7 Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Keuangan, Ini Daftarnya

Fitur umumnya adalah pencatatan keuangan harian.

7 Rekomendasi Aplikasi Pengelolaan Keuangan, Ini Daftarnya
ilustrasi manajemen keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Demi mencapai tujuan finansial dalam hidup yang baik, setiap orang perlu melakukan pengelolaan keuangan. Dengan mengatur pemasukan dan pengeluaran, seseorang berpotensi dapat mengelola keuangannya secara bijak.

Misalnya saja, sebagian pemasukannya dipakai untuk menabung atau berinvestasi. Di sisi lain, pengaturan keuangan memungkinkan Anda untuk terhindar dari gaya hidup boros. Tidak mengherankan jika banyak orang beranggapan seseorang perlu menguasai kemampuan pengelolaan keuangan.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini tersedia aplikasi yang membantu Anda dalam mengelola keuangan. Aplikasi dimaksud memungkinkan pencatatan arus kas pemasukan dan pengeluaran.

Berikut daftar tujuh rekomendasi aplikasi pengelolaan keuangan dikutip dari pelbagai sumber.

1. Money Lover

ilustrasi defisit (unsplash.com/Emil Kalibradov)

Money Lover ini cocok untuk digunakan mengelola keuangan mulai dari pengeluaran harian, demikian laman Koin Works. Pencatatan keuangan harian ini dikelompokkan berdasar atas kategori, mulai dari makan, transportasi, dan sebagainya.

Aplikasi sama dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam membuat anggaran belanja, mencatat pemasukan, hingga menganalisis pengeluaran yang paling besar berdasarkan kategori.

Money Lover tersedia secara gratis maupun premium. Aplikasi itu dapat diunduh melalui Playstore, iTunes, dan Windows Store.

2. Wallet

Pengertian Laporan Perubahan Modal. (Shutterstock/wutzkohphoto)

Wallet tersedia untuk sistem operasi Android maupun iOS. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis. Namun, jika ingin menikmati semua fiturnya, Anda bisa mengunduh versi berbayar.

Fitur unggulannya yakni sinkronisasi dengan akun online banking dari berbagai bank. Itu memungkinkan Wallet merekam transaksi secara otomatis,.

Aplikasi pengatur keuangan ini sebenarnya sama dengan yang lain. Namun, Wallet menyediakan fitur yang bisa mengimpor data transaksi atau rekening dari file CSV atau Excel.

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga memiliki fitur perencanaan pembayaran di masa depan, lengkap dengan pengingat.

3. Finansialku

Ilustrasi laporan keuangan. (Pixabay/Tumisu)

Dikutip dari Daily Social, Finansialku adalah aplikasi yang akan membantu penggunanya mengelola dan mengatur perencanaan keuangan.

Keunggulan dari aplikasi itu adalah pengguna dapat melakukan sesi konsultasi keuangan dengan konsultan keuangan bersertifikat CFP (Certified Financial Planner)

FinansialKu juga menghadirkan berbagai edukasi seputar literasi keuangan terlengkap melalui media video, artikel, maupun podcast.

4. Finku

ilustrasi cash flow (unsplash.com/ Sharon McCutcheon)

Finku jadi opsi aplikasi pencatatan dan pengaturan keuangan yang layak dicoba. Aplikasi ini telah terhubung dengan berbagai bank, e-wallet, serta akun investasi di seluruh Indonesia.

Bahkan, aplikasi tersebut menawarkan kiat-kiat seputar keputusan finansial.

Finku memberikan disclaimer bahwa mereka hanya dapat membaca transaksi keuangan saja, dan tidak mengakses akun finansial pengguna. Dengan begitu, aplikasi ini merupakan opsi pencatatan keuangan yang aman.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna pun telah diakui oleh Kominfo dan menjadi bagian dari Asosiasi Fintech Indonesia.

5. Sribuu

ilustrasi cash flow (unsplash.com/micheile dot com)

Sribuu menawarkan sejumlah fitur yang akan membantu pengaturan keuangan, termasuk fitur yang memungkinkan proses pemeriksaan terhadap seluruh pendapatan dan pengeluaran.

Di dalamnya, terdapat pula fitur kategorisasi penganggaran untuk mengatur pengeluaran menjadi lebih tertata. Selain itu, Sribuu pun menawarkan fitur seperti pengingat agar tetap berhemat, analisis laporan keuangan, dan konsultasi keuangan yang gratis. 

6. Monefy

Ilustrasi Pengelolaan Keuangan. Shutterstock/witsarut sakorn

Monefy dibuat dengan sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya, demikian laman jurnal.id. Sebagian besar fungsinya dari Money Lover sebenarnya sama, hanya saja tampilan dan pengalaman penggunaan tentu akan berbeda. Aplikasi ini memiliki visualisasi yang bagus.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Monefy dilengkapi pula dengan widget yang bisa memudahkan pengguna dalam memasukkan data transaksi tanpa membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Pengguna Monefy pun dapat mengintegrasikan datanya ke penyimpanan cloud Dropbox.

7. Mint

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mint termasuk aplikasi pengelolaan keuangan yang populer karena tampilan dan dasbornya menyatu.

Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari transaksi bank, tagihan bulanan, portofolio investasi, hingga pinjaman kredit.

Aplikasi itu juga memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan anggaran belanja dalam beberapa kategori. Dengan begitu, perhitungan pengeluaran dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Aplikasi ini bahkan dapat mengirimkan notifikasi jika anggaran pengguna membengkak.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Bisnis Otomotif dan Alat Berat Lesu, Laba Bersih Astra Turun 14,3%