Apa Itu Tech Savvy dan Mengapa Penting di Era Ini

Andal memanfaatkan teknologi.

Apa Itu Tech Savvy dan Mengapa Penting di Era Ini
Piqsels
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Generasi Z atau bahkan lebih tua darinya—biasa disebut milenial—kerap disebut dengan generasi yang dapat menggunakan teknologi dengan baik atau tech savvy. Namun, dalam merespons perkembangan teknologi saat ini, siapa pun perlu menjadi tech savvy demi menunjang karier maupun kehidupannya.

Dalam Cambridge Dictionary, tech savvy ini diartikan sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan luas mengenai teknologi modern khususnya komputer.

Namun, menurut laman ekrut.com, seorang tech savvy tidak hanya memiliki pengetahuan tentang komputer, tapi mampu menggunakan keterampilannya untuk memanfaatkannya.

Bagi seorang tech savvy, segala hal mengenai teknologi khususnya komputer bukan lagi hal asing.

Dalam istilah yang lebih sederhana, tech savvy dapat diartikan sebagai melek teknologi. Itu juga berarti kemampuan untuk memanfaatkan teknologi demi mencapai sejumlah tujuan berikut, sebagaimana dinukil dari laman Glints.

  • mencari informasi di internet
  • mempelajari hal baru
  • menambah koneksi lewat internet
  • menyelesaikan pekerjaan
  • mempelajari kecakapan baru

Manfaat tech savvy

ilustrasi pekerja kantoran (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Di era modern ini, seseorang perlu menjadi tech savvy. Sebab, dengan menjadi demikian, maka dia akan mampu mengembangkan kariernya. Berikut sejumlah manfaat tech savvy, seperti dikutip dari laman mekari.

  • Lebih mudah mencari informasi. Seseorang yang melek teknologi akan tahu kata kunci apa yang tepat pada mesin pencarian Google. Dengan begitu, seseorang tersebut bisa langsung mendapatkan jawabannya atas hal-hal yang dicari dalam waktu cepat.
  • Wawasan luas. Jika sudah memiliki kemampuan menemukan informasi secara cepat, maka wawasan seseorang tersebut bisa menjadi semakin luas, bahkan pada bidang-bidang yang sebelumnya tidak dikuasai.
  • Memperbanyak perspektif. Selain menambah wawasan, tech savvy tentu akan memiliki banyak perspektif akan suatu hal. Sebab, seseorang itu dapat mencari berbagai pendapat dan informasi terkait satu topik.
  • Produktivitas meningkat. Orang yang melek teknologi akan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaannya, sehingga produktivitas bisa meningkat.
  • Menghemat waktu dan tenaga. Seorang tech savvy dalam bekerja cenderung akan menghemat waktu dan tenaga dengan mengandalkan teknologi.

Skill tech savvy

Ilustrasi Budaya Kerja Hybrid atau Remote. Dok/Microsoft Indonesia

Lantas, skill apa saja yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi tech savvy? Simak daftaranya di bawah ini, sebagaimana dilansir dari laman Glints.

1. Googling

Googling merupakan skill menemukan kata kunci yang tepat untuk mencari sebuah informasi secara cepat.

2. Shortcut di keyboard

Menurut laman Indeed, shortcut bisa membantu untuk mempercepat menyelesaikan pekerjaan. Dengan begitu, penguasaan atas hal ini menjadi salah satu kemampuan yang mesti dimiliki tech savvy.

3. Rapat virtual

Meski terkesan sederhana, tidak sedikit orang yang bisa menggunakan aplikasi rapat virtual. Padahal, online meeting ini memungkinkan untuk menghemat waktu.

4. Media sosial

Penggunaan media sosial tentu tidak hanya untuk mencari hiburan. Di era modern saat ini, banyak orang memanfatkannya untuk mengembangkan karier.

Media sosial bisa digunakan untuk mengembangkan network, melakukan personal branding, hingga belajar. Para profesional pun dapat memanfaatkan platform teknologi tersebut.

5. Aplikasi spreadsheet

Aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet dapat membantu pekerjaan sehari-hari. Software tersebut akan memudahkan pengolahan data maupun penghitungan angka.

Penggunanya bisa mengelola data dalam jumlah besar di dalam aplikasi tersebut, termasuk membuat visualisasi data.

Tips menjadi tech savvy

ilustrasi karyawan di perusahaan (freepik.com/Tirachardz)

Agar menjadi tech savvy, seseorang dapat mengasah kemampuannya. Dilansir dari laman mekari, berikut sejumlah tips untuk menjadi tech savvy.

  • Memahami fitur-fitur di Google.

Seseorang bisa mempelajari pelbagai fitur di Google agar mahir menggunakannya.

  • Menonton tutorial di Youtube

Youtube menyediakan beragam macam konten tutorial mengenai sejumlah topik, mulai dari desain grafis, video editing, dan lain sebagainya.

  • Mengikuti kelas atau webinar

Dengan mengikut kelas atau webinar, seseorang bisa belajar secara langsung dari pakar maupun ahli di suatu bidang teknologi.

  • Memperbanyak praktik langsung

Belajar teori saja tentu tak cukup. Seseorang yang ingin menjadi tech savvy tentu harus banyak melakukan praktik secara langsung. Dengan rutin melakukan praktik, kemampuan tersebut akan lebih cepat dipelajari.  

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Memasuki 39 Tahun, MSIG Life Kenalkan Budaya Kerja Baru
Omnicom Media Group Angkat Rohan Mahajan Jadi COO–Layanan Media