8 Cara Mengatasi Set Top Box yang Susah Sinyal

Banyak cara mengatasi set top box yang susah sinyal.

8 Cara Mengatasi Set Top Box yang Susah Sinyal
ilustrasi TV analog (pexels.com/Amateur Hub)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Set Top Box yang susah sinyal. Cara ini bisa diterapkan pada Set Top Box (STB) Anda karena karena cukup mudah.

STB kini banyak digunakan masyarakat sejak pemberlakuan Analog Switch Off (ASO) atau suntik mati siaran TV analog. Peralatan ini untuk melengkapi pesawat televisi yang belum siap memproses siaran digital. 

Untuk menikmati siaran TV digital, masyarakat hanya tinggal memasangnya pada TV. Berikut ini langkah-langkah untuk memasang STB yang mudah.

Cara memasang STB ke perangkat TV

  1. Pastikan daerah sudah tersedia siaran televisi digital
  2. Pastikan memiliki antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan
  3. Selain itu juga memastikan TV telah dilengkapi dengan set top box DVBT2 untuk menerima siaran TV digital
  4. Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. Selanjutnya, pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Setelah semua langkah diikuti, maka siaran TV digital bisa dinikmati. Namun, ada kalanya pengguna baru STB bingung kenapa perangkat tidak ada sinyal, sehingga tidak bisa menangkap siaran TV digital. 

Bagaimana cara mengatasi Set Top Box yang susah sinyal? Simak pembahasannya berikut ini yang dirangkum dari koransaku.hops.id.

1. Cek setelan Set Top Box yang susah sinyal

Setiap perangkat STB memiliki sistem pengaturan yang berbeda. Sebaiknya sebelum memasang perangkat set top box, Anda membaca buku panduan terlebih dahulu. 

Dalam buku manual tertera lengkap cara memasang perangkat sesuai tipenya. Pastikan juga Anda membeli peralatan STB yang yang sudah bersertifikasi Kominfo.

2. Periksa semua kabel dan koneksi STB

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi set top box yang susah sinyal adalah memerikasa semua koneksi antara kotak kabel dan TV.

Berikut ini beberapa tips untuk memeriksa STB.

  1. Periksa port dan bersihkan debu atau kotoran di dalamnya dengan kain microfiber kering atau earbud
  2. Pastikan ujung kedua konektor HDMI dalam keadaan baik, tidak bengkok atau rusak.
  3. Pilih konektor yang ujungnya berlapis emas, seperti kabel Belkin Ultra HD HDMI. Spesifikasi ini mendukung 4K dan audio bitrate tinggi juga. 
  4. Apabila mendapati kabel yang rusak, segeralah diganti.
  5. Pastikan kabel HDMI atau RCA pada perangkat terhubung dengan benar ke port yang ada di TV dan STB.
  6. Setelah itu, Anda bisa menekan tombol "Source" di remot TV dan pilihlah opsi HDMI jika menghubungkan set top box ke TV menggunakan kabel HDMI. 

Apabila cara tersebut berhasil, maka tampilan awal set top box di layar TV akan kembali ke awal dan siap disetel ulang.

3. Menyalakan ulang TV dan Set Top Box

Mengatasi set top box yang susah sinyal memang menjemukan. Namun, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menyalakan ulang atau mereset set top box

Caranya dengan menggunakan remot atau tombol daya pada STB itu sendiri. Setelah itu, tunggu beberapa menit untuk menyalakannya kembali.

Selanjutnya, reset TV milik Anda dengan dengan mematikan TV dan tunggu beberapa menit untuk menyalakannya kembali. 

4. Pastikan ada sinyal TV Digital

Cara mengatasi set top box yang susah sinyal berikutnya adalah memastikan sinyal TV digital sudah menjangkau daerah Anda.

Apabila tidak ada sinyal TV digital maka perangkat STB tidak bisa digunakan. Bagaimana cara mengeceknya?

Untuk memastikannya, Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi Sinyal TV Digital yang bisa diunduh di Playstore.

5. Menggunakan antena luar (outdoor)

Terkadang set top box yang susah sinyal disebabkan ketidakmampuan untuk menangkap siaran TV digital. Agar STB maksimal dalam menangkap siaran, Anda bisa mengganti antena di dalam ruangan (indoor) dengan antena luar ruangan (outdoor). 

Sebenarnya antena indoor bisa digunakan, tetapi pastikan Anda dekat dengan pemancar sinyal. Antena indoor hanya dirancang untuk lokasi yang dekat dengan pemancar sinyal, sehingga bisa menangkap siaran TV digital. 

6. Periksa kondisi antena

Memeriksa kondisi antena menjadi salah satu cara untuk mengatasi set top box yang susah sinyal. Sebab terkadang tanpa disadari, antena yang digunakan dalam kondisi kurang baik. Contohnya, kabel atau jack antena yang mungkin berkarat. 

Perlu diketahui bahwa antena outdoor yang sudah lama digunakan akan mengalami penurunan kualitas. Selain itu, bagian dalam kabel antena outdoor juga sering kali lembab. Hal ini menyebabkan daya tangkap siaran TV digital tidak stabil dan menyebabkan set top box susah sinyal dan tidak optimal.

Dalam pemasangan antena, posisinya harus benar-benar menghadap ke arah pemancar sinyal. Anda juga bisa meninggikan antena dan mengubah arah antena secara perlahan agar mendapatkan sinyal yang baik.

7. Pembaruan perangkat lunak (update software)

Seperti perangkat lainnya, STB juga perlu memperbarui perangkat lunak (update software). Pembaruan software bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi set top box yang susah sinyal. 

Pembaruan software ini bisa sangat penting. Anda akan mendapatkan fitur baru dan memperbaiki bug pada versi software sebelumnya. Namun, pastikan sinyal internet atau WiFi yang digunakan berjalan lancar dan sudah terhubung ke STB.

8. Mengembalikan setelan STB ke pengaturan pabrik

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi set top box yang susah sinyal adalah mereset ulang setelan STB ke pengaturan pabrik. 

Artinya semua pengaturan STB akan kembali STB seperti semula. Untuk itu, pastikan Anda sudah mencoba cara di atas terlebih dahulu agar tidak repot mengatur ulang perangkat STB.

Demikian cara mengatasi set top box yang susah sinyal, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pacu Dana Murah, CASA BTN Capai 50,1%
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang