Discord: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Gamer dapat saling komunikasi tanpa ganggu sistem bermain.

Discord: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya
Logo Discord. (Pixabay/Benjamin Zocholl)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEDiscord adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi. Biasanya digunakan oleh para gamers sebagai tempat obrolan saat bertanding.

Adapun sejumlah gamer yang menggunakan perangkat ini adalah gamer PUBG, Mobile Legend, maupun Among Us. Tak jarang juga nongamer pun menggunakan Platform ini untuk bersenang-senang.

Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan pada aplikasi obrolan ini. Penasaran? Berikut penjelasan lebih jauh mengenai Discord.

Apa itu Discord?

Discord adalah platform komunikasi yang memfasilitasi penggunanya untuk saling mengirim percakapan, gambar, audio, video, bahkan berbagi layar. 

Discord banyak digunakan oleh para gamer sebagai sarana komunikasi yang lebih efektif. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh aplikasi satu ini, seperti channel (kanal), streaming, serta panggilan video.

Selain itu, Anda juga bisa membuat satu atau lebih saluran dalam satu server tersebut.

Secara umum, fungsi Discord hampir sama dengan Skype. Jadi, bisa dikatakan bahwa Discord adalah ‘Skype’-nya komunitas para gamer. 

Discord didesain untuk membantu para pemain untuk berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang terpisah dari game itu sendiri. Hal ini memungkinkan para penggunanya untuk saling berkirim pesan teks dan obrolan suara tanpa mengganggu kinerja permainan.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube, sehingga pengguna dapat menyelaraskan Discord pada akun di platform tersebut.

Awal mula kemunculan Discord

Discord pertama kali dirilis ke publik pada Mei 2015 dan banyak dipakai oleh gaming content creator yang melakukan live streaming di komputer atau ponsel.

Aplikasi ini  diciptakan oleh seorang ahli pemrograman bernama Jason Citron asal Amerika Serikat (AS). 

Pada awalnya Jason bermaksud membuat sebuah game. Sayangnya, produknya tidak diterima pasar. 

Dia kemudian terpikir untuk menciptakan layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna tanpa mengganggu performa sistem yang digunakan untuk memainkan game.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki, Discord terbukti membantu para gamer untuk saling terhubung dalam pembicaraan. Terkhususnya untuk memainkan game multiplayer.

Kelebihan Discord

Alasan dari banyaknya yang menggunakan Discord adalah segudang kelebihan yang diberikan. Berikut ini beberapa kelebihan Discord bila dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya:

1. Lintas platform

Discord terintegrasi dengan platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store, App Store, laman resmi discord.com.

2. Keamanan informasi terjamin

Discord menjamin keamanan setiap orang yang menggunakannya karena Discord sendiri menggunakan server (peladen) yang telah terenkripsi. Setiap pesan yang masuk dari alamat IP pengguna ke server Discord akan terjamin keamanannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir informasi pribadi akan bocor di aplikasi komunikasi ini.

3. Voice Chat yang tidak mengganggu performa permainan

Biasanya, aktivitas permainan online akan terganggu saat aplikasi komunikasi menginterupsi. Akan tetapi, Discord memiliki sistem tersendiri.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU, sehingga frame rate ketika bermain gim tetap stabil.

4. Komunitas yang banyak

Discord menyediakan ruang luas bagi banyak komunitas. Setiap pengguna Discord, dapat mencari komunitas gim yang ingin dimainkan dengan mudah. Selanjutnya, para pengguna tersebut dapat bergabung ke komunitas tadi.

5. Punya jutaan pengguna

Discord memiliki pengguna aktif yang cukup banyak dibandingkan aplikasi serupa. Tercatat, pada 2019 pengguna Discord 56 juta dan mengalami kenaikan signifikan hingga 100 juta pengguna pada 2020.

Cara menggunakan Discord

Aplikasi Discord bisa Anda gunakan di PC maupun Mobile. Berikut ini cara menggunakan Discord untuk membuat server dan memulai percakapan, simak selengkapnya!

Cara membuat server Discord

Berikut ini cara untuk gabung atau membuat server baru di Discord, di antaranya:

  1. Unduh aplikasi Discord di Google Play Store, App Store, maupun situs resmi discord.com
  2. Buka aplikasi Discord dan mulai membuat akun dengan menekan tombol register. Bila sudah punya akun, langsung masuk ke aplikasi dengan klik tombol login
  3. Setelah masuk, klik simbol + untuk bergabung dengan server yang sudah ada (join server) atau membuat server baru (create server)
  4. Silakan pilih untuk menggunakan template server yang bisa digunakan di Discord PC, seperti Gaming, Study Group, Friend, Community, dan lainnya
  5. Setelah server berhasil dibuat, tampilan utama pada laman Discord adalah daftar teman dan saluran yang tersedia. Pengguna Discord pun dapat memulai komunikasi.

Cara merekam percakapan suara Discord

Berikut ini cara merekam percakapan suara Discord yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. Klik menu tiga garis horizontal yang ada di kiri atas
  2. Lalu, klik menu General yang ada di bawah bagian voice channel
  3. Kemudian, lanjutkan dengan klik tombol Join Voice
  4. Jika ingin menambahkan teman, klik ikon +
  5. Kemudian, jika ingin mengakhiri percakapan, cukup tekan tombol x

Cara mengirim undangan untuk bergabung

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim undangan kepada teman untuk bergabung. Simak selengkapnya:

  1. Klik Invite People, akan muncul kotak pop-up kecil
  2. Klik copy untuk menyalin tautan Discord 
  3. Undangan pun dapat dikirimkan dalam bentuk tempelan tautan kepada teman yang dituju.

Discord adalah aplikasi obrolan dan banyak digunakan oleh para gamers untuk mempermudah komunikasi saat bertanding. Selamat mencoba.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity