Kelebihan Akun Centang Biru Bagi Pengguna Media Sosial

Simak keuntungannya

Kelebihan Akun Centang Biru Bagi Pengguna Media Sosial
Ilustrasi media sosial (unsplash/piotr cichosc)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Media Sosial memang dikenal sebagai salah satu platform komunikasi favorit yang sudah memiliki miliar pengguna. Selain memudahkan untuk berinteraksi antar pengguna, media sosial juga menawarkan berbagai fitur menarik bagi penggunanya. Salah satunya Akun Centang Biru.

Tidak seperti sebelumnya, akun centang biru lebih mudah didapatkan di sejumlah media sosial, seperti Facebook, Instagram, X (Twitter), hingga TikTok. Adanya centang biru juga membantu dalam mempromosikan akun di beberapa media sosial.

Lantas, apa saja kelebihan akun centang biru bagi penggunanya? Berikut beberapa manfaatnya bagi akun personal hingga komunitas.

Apa itu akun centang biru?

Sesuai namanya, akun yang memiliki centang biru dapat dilihat dari ikon centang berwarna biru di dekat username. Akun centang biru atau juga dikenal sebagai akun verified. Artinya, tanda centang biru tersebut menjadi tanda bahwa akun yang Anda miliki merupakan akun resmi atau asli.

Akun verified ini kerap ditemui di beberapa media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, X (Twitter), hingga TikTok. Untuk mendapatkannya, biasanya ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi sebuah akun agar bisa diakui. 

Setiap platform juga memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang harus diperhatikan penggunanya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sejumlah manfaatnya dengan kelebihan akun centang biru.

Kelebihan akun centang biru untuk akun pribadi

Akun centang biru biasanya terlihat pada beberapa akun personal. Rupanya, adanya tanda centang biru pada akun personal membawa banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut beberapa kelebihan akun centang biru untuk akun pribadi.

1. Menghindari akun palsu

Hadirnya akun biru pada profil media sosial menandakan bahwa akun yang Anda miliki benar-benar asli, sehingga pengguna lain bisa mengenali akun Anda merupakan akun asli, sedangkan akun yang tidak memiliki tanda centang biru patut dicurigai sebagai akun palsu.

2. Membangun kredibilitas

Lewat akun yang telah diverifikasi, Anda bisa membangun dan meningkatkan kredibilitas bagi para pengikut. Pasalnya, centang biru yang Anda miliki sudah diakui oleh pihak pengelola dan berasal dari sumber yang terpercaya. 

Para pengikut atau followers bisa percaya bahwa konten yang Anda posting di akun tersebut memang asli atau orisinal. Selain itu, mereka bisa lebih nyaman untuk berinteraksi dengan akun tersebut,

3. Mendapatkan lebih banyak pengikut

Jika Anda ingin menambah pengikut, akun centang biru menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Terlebih bagi Anda yang bergerak di industri kreatif sebagai content creator.

Dengan centang biru, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pengikut. Biasanya, pengguna media sosial cenderung lebih percaya dan berinteraksi dengan akun yang telah terinfeksi.

Lewat kredibilitas yang sudah dibangun, pengguna lain bisa tertarik dan percaya dengan mengikuti akun Anda.

4. Sebagai bukti ketika ada upaya peniruan identitas

Ada banyak kasus di mana akun palsu yang bukan milik pribadi bermunculan. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan masalah, seperti penipuan identitas atau kejahatan siber lainnya. 

Dengan berlangganan akun centang biru, Anda bisa membela diri bahwa akun yang melakukan kejahatan tersebut bukanlah akun Anda.

5. Menikmati sejumlah fitur yang lebih lengkap

Salah satu manfaat centang biru untuk akun personal yang bisa Anda rasakan, yaitu dapat menikmati fitur unggulan. Tidak seperti akun biasa, akun centang biru biasanya bisa memiliki akses ke sejumlah fitur eksklusif. 

Hal tersebut tentu bermanfaat untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas dengan didukung oleh fitur unggulan yang ditawarkan pada akun centang biru.

Kelebihan akun centang biru untuk akun bisnis

Tidak hanya akun personal, centang biru juga bisa dipakai akun bisnis Anda. Tidak jauh berbeda dengan akun personal, ada beberapa kelebihan akun centang biru untuk akun bisnis. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Lewat verifikasi untuk bisnis, akun Anda bisa tampil menonjol dan membangun kepercayaan dengan pelanggan. Biasanya, calon konsumen akan merasa lebih percaya dan nyaman untuk membeli produk dari akun terpercaya.

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan lencana terverifikasi untuk mengkonfirmasi bahwa bisnis Anda sudah divalidasi. Sehingga konsumen bisa percaya untuk membeli produk yang dipromosikan di akun media sosial. 

