Cara Mudah Temukan Fitur Rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

Ada fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5.

Cara Mudah Temukan Fitur Rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5
Galaxy Z Fold5 /Dok. Samsung
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa diandalkan untuk mempermudah pengguna. Kedua smartphone terbaru Samsung ini banyak dicari dan diminati karena fitur dan teknologi canggih, sehingga menjadi salah satu pertimbangan untuk meminangnya. Selain itu, ketika membeli sebuah smartphone, kualitas kamera, prosesor, hingga daya tahan baterainya juga menjadi pertimbangan.

Namun, dari sekian banyak fitur unggulan yang dipakai, ternyata ada juga fitur tersembunyi yang tidak dipahami oleh banyak pengguna. Padahal, ragam fitur tersembunyi ini memberikan kemampuan yang tidak kalah canggih bagi penggunanya dalam menjalani aktivitas harian, termasuk fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5.

Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, pengguna kini dapat menikmati form factor yang berbeda dan menarik perhatian serta bentuk yang fleksibel tapi tetap kuat. Tak hanya berhenti di situ, banyak sekali fitur menarik yang bermanfaat untuk mendukung keseharian,hingga beragam hidden features yang akan membuat penggunaan lebih seamless.

"Seperti akses cepat ke aplikasi lewat Cover Screen di Galaxy Z Flip5, hingga memunculkan Touchpad layaknya trackpad laptop di Galaxy Z Fold5, dan masih banyak lagi,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (10/11).

Dirilis pada Agustus lalu, Galaxy Z Fold5 dan Flip5 hadir dengan segudang kemampuan dan kecanggihan terkini yang menunjang produktivitas penggunanya. Galaxy Z Flip5 yang kini hadir dengan ukuran Cover Screen lebih besar bisa dipakai untuk pengambilan foto dan video lebih maksimal hingga customize widget sesuai preferensi masing-masing. Kemampuan multitasking yang meningkat pada Galaxy Z Fold5 pun jadi daya tarik tersendiri dan yang paling produktif hingga saat ini. Dengan fitur drag and drop yang semakin ditingkatkan, Anda bisa memindahkan konten antar layar lebih lancar.

Selain fitur yang disebutkan di atas, ada fitur-fitur tersembunyi lainnya yang tidak banyak diketahui oleh penggunanya. Apa saja? Berikut  ini beberapa fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5yang bisa dieksplorasi.

Akses aplikasi di cover screen Galaxy Z Flip5 dengan aplikasi Good Lock

Galaxy Z Flip5/Dok. Samsung

Ukuran Cover Screen yang besar pada Galaxy Z Flip5 tidak hanya memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam pengambilan konten foto dan video, tapi juga memudahkan penggunanya untuk mengakses aplikasi secara cepat tanpa harus repot membuka device. Ini menjadi salah satu fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5.

Dengan ukuran Cover Screen 3,78 kali lebih besar dibanding generasi sebelumnya, tentunya Anda bisa lebih  leluasa menikmati berbagai konten dari aplikasi yang diinginkan, mulai dari Netflix, Gmail, WhatsApp, Instagram, dan lainnya.

Untuk bisa menikmati konten langsung dari Cover Screen, tentu harus memasang terlebih dahulu aplikasi Good Lock yang bisa didapatkan di Samsung Store. Jika sudah terinstal, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Good Lock, lalu temukan modul MultiStar yang ada di kategori LifeUp, dan instal.
  2. Setelah modul MultiStar terpasang, buka I love Galaxy Foldable , lalu klik menu Launcher Widget.
  3. Jika Launcher Widget sudah terbuka, step berikutnya bisa scroll ke bawah, dan Anda akan menemukan deretan aplikasi mana saja yang diinginkan untuk tampil di Cover Screen Galaxy Z Flip5
  4. Anda dapat memilih hingga 10 aplikasi dalam satu layar cover screen, tapi jika dirasa kurang Anda bisa memilih yang lainnya dan aplikasi akan tampil di layar cover screen berikutnya. 

Saat ini sudah banyak aplikasi yang didukung untuk bisa diakses di Cover Screen dari mulai Instagram hingga Spotify. Jika sudah selesai memilih aplikasi mana saja yang ingin terpasang, Anda tinggal tutup device dan buka menu Cover Screen. Nantinya Anda bisa melihat deretan aplikasi yang sudah terpasang di sana.

Jelajah konten pakai ‘touchpad’ layaknya laptop 

Galaxy Z Fold5/Dok. Samsung

Pada Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 diciptakan sebagai solusi all-in-one yang cocok digunakan untuk memudahkan keseharian penggunanya. Ada banyak fitur menarik yang bisa Anda terapkan di keseharian, salah satunya adalah fitur Touchpad yang memungkinkan pengguna untuk mengubah layar menjadi trackpad seperti yang biasa ditemui pada laptop.

Fitur ini sendiri sudah hadir pada Galaxy Z Series sebelumnya, tapi di generasi terbaru ini Samsung menghadirkan peningkatan berupa kemampuan untuk customize tampilan shortcut di panel Flex Mode sesuai kebutuhan. Ini juga menjadi salah satu fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 yang bisa dimanfaatkan.

Setidaknya terdapat tujuh shortcut yang tersedia di panel Flex Mode pada aplikasi yang mendukung, di antaranya take screenshot, display brightness, settings, multi window, trackpad, notifikasi, sampai mengatur volume. Anda bisa menggunakan fitur Touchpad untuk beberapa aplikasi, seperti Instagram, Camera, Browser, Calendar, hingga Youtube. Untuk mengaktifkan fitur Touchpad, yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Aktifkan Flex Mode dengan pergi ke Settings lalu temukan menu Advanced Features dan pilih Labs.
  2. Setelah aktif, pastikan juga mengaktifkan dukungan aplikasi yang tersedia dengan memilih satu per satu atau aktifkan semua.
  3. Kemudian, jangan lupa untuk mengaktifkan auto-rotate agar aplikasi bisa terbuka dalam posisi lanskap.

Jika semua instruksi di atas sudah diakukan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi dengan Flex Mode yang telah mendukung fitur Touchpad. Anda juga bisa menyimpan empat shortcut yang selalu ter-display dan customize tampilan shortcut yang paling sering digunakan supaya lebih praktis. Caranya tinggal klik ikon tiga titik di sebelah kanan bawah untuk melihat opsi shortcut yang tersedia, lalu drag shortcut yang diinginkan ke bagian bawah panel Flex Mode untuk disimpan.

Trik atur kamera dari Cover Screen pakai Galaxy Z Fold5

Memaksimalkan fungsi Cover Screen tidak hanya bisa dilakukan oleh pengguna Galaxy Z Flip5. Pengguna Galaxy Z Fold5 juga bisa bisa kok maximizing fungsi Cover Screen untuk bikin konten, karena Galaxy Z Fold5 memiliki fitur dual preview di Cover Screen yang selain bisa dipakai preview hasil konten, juga bisa dipakai untuk mengoperasikan pengaturan kamera utama/rear camera. Dengan demikian, Anda nggak perlu repot-repot bolak-balik device melihat layar belakang hanya untuk mengganti lensa, zoom in/zoom out, atau mengganti pengaturan mode kamera dari default ke portraitnight mode, atau video. 

Buat Anda yang penasaran sama triknya, caranya mudah:

  1. Buka menu kamera dan tap ikon Cover Screen Preview agar bisa tampil di kamera cover screen.
  2. Supaya bisa mengutak-atik pengaturan kamera di Cover Screen, Anda tinggal drag ikon gembok di cover screen ke arah samping untuk membuka Lock Mode.

Selain bisa dipakai untuk mengoperasikan rear camera, langkah ini juga bisa diaplikasikan untuk menggunakan kamera pada aplikasi, seperti Instagram, TikTok, dan lainnya. Caranya, setelah Lock Mode terbuka, Anda tinggal exit menu kamera dan pergi ke aplikasi yang diinginkan. Trik ini  berguna bagi Anda yang suka buat video content, seperti Instagram Reels, Tik Tok, atau Youtube Shorts pakai HP tapi harus take sendiri.

Itulah tadi berbagai fitur rahasia di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin memaksimalkan perangkat ini dengan berbagai tujuan.

Related Topics

SamsungSamsung Galaxy

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu