Ethereum Kembali Diperbarui, Indodax Ungkap Efek Positifnya

Berpotensi mengalami kenaikan pada masa mendatang.

Ethereum Kembali Diperbarui, Indodax Ungkap Efek Positifnya
CEO Indodax Oscar Darmawan saat mengisi acara FORTUNE Indonesia Summit bertajuk The Sudden Rise and Future of Investment di The Westin, Jakarta, Kamis (19/5).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Platform pertukaran kripto, Indodax, menaksir positif pembaruan “Shanghai Upgragde” pada jaringan Ethereum. 

Menurut CEO Indodax, Oscar Darmawan, dalam keterangan pers (27/2), Shanghai Upgrade merupakan pembaruan Ethereum tahap selanjutnya dari Merge Ethereum yang terjadi pada September.

Setelah Merge, Ethereum mengalami transisi jaringan, yakni dari mekanisme proof-of-work (PoW), menjadi ke proof-of-stake (PoS). Lantas, pemilik token Ethereum dapat menguji jaringan PoS tersebut dengan melakukan staking jaringan dengan minimum memiliiki 32 Ethereum. Nantinya, validator jaringan tersebut akan mendapatkan imbalan yang belum bisa diambil sekarang,

Staking merujuk kepada tindakan mengunci aset kripto untuk ikut menjalankan blockchain dan memastikan keamananya. 

Oscar menyebut saat ini ada lebih dari 13 persen Ethereum dari total Ethereum yang beredar yang telah dikunci dalam staking.

“Pada Shanghai Upgrade nantinya, validator yang Ethereumnya terkunci akhirnya bisa menarik ETH tersebut berikut dengan imbalannya,” katanya.

Selain soal staking, Shanghai Upgrade juga akan berisi beberapa pengembangan Ethereum, yaitu EIP-3651, EIP-3855, EIP-3860, dan EIP-6049. Pengembangam yang disebut terakhir berkenaan dengan peningkatan performa Ethereum serta potensi penurunan gas fee yang selama ini memberatkan sebagian besar pemilik Ethereum.

Dampak positif

Ilustrasi Ethereum/Pixabay

Menurut Oscar, implementasi Shanghai Upgrade secara keseluruhan akan berdampak positif pada Ethereum.

"Investor bisa melihat bahwa Ethereum adalah kripto yang terus berkembang untuk menghadirkan fitur dan pembaruan yang mendukung kinerja Ethereum di masa depan,” katanya.

Saat ditanya soal dampaknya ke harga, Oscar menyebut penerapan Shanghai Upgrade dapat mendorong kenaikan nilai Ehereum. Namun, pembaruan jaringan itu bukan faktor tunggal. Sebab, ada sentimen lain seperti kondisi makroekonomi global, kebijakan bank sentral Amerika Serikat, dan pengaruh influencer aset kripto.

Oscar lantas mendorong para investor untuk mempelajari Ethereum dengan menggunakan analisis fundamental. Dia menyebut setelah Shanghai Upgrade akan ada pembaruan kembali yang dinamakan Cancun Upgrade.

Saat artikel ini ditulis, harga Ethereum mencapai US$1.636 atau turun 3,07 persen ketimbang harga pekan sebelumnya. Sebagai perbandingan, nilai aset kripto berkode ETH itu pada akhir tahun lalu mencapai US$1.199.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi