Perkuat Fitur Monetisasi, TikTok Luncurkan Creativity Program

Bagian dari penghargaan bagi para kreator konten di TikTok.

Perkuat Fitur Monetisasi, TikTok Luncurkan Creativity Program
TikTok Creativity Program. (dok. TikTok)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – TikTok kembali melakukan pengembangan dengan menghadirkan fitur monetisasi terbaru bertajuk ‘Creativity Program Beta’.

Melansir laman resmi TikTok (22/2),  Creativity Program Beta adalah fitur tambahan terbaru untuk rangkaian alat monetisasi perusahaan untuk mendukung kreator dari semua tingkatan untuk mendapatkan reward.

“Dirancang untuk membantu kreator mengembangkan kreativitasnya, menghasilkan potensi pendapatan yang lebih tinggi, dan membuka peluang dunia nyata yang lebih menarik,” tulis Tiktok.

Perusahaan pengungkapkan bahwa pengembangan Creativity Program didasarkan pada pembelajaran dan umpan balik dari para kreator, tentang berbagai solusi, termasuk TikTok Creator Fund. Fitur ini masih dalam tahap pengujian (beta) di komunitas kreator Amerika Serikat yang telah memenuhi syarat, namun dalam beberapa bulan ke depan akan tersedia bagi kreator di Prancis, dan Brasil serta wilayah lain. 

Creativity Program adalah fitur tambahan terbaru untuk solusi monetisasi TikTok yang sudah ada, termasuk Live Subscription dan Pulse. Inisiatif baru ini akan memberikan nilai yang sangat besar bagi para kreator untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Persyaratan

Ilustrasi strategi membuat konten kreatif. Shutterstock/Vitalii Vodolazskyi

Untuk menggunakan Creativity Program Beta, para kreator harus memenuhi sejumlah persyaratan. Para pengguna harus berusia minimal 18 tahun, memenuhi persyaratan minimum followers serta jumlah penayangan video, termasuk memiliki akun yang bereputasi baik.

Sementara, untuk mulai menghasilkan pendapatan, para kreator harus membuat dan mempublikasikan konten asli berkualitas tinggi lebih berdurasi lebih dari satu menit–yang disyaratkan dalam aturan sebelumnya.

Kreator akan memiliki akses ke dasbor yang diperbarui untuk melihat kelayakan video, estimasi pendapatan, serta metrik dan analitik performa video. Semua video harus mematuhi pedoman komunitas yang diterapkan TikTok.

Secara umum, para kreator yang sebelumnya sudah terdaftar di TikTok Creator Fund bisa beralih ke Creativity Program Beta. “Mereka yang tidak terdaftar dapat mendaftar ke program baru setelah tersedia,” kata TikTok.

Pendapatan lebih tinggi

Tangkapan layar aplikasi Tiktok/TikTok

Mengutip Mobileappdaily, Creativity Program dikatakan menawarkan pendapatan kotor rata-rata yang lebih tinggi untuk penayangan video yang memenuhi syarat, mengingat banyaknya perhatian khusus dari para kreator tentang rendahnya pembayaran di bawah TikTok Creator Fund.

Sumber mobileappdaily menyampaikan bahwa setelah para kreator mendaftar ke program baru ini, mereka tidak dapat kembali ke Creator Fund. Peluncuran program baru ini menandai lompatan signifikan dari persyaratan 10.000 followers–seperti yang disyaratkan Content Creator Fund saat ini. Meski begitu, TikTok belum mengungkapkan persyaratan jumlah pengikut yang diperlukan pembuat konten untuk bisa menghasilkan di Creativity Program.

Fitur lainnya

Logo TikTok terlihat pada siluet pegangan smartphone dengan bendera Amerika di bagian belakang. Shutterstock/Ascannio.

TikTok merilis program-program lain sebelumnya, seperti TikTok Pulse pada Mei tahun lalu. Fitur ini memungkinkan pembuat konten dengan setidaknya 100.000 pengikut mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di samping video mereka.

Creator Fund pertama kali diciptakan pada Juli 2020/ Ditujukan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang bercita-cita memulai karir di bidang konten kreatif, program ini terbuka untuk pengguna AS berusia 18 tahun ke atas yang memenuhi persyaratan minimum pengikut dan video.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M