankan nilai-nilai luhur sebagai bangsa Indonesia.

“Kita bisa menghadirkan konten-konten kreatif dan kekuatan digitalisasi kita berdasarkan Pancasila dan kebhinekaan dengan tentunya berakar pada kearifan lokal yang kita miliki,” ujarnya.

Sekilas tentang WonderVerse Indonesia

CEO PT Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman. (dok. Kemenparekraf)

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) PT Magnus Digital Indonesia, Hendra Liman, menjelaskan bahwa WonderVerse Indonesia terbagi jadi empat bagian yang disebut dengan ‘land’–representasi Indonesia sebagai negara kepulauan. “Kami berharap WonderVerse Indonesia dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia ke mata dunia,” katanya.

Bagian pertama platform metaverse ini adalah ‘Lobby’, yang menjadi area bagi para pengunjung bisa berinteraksi dengan berbagai hewan endemik sampai karya seni para seniman Indonesia. Lalu, pada bagian kedua, yakni ‘WondeFUN Land’, pengunjung disuguhkan berbagai permainan khas Indonesia, termasuk berbagai hiburan tradisional, seperti wayang, tarian, dan lainnya.

Ruang semesta selanjutnya adalah ‘WonderGOODS Land’, yang memungkinkan par apengunjung dapat bertransaksi berbagai barang serta kerajinan yang dijajakan oleh para pelaku usaha pariwisata serta ekonomi kreatif. Kemudian, pada ruang terakhir yang disebut ‘WonderREAL Land’, pengunjung bisa langsung membeli kebutuhan transportasi dan akomodasi untuk berlibur ke berbagai destinasi pariwisata Indonesia.

Saat ini platform WonderVerse Indonesia sendiri masih dalam tahap pengembangan dan terus disempurnakan untuk bisa mengakomodir semua kebutuhan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. “Harapannya keseluruhan akan bisa mulai diakses di kuartal 4 tahun 2022 ini,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pengamat Perkirakan Penerapan Teknologi AI di Apple Menyasar SIRI