2. Memudahkan pencarian 

Tidak jarang, akun bisnis berlanggan verifikasi Meta untuk mengembangkan bisnisnya. Pasalnya, verifikasi meta menawarkan manfaat untuk membantu pencarian akun bisnis yang telah terverifikasi. 

Fitur yang ditawarkan bisa berupa muncul di atau di dekat bagian atas komentar dan hasil pencarian saat pengguna lain mengetikan nama bisnis Anda.

Selain itu, akun bisnis bisa muncul sebagai bisnis yang disarankan untuk diikuti pada pengguna lain. Dengan begitu, akun bisnis di platform Facebook atau Instagram lebih mudah dicari oleh calon pelanggan. 

3. Meningkatkan brand awareness

Selain memudahkan pencarian, akun centang biru juga bisa berguna untuk meningkatkan brand awareness. Akun Anda akan lebih dikenal dan diingat sehingga bisa berdampak pada keputusan pembelian.

Selain itu, Anda bisa bersaing dengan kompetitor lainnya di media sosial. Loyalitas konsumen juga bisa meningkat dengan tanda verifikasi.

4. Memudahkan mempromosikan produk

Dengan akun centang biru, peluang Anda bisa berinteraksi dengan akun-akun terkenal atau sesama akun terverifikasi lebih mudah. Kerja sama juga bisa dilakukan lewat interaksi tersebut sehingga memudahkan promosi produk. 

Kendati demikian, Anda tetap harus selektif dalam menjalin kerja sama dengan akun lain untuk kegiatan promosi atau endorse

5. Mendapatkan perlindungan dan dukungan prioritas 

Setelah akun bisnis berhasil terverifikasi, biasanya akan sejumlah fitur menarik yang bisa Anda gunakan. Salah satunya perlindungan ekstra dan dukungan prioritas.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemantauan penyamaran proaktif terhadap gangguan dari pihak ketiga. Permasalahan akun yang dihadapi juga akan masuk ke dalam daftar prioritas.

Kelebihan akun centang biru untuk akun komunitas

Adanya akun verified membawa banyak keuntungan bagi penggunanya. Terutama bagi akun komunitas untuk membangun jejaring yang lebih luas. Berikut beberapa kelebihan akun centang biru untuk akun komunitas yang Anda buat.

1. Meningkatkan visibilitas

Agar komunitas bisa berkembang, akun media sosial tentu harus mudah untuk ditemukan oleh pengguna lainnya. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan akun centang biru untuk meningkatkan visibilitas.

Terlebih pengguna media sosial Meta akan terbantu dengan layanan verifikasi berbayarnya. Lewat layanan tersebut, akun komunitas akan mudah untuk ditemukan pada fitur pencarian, komentar, dan rekomendasi. 

2. Meningkatkan kepercayaan pada komunitas 

Pada dasarnya, akun verified menandakan bahwa akun yang Anda miliki merupakan akun asli yang sudah tervalidasi. Dengan mengupayakan validasi tersebut, akun media sosial bisa makin meningkatkan kepercayaan.

Anda bisa menyakinkan anggota komunitas atau calon anggota bahwa akun komunitas tersebut merupakan akun asli dan resmi. Pengguna media sosial lainnya juga merasa lebih aman dan percaya untuk mengikuti hingga berinteraksi dengan akun komunitas yang telah terverifikasi.

3. Membantu membangun reputasi yang baik

Selain meningkatkan kepercayaan, akun komunitas yang dimiliki akan terlihat lebih kredibel dan profesional dengan identitas yang terverifikasi. Hal tersebut tentu berdampak dalam membangun reputasi yang baik di media sosial.

4. Menjangkau lebih banyak audiens

Kelebihan akun centang biru bagi komunitas berikutnya adalah menjangkau lebih banyak audiens. Untuk membangun komunitas yang loyal dan kuat, komunitas harus bisa menjangkau lebih audiens yang ditargetkannya. 

Dengan centang biru, Anda memiliki keunggulan untuk bisa memperoleh jumlah pengikut yang lebih banyak lewat visibilitas dan kepercayaan yang dibangun. 

5. Membuat konten lebih menarik

Tidak dapat dipungkiri bahwa berlangganan verifikasi akun memberikan kesempatan untuk mengakses fitur-fitur eksklusif, mulai dari kemampuan mengedit postingan, batas karakter lebih banyak, dan lain sebagainya. 

Hal tersebut tentu berguna untuk membuat konten lebih berkualitas sehingga menarik pengguna lain.

Itu dia beberapa kelebihan akun centang biru bagi akun pribadi, bisnis, hingga komunitas yang bisa Anda rasakan. Tertarik untuk mendapatkan centang biru untuk akun media sosial?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI