Tips Memperkuat Sinyal Wifi yang Lemah Diterima Smartphone

Wifi cukup penting sebagai sumber sinyal internet.

Tips Memperkuat Sinyal Wifi yang Lemah Diterima Smartphone
ilustrai WiFi (unsplash.com/Franckinjapan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pada era saat ini, teknologi internet, koneksi dan kecepatan sinyal, yang salah salah satunya didapat dari wifi menjadi kebutuhan penting untuk menunjang aktivitas, tapi juga pekerjaan. 

Menurut laman resmi telkomuniversity.ac.id, Wifi yang memiliki kepanjangan Wireless Fidelity merupakan jaringan nirkabel yang biasa digunakan oleh perangkat komputer untuk dapat terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel apapun. Pada awalnya istilah wifi digunakan untuk menggantikan LAN (local area network) yang dimana jenis wireless berdasarkan standar protokol jaringan.

Di tempat-tempat tertentu, Wifi seringkali menjadi andalan mendapatkan sinyal internet yang terhubung dengan berbagai gawai–termasuk smartphone. Namun, tak jarang, sinyal Wifi kurang kuat dan menghambat kerja gawai yang digunakan. Berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa hal yang bisa dilakukan supaya sinya Wifi bisa lebih kuat bagi perangkat smartphone.

Mengubah frekuensi Wifi di smartphone

Sebelum melakukannya, kita bisa mengecek dulu, frekuensi yang sedang digunakan pada gawai yang Anda gunakan. Frekuensi yang lebih tinggi akan memiliki banyak ruang kosong pada sprektrum, misalnya kita atur berada pada frekuensi 5 Gigahertz (Ghz).

Memperbarui firmware smartphone

Pembaruan yang dilakukan ini biasanya akan membawa pembaruan radio secara manual pada perangkat. Selain itu, hal ini dilakukan agar perangkat tidak lambat dalam mengakses ketersediaan Wifi, tapi juga berguna bagi setiap aplikasi yang Anda akses.

Jauhkan smartphone dari perangkat elektronik lain

Langkah berikutnya, jaukan dahulu smartphone Anda dari perangkat elektronik lain supaya sinya wifi yang diterima lebih kuat. Perangkat elektronik akan mengganggu sinyal wifi dan akan membuat smartphone kita sulit untuk menangkap sinyal.

Menghapus koneksi Wifi lama

Coba cek jaringan lain yang pernah terpasang di smartphone. Daftar koneksi wifi yang pernah terpasang, biasanya masih ada di lis jaringan wifi di smartphone. Jaringan yang tersimpan akan mempengaruhi kinerja sinyal Wifi.

Oleh sebab itu, dengan menghapus jaringan Wifi yang pernah terpasang, smartphone kita bisa lebih optimal dalam menerima jaringan Wifi yang sedang ingin kita gunakan. Hal ini biasanya dilakukan dengan memilih opsi ‘forget network’ pada pengaturan di smartphone.

Mengubah password Wifi secara berkala

Mengubah password bertujuan seperti mengatur ulang perangkat Wifi yang kita gunakan. Biasanya, penggunaan secara intens membuat sinyal menjadi lebih lemah, sehingga pembaruan password akan membantu Wifi bekerja secara lebih optimal.

Restart router secara berkala

Selain mengganti password wifi, Anda juga perlu restart router secara berkala. Router biasanya akan mengalami peningkatan suhu dan membuat sinyal menjadi lemah. Selain itu, perangkat elektronik juga mentransmisikan sinyal panas membuat noise pada sinyal wifi.

Pindahkan posisi router

Router adalah alat untuk mentransmisikan sinyal Wifi. Untuk sinyal wifi yang lebih kuat, kita bisa memindahkan posisi router ke tempat yang lebih baik, seperti tempat yang terbuka. Jika ditempatkan pada tempat tertutup atau terhalang oleh berbagai hal, seperti tembok, maka sinyal yang dibagikan pun akan terhalang dan smartphone kita sulit menangkap sinyal Wifi.

Gunakan aplikasi penguat sinyal

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bis akita unduh di gawai, sebagai penguat sinyal, misalnya WiFi Signal Booster, WiFi Master, WiFi Manager, atau WiFi Doctor. 

Anda juga bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal untuk meningkatkan sinyal Wifi, dan untuk menjalankannya hanya dengan menunggu proses penangkapan sinyal Wifi.

Related Topics

SinyalWifiSmartphone

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal