Diambang Kebangkrutan, Perusahaan Kripto ini Dicaplok Binance

Nilai akuisisi Voyager mencapai US$1 miliar.

Diambang Kebangkrutan, Perusahaan Kripto ini Dicaplok Binance
Ilustrasi Binance. Shutterstock/askarim
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Binance.US resmi terpilih sebagai perusahaan penawar tertinggi dan terbaik dalam pengajuan akuisisi terhadap Voyager Digital, perusahaan pemberi pinjaman aset kripto yang tengah berada di ambang kebangkrutan. 

Dalam keterangannnya, Voyager Digital menyatakan Binance.US, entitas usaha Binance di Amerika Serikat, telah sepakat untuk membeli asetnya senilai US$1 miliar.

Tawaran Binance.US ini mewakili nilai pasar wajar dari portofolio aset kripto Voyager Digital, yang memiliki nilai pasar US$1 miliar, dan pertimbangan US$20 juta sebagai nilai tambahan.

“Tawaran Binance.US bertujuan untuk mengembalikan aset kripto kepada pelanggan dalam bentuk barang, sesuai dengan pencairan yang disetujui pengadilan dan kemampuan platform," kata manajemen Voyager Digital dalam rilis pers yang dikutip dari CoinDesk, Rabu (21/12).

Kasus Voyager

Ilustrasi pertemuan bisnis tentang keputusan investasi untuk bitcoin. Shutterstock/Morrowind

Menurut cointelegraph, Voyager sempat menghentikan penarikan dana nasabah pada Juli. Perusahaan pemberi pinjaman aset kripto itu mengajukan kebangkrutan karena likuiditasnya terganjal. Voyager terdampak masalah default pinjaman bernilai US$650 juta dari Three Arrrows Capital, perusahaan dana lindung nilai.

“Target saat ini sambil menunggu persetujuan pengadilan adalah memberikan akses kepada pengguna (Voyager Digital) kepada aset mereka,” kata Brian Shroder, CEO Binance.US, entitas Binance Amerika Serikat yang memiliki lisensi terpisah dengan Binance.com, seperti dilansir The Straits Times.

Binance.US sekarang menjajaki lebih banyak peluang akuisisi. Perusahaan platform aset kripto itu mengumpulkan lebih dari US$200 juta dengan penilaian US$4,5 miliar pada April.

Tujuan dari setiap kesepakatan merger dan akuisisi, kata Shroder, adalah untuk mendorong pengguna dan aset baru ke platform Binance.US, serta menambahkan teknologi, produk, atau layanan yang saat ini tidak dimiliki.

Akuisisi Binance ke Tokocrypto

Tokocrypto Kenalkan Ekosistem Blockchain, TokoVerse/Dok. Tokocrypto

Binance juga mengakuisisi perusahaan penyedia platform jual-beli kripto, Tokocrypto. Dalam keterangan resminya, manajemen Tokocrypto menyatakan Binance akan menambah kepemilikan saham di perseroan secara bertahap hingga hampir 100 persen. Dengan kata lain, Binance nantinya akan menjadi pengendali utama Tokocrypto. 

“Kesepakatan ini didasari oleh investasi yang telah diberikan Binance ke Tokocrypto pada 2020. Tokocrypto merupakan pedagang aset kripto yang pertama teregulasi di Bappebti dan kesepakatan ini akan mendorong keduanya untuk terus memberikan dukungan pada pertumbuhan sektor Web3 di Indonesia,” demikian keterangan manajemen Tokocrypto.

Pasar aset kripto di Indonesia telah tumbuh secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, sebagian didorong oleh tingkat penetrasi digital yang sedang berkembang di Indonesia dan besarnya populasi yang tidak memiliki rekening bank.

"Ditambah dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap investasi digital, Indonesia akan menjadi wadah yang tepat untuk adopsi Web3 dan menyediakan tempat uji coba untuk perluasan lebih lanjut dari kemampuan blockchain di negara ini," perusahaan itu menjelaskan.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pacu Dana Murah, CASA BTN Capai 50,1%
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang