9 Kelebihan Smart TV dengan Banyak Hiburan yang Bikin Betah

Jenis TV satu ini bisa terhubung langsung ke internet.

9 Kelebihan Smart TV dengan Banyak Hiburan yang Bikin Betah
Ilustrasi TV digital. (Pixabay/mohamed_hassan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perkembangan teknologi menghadirkan banyak hal canggih. Televisi, misalnya, yang fungsi awalnya hanya untuk menonton sinetron atau acara lain sudah berangkat jauh dari itu. 

Kini, pesawat televisi dapat berisi hardware untuk menjalankan sistem operasi layaknya sebuah handphone. Beberapa merek televisi seperti LG, Samsung, Xiaomi, Panasonic hingga TCL menggunakan sistem operasi tersebut untuk memanjakan pemiliknya.

Produk bertajuk smart TV itu memberikan kemudahan bagi yang senang menonton live streaming. Pasalnya, jenis televisi satu ini dapat terhubung langsung ke internet tanpa terhubung dengan kabel atau mengunduh aplikasi tertentu. Kelebihan yang ditawarkan smart TV akan membuat orang jadi lebih betah di rumah karena mempunyai banyak pilihan tontonan.

Simak ulasan lengkap mengenai keunggulan dari smart TV di bawah ini!

1. Smart TV dapat terhubung dengan smartphone

Umumnya ketika konsumen membeli sebuah smart TV, unit tersebut telah dilengkapi dengan remote control untuk mengoperasikan televisi tersebut. Akan tetapi, kita juga dapat terhubung menggunakan smartphone ketika ingin menggunakan TV itu. Hal ini jelas menawarkan kemudahan lebih.

2. Program acara TV lebih menarik

Jika kita menggunakan smart TV, maka kita dapat memilih untuk menonton berbagai macam film, acara TV, video YouTube, dan sebagainya. Smart TV terhubung dengan koneksi internet, jadi kita dapat menikmatinya lebih dari sekadar menonton acara televisi konvensional.

3. Dapat mengakses internet

Smart TV dapat menjadi perangkat multiguna yang dengannya kita dapat bekerja, belajar, hingga mendapatkan hiburan. Unit itu dapat mengakses internet dengan menggunakan wifi, sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dengannya.

4. Mudah untuk memasang

Smart TV dapat dipasang di tembok dengan menggunakan bracket, atau menggunakan kaki TV agar dapat berdiri di atas meja. Kita juga tidak perlu bingung untuk memasang kabel lain karena kabel power dan kabel antena sudah cukup. Untuk koneksi internet kita dapat menggunakan WiFi.

5. Tidak membutuhkan perangkat tambahan

Televisi biasa mungkin bisa memberikan tayangan film streaming. Sayangnya, pemilik TV analog harus membeli perangkat tambahan yang harganya tidak murah. Untungnya, smart TV tidak membutuhkan alat-alat tersebut. 

Smart TV juga bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital. Pasalnya, pemerintah telah mengalihkan siaran analog ke siaran digital.

Smart TV merupakan produk elektronik yang bisa menahan sinyal Wi-Fi atau terhubung melalui koneksi ethernet. Alhasil, pengguna bisa mendapatkan pengalaman hiburan tanpa perlu membeli perangkat tambahan. 

6. Dapat diletakkan di mana saja

Mengingat smart TV memakai koneksi Wi-Fi untuk streaming, tidak ada batasan lokasi untuk meletakkan alatnya. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi menyambungkan kabel atau akses ke port kabel. 

Smart TV bisa diletakkan di mana saja tanpa perlu khawatir tayangan film terlihat jelas atau tidak. Walau begitu, ada baiknya letakkan smart TV sedekat mungkin dengan router Wi-Fi agar koneksi internet tetap stabil. 

7. Pengalaman visual terbaik

Kebanyakan produsen smart TV menawarkan fitur-fitur terbaik yang bervariasi untuk meningkatkan pembelian. Salah satu yang paling menarik adalah tayangan visual dengan warna yang akurat dan gambar yang tajam. 

Dibandingkan TV biasa, hampir semua smart TV telah didukung teknologi HD (high definition). Bahkan, beberapa telah dibekali layar 4K, tetapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal. 

Maka dari itu, smart TV bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman menonton lebih seru. 

8. Terhubung dengan Google Assistant

Pada smart TV bisanya tersemat teknologi voice assistant atau fitur perintah suara yang terhubung dengan Google Asisstant. Jadi cukup ucapkan “Hello, Google!” atau Alexa, fitur ini akan keluar dengan sendirinya. 

Setelah itu, Anda bisa meminta film atau tayangan yang hendak ditonton. Lalu, fitur pintar ini nantinya akan mencarikan pilihan yang sesuai untuk Anda. 

9. Smart TV memiliki desain yang futuristik dan fungsional

Smart TV memiliki layar yang tipis sehingga mengurangi bobot TV. Smart TV juga lebih fungsional karena terdapat berbagai fitur di dalamnya. Apabila sebelumnya kita membutuhkan DVD player untuk menonton film pada TV, maka pada smart TV kita sudah tidak memerlukan benda tersebut.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M