10 Kota Terbaik di Amerika Serikat untuk Memulai Karier di Bidang IT

Ada gaji besar untuk talenta IT. Tertarik?

10 Kota Terbaik di Amerika Serikat untuk Memulai Karier di Bidang IT
Ilustrasi Programmer sedang bekerja. Shutterstock/PW Photograph
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Amerika, FORTUNE - Bekerja di bidang informasi teknologi kini menjadi pilihan banyak orang. Alasannya, bekerja di bidang ini menawarkan gaji yang cukup tinggi. Tawaran gaji tinggi ini dikarenakan masih sedikitnya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian di bidang IT dan tetapi permintaannya cukup tinggi. Permintaan datang dari perusahaan rintisan hingga raksasa konvensional.

Tak hanya itu, bidang teknologi dan informasi menyimpan banyak sekali lapangan pekerjaan. Berikut ini adalah 10 kota terbaik untuk bekerja di bidang teknologi dan informasi. Hal ini berdasarkan data sensus dari 2019, data ekonomi dari 2020 dan data biaya hidup dari 2021. Berikut ulasannya dilansir dari Zdnet.com, pada Jumat (14/1).

Austin

Ibu kota Lone Star State ini menempati peringkat sebagai salah satu kota terbaik untuk pekerjaan teknologi. Austin memiliki hampir 173 ribu karyawan teknologi dengan kekuatan dalam layanan perangkat lunak khusus, manufaktur teknologi dan telekomunikasi. Austin melaporkan upah rata-rata teknologi sebesar US$89 ribu atau 86 persen lebih tinggi dari upah rata-rata kota lainya. Ini menjadikan teknologi sebagai jalur karier yang menguntungkan di kota ini.

Gaji rata-rata IT: US$89 ribu

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 15,3 persen 

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 24 persen 

Charlotte

Dikenal sebagai pusat bisnis dan keuangan, Charlotte juga membanggakan sektor teknologi yang berkembang. Kota ini melaporkan hampir 100.000 pekerjaan teknologi dan hampir 76.000 daftar pekerjaan teknologi. Industri teratas Charlotte termasuk layanan TI, telekomunikasi dan pengujian. Upah teknologi rata-rata US$87.600 adalah 94 persen lebih tinggi dari upah rata-rata kota.

Gaji rata-rata IT: US$87.600

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 7,8 persen 

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 27 persen 

Seattle

Rumah bagi raksasa teknologi seperti Amazon dan Microsoft, teknologi menyumbang 29 persen dari pendapatan ekonomi kota. Ada lebih dari 326 ribu pekerjaan teknologi termasuk persentase tinggi pengusaha teknologi baru. Sektor teratas kota ini meliputi perangkat lunak, layanan TI dan telekomunikasi. Upah teknologi rata-rata, yang mencapai US$117.000 pada tahun 2021 adalah 92 persen lebih tinggi dari upah rata-rata kota.

Gaji rata-rata IT: US$117.000

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 15,2 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 23 persen

Denver

Denver menempati peringkat sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat.  Ini juga salah satu kota terbaik untuk pekerjaan teknologi. Mile High City menawarkan lebih dari 191 ribu pekerjaan teknologi termasuk kekuatan dalam pengembangan perangkat lunak, telekomunikasi serta penelitian dan pengembangan. Profesional teknologi melaporkan upah rata-rata lebih dari US$96.000 di Denver atau 79 persen lebih tinggi dari upah rata-rata kota secara keseluruhan.

Gaji rata-rata IT: US$96.000

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 12 persen 

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 24 persen

Dallas

Dulu dikenal dengan industri minyaknya, kini Dallas menjadi pusat pertumbuhan industri teknologi. Sebanyak 373 ribu karyawan teknologi kota bekerja di sektor-sektor teratas seperti layanan TI, layanan perangkat lunak dan telekomunikasi. Dallas melaporkan upah rata-rata teknologi sebesar US$88.800, 89 persen lebih tinggi dari upah rata-rata kota secara keseluruhan.

Gaji rata-rata IT: US$88.800

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 9,8 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 24 persen

San Jose

Sebagai kota terbesar di Silicon Valley, San Jose secara konsisten menjadi salah satu kota terbaik untuk pekerjaan teknologi. Dengan biaya hidup yang lebih rendah daripada San Francisco dan hampir 400 ribu pekerjaan di bidang teknologi, San Jose juga merupakan rumah bagi banyak perusahaan rintisan teknologi.  

Pekerjaan di bidang manufaktur teknologi, layanan TI dan layanan perangkat lunak khusus termasuk di antara yang paling umum. Profesional teknologi melaporkan upah rata-rata US$128.500 tertinggi dari kota mana pun dalam daftar.

Gaji rata-rata IT: US$128.500

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 33,7 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 21 persen

Phoenix

Phoenix adalah pusat teknologi yang sedang naik daun dengan biaya hidup yang rendah. Profesional teknologi yang bekerja di layanan perangkat lunak, manufaktur teknologi dan layanan internet mendapat manfaat dari gaji yang melebihi upah metro rata-rata sebesar 85 persen.

Gaji rata-rata IT: US$83.200 

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 8,6 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 25 persen

Washington

Rumah bagi pemerintah federal, Washington DC juga memiliki sektor teknologi yang berkembang pesat.  Ibu kota negara ini mempekerjakan sejumlah besar profesional teknologi lebih dari 450 ribu pada tahun 2021. Industri teratas termasuk layanan TI, penelitian dan pengembangan dan telekomunikasi. Dan dengan upah rata-rata teknologi mencapai hampir US$110.000. DC menawarkan upah tinggi dengan biaya hidup yang lebih rendah daripada San Francisco.

Gaji rata-rata TI: US$109.400

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 13,7 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 27 persen

Chicago

Chicago memiliki hampir 340 ribu karyawan teknologi dan 130 ribu lowongan pekerjaan teknologi yang menakjubkan. Sektor utama kota ini meliputi layanan perangkat lunak khusus, pengujian dan telekomunikasi. Profesional teknologi Chicago melaporkan upah rata-rata yang 76 persen lebih tinggi dari gaji rata-rata kota.

Gaji rata-rata IT: US$87.100 

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 7,3 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 25 persen

Huntsville

Huntsville adalah tempat yang bagus untuk para profesional teknologi. Dengan lebih dari 55.000 karyawan teknologi  membentuk lebih dari 23 persen tenaga kerja. Sektor teknologi membanggakan kehadirannya yang besar di Huntsville. Kota ini melaporkan sejumlah besar pekerjaan dalam penelitian dan pengembangan, layanan TI, dan manufaktur teknologi. Gaji teknologi rata-rata lebih dari US$96.000 adalah 91 persen lebih tinggi dari upah rata-rata kota.

Gaji rata-rata IT: US$ 96.250

Persentase tenaga kerja lokal di bidang teknologi: 23,2 persen

Persentase wanita dalam angkatan kerja teknologi lokal: 25 persen

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia