Berikut 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Terus Lancar Tanpa Gangguan

Jaringan WiFi bisa mengalami penurunan atau tidak stabil.

Berikut 7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Agar Terus Lancar Tanpa Gangguan
Ilustrasi internet lambat. Shutterstock/Tero Vesalainen
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jaringan internet berupa WiFi kini menjadi suatu hal yang sangat diperlukan, bahkan untuk di kawasan terpencil sekalipun. Di kota besar, untuk menemukan sinyal WiFi di tempat umum menjadi suatu hal yang cukup mudah. Namun, sayangnya, jaringan WiFi ini terkadang bisa mengalami penurunan kecepatan dan tidak stabil.

Seiring berjalannya waktu, kini WiFi nyaris dapat digolongkan ke dalam kebutuhan primer. Terlebih jika Anda yang sehari-hari banyak berkutat dengan internet, mulai dari pekerja kantoran, orang-orang yang bermain saham, hingga mahasiswa atau sekadar siswa sekolah. WiFi seolah-olah sudah menjadi bagian penting dari internet.

Sebab, berbagai gawai atau peralatan teknologi dapat menggunakan WiFi sebagai sumber jaringannya, seperti laptop, smartphone, komputer, tablet, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengalami masalah dengan jaringan WiFi, ada baiknya dapat mencoba beberapa cara ini untuk memperkuat sinyalnya. Berikut cara memperkuat sinyal WiFi:

1. Menggunakan aplikasi penguat sinyal

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi pada gadget adalah dengan mengunduh aplikasi yang dapat menguatkan sinyal.

Beberapa aplikasi penguat sinyal yang dapat Anda coba adalah WiFi Signal Booster, WiFi Master, WiFi Manager, dan WiFi Doctor. Anda dapat mengunduhnya dalam versi Android melalui Google Play Store dan bagi pengguna gadget di iOS melalui App Store.

Terdapat berbagai macam fitur di dalam aplikasi tersebut yang dapat Anda coba untuk memperbaiki jaringan WiFi pada gadget, seperti fitur Boost yang berguna untuk memperkuat dan meningkatkan sinyal WiFi.

2. Restart secara berkala router

ilustrasi router (unsplash.com/Compare Fibre)

WiFi router ini juga seperti komputer, laptop dan smartphone yang sering bermasalah jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menghindari hal tersebut, haruslah selalu melakukan reboot dan restart secara berkala agar kinerja pemancar WiFi bisa optimal.

Meskipun ini sederhana, tetapi sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki sinyal WiFi yang kurang bagus.

3. Melakukan pembaruan terhadap firmware

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi pada gawai adalah dengan memeriksa apakah firmware sudah diperbarui atau belum. Sebab, firmware yang belum diperbarui dapat menjadi salah satu alasan mengapa sinyal WiFi di gadget Anda bermasalah.

Cara memperbarui firmware atau perangkat adalah dengan pergi ke pengaturan yang ada di gadget Anda, buka pengaturan tentang gadget, kemudian pergi ke bagian system atau software update.

4. Melakukan pengecekan terhadap pengaturan WiFi

ilustrasi admin online shop (unsplash.com/Sincerely Media)

Cara keempat yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atau memperkuat jaringan WiFi di gadget adalah mengecek layanan pengaturan WiFi.

Caranya dengan pergi ke opsi pengaturan pada gadget Anda, kemudian membuka opsi WiFi dan advanced settings, dengan begitu Anda dapat memilah WiFi yang ada di lokasi sekitar Anda dan gadget akan menampilkan WiFi yang memiliki kualitas koneksi yang baik saja dan menghindari WiFi dengan kondisi koneksi yang buruk.

5. Gunakan router model terbaru

Jika sinyal WiFi Anda telah mulai lemah, penyebabnya bisa jadi router yang telah ketinggalan zaman. Teknologi yang dipakai pada router WiFi biasa ditulis dengan tipe A, B, G dan N.

Pastikan saat membeli router Anda sanggup mendukung dengan teknologi versi terbaru dan tercepat, yaitu dengan tipe N.

Tipe ini menjelaskan tentang teknologi hardware yang digunakan dalam komponen WiFi. Jadi solusi utama adalah upgrade perangkat jaringan WiFi. Tujuannya agar teknologi password WiFi bisa lebih kuat.

6. Pindahkan lokasi router

ilustrasi router (unsplash.com/Duman Photography)

Dalam hal pemasangan router, Anda tidak bisa meletakkannya sembarangan.

Pastikan router berada di lokasi yang lebih terbuka dengan halangan seminim mungkin. Anda dapat meletakannya di ruang tengah, meja, dinding, langit-langit, atau tempat yang memiliki lokasi terbaik.

Sebab, jika terhalang tembok, router tidak akan memancarkan sinyal kuat. Oleh karena itu, Anda harus menempatkannya di area yang dekat dengan Anda. Jika kesulitan mencari spot yang bagus, coba gunakan aplikasi WiFi FDTD Solver.

7. Atur ulang saluran frekuensi router

Bertetangga dengan orang yang memiliki WiFi juga dapat menjadi salah satu sumber masalah WiFi. Hal ini dikarenakan mungkin saja Anda dan tetangga menggunakan kanal router yang sama. Akibatnya kualitas sinyal router Anda akan menurun.

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi gratis yang banyak tersedia di App Store maupun Google Play.

Setelah menemukan kanal yang kosong, silahkan pilih kanal tersebut, atau setidaknya pilihlah kanal yang sedikit penggunanya agar gangguan sinyal dapat diminimalisasi, sebagai salah satu cara memperkuat sinyal WiFi Anda.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen