Dorong Transformasi Digital, Alibaba Cloud Perkuat Kemitraan di RI

Puluhan ribu orang telah bergabung di pelatihan Alibaba.

Dorong Transformasi Digital, Alibaba Cloud Perkuat Kemitraan di RI
Ilustrasi Alibaba Cloud. Shutterstock/Poetra.RH.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Alibaba Cloud menyatakan komitmennya dalam mendorong transformasi ekonomi digital Indonesia melalui sejumlah program.  

Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, Leon Chen, menyatakan perusahaannya telah hadir di pasar di Indonesia sejak 2016. Dalam enam tahun terakhir, Alibaba Cloud telah menginvestasikan sumber daya untuk melakukan sejumlah hal seperti mengembangkan ekosistem mitra lokal dan menawarkan berbagai program pelatihan talenta digital.

“Melihat ke depan di tahun 2023, kami akan melanjutkan komitmen kami di dalam pasar Indonesia dengan mendukung percepatan transformasi digital untuk seluruh jenis bisnis di Indonesia,” kata Leon dalam Media Briefing di Jakarta, Selasa (20/12).

Alibaba Cloud menjadi tulang punggung teknologi digital dan inteligensi Alibaba Group, raksasa e-commerce Cina. Perusahaan itu menjadi salah satu pemain yang mengisi celah transformasi digital di Indonesia yang terus meningkat dalam berbagai bidang seperti mobile banking dan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP).

Di Indonesia, Alibaba Cloud mengoperasikan tiga pusat data lokal dan satu scrubbing center.

Kemitraan lokal

Media Gathering Alibaba Cloud di Jakarta, Selasa (20/12). Dok/Fortune Indonesia/Luky Maulana.

Dalam setahun terakhir Alibaba Cloud telah memperkenalkan produk-produk mutakhir, misalnya analitik digital, rekomendasi cerdas, dan manajemen aplikasi layanan mikro demi membantu percepatan transformasi digital perusahaan di Indonesia.

Telkomsigma, anak perusahaan Telkom Group, telah berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan komputasi awan miliknya. Perusahaan perangkat lunak, AI Rudder, juga berkolaborasi menyediakan teknologi Voice AI untuk membantunya mengatasi tantangan komunikasi Business-to-Cosumer (B2C), lewat infrastruktur dan solusi cloud milik Alibaba Cloud.

Leon menambahkan perusahaan secara keseluruhan telah membantu transformasi digital bisnis di Indonesia mulai dari pengusaha mikro, UKM, startup berstatus unicorn hingga perusahaan besar seperti Astra Financial, Adira Finance, Akulaku, Kopi Kenangan, dan Garuda Indonesia.

Pelatihan talenta digital

Fasilitas pusat data Alibaba Cloud. (Alibaba)

Lebih dari 62.000 orang di Indonesia telah mengikuti sejumlah program pelatihan Alibaba Cloud dalam setahun terakhir. Perusahaan komputasi awan itu bekerja sama dengan universitas lokal, asosiasi, inkubator startup, dan komunitas pengembang untuk menggelar programnya.

Program Student Ambassador, misalnya, bertujuan memilih duta mahasiswa dari universitas untuk ikut mempromosikan pengetahuan tentang komputasi awan dan kecerdasan digital di antara generasi tenaga kerja berikutnya. Perusahaan itu bermitra dengan 10 universitas seperti UI, ITB, UGM untuk memberikan pelatihan kepada dosen dan mahasiswa di univertias tersebut terkait komputasi awan dan mata pelajaran AI.

Alibaba Cloud juga telah mendukung program pelatihan talenta digital yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam program ini, lebih dari 2.000 siswa telah mendapat manfaat dari peningkatan keterampilan pada topik-topik seperti komputasi awan, keamanan, dan big data.

Kemitraan juga dibangun dengan 20 asosiasi lokal dan komunitas pengembang seperti Indigo, Codepolitan, Cloud Computing Association (ACCI) dan Aftech.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan