Tujuh Aplikasi Translation Inggris ke Indonesia Terbaik, Ini Daftarnya

Tidak perlu kamus, menerjemahkan bisa lewat aplikasi.

Tujuh Aplikasi Translation Inggris ke Indonesia Terbaik, Ini Daftarnya
Ilustrasi ponsel pintar. Shutterstock/ImYanis
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi dapat memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaannya, termasuk menerjemahkan bahasa. Saat ini, tersedia banyak aplikasi penerjemahan yang bisa diunduh di ponsel pintar.

Penggunaan aplikasi penerjemahan ini tentu lebih mudah dan praktis ketimbang harus menggunakan kamus bahasa. Sebab, jika seseorang menerjemahkan dengan kamus, maka hal tersebut perlu dilakukan kata per kata.

Sementara, aplikasi penerjemahan memungkinkan untuk menerjemahkan langsung bahasa dalam bentuk satu kalimat atau satu paragraf sekaligus. Kemudahan ini yang bisa dimanfaatkan seseorang dengan profesi apa pun, mulai dari mahasiswa, pekerja, maupun freelancer.

Aplikasi penerjemahan ini tentu saja dapat dapat menerjemahkan bahasa, misalnya, dari Inggris ke Indonesia, dan sebaliknya. Berikut daftar aplikasi penerjamahan terpopuler untuk sistem operasi Android maupun iOS, dikutip dari pelbagai sumber.

1. Google Translate

Siapa yang tidak mengenal Google Translate? Aplikasi penerjemahan yang dikembangkan oleh Google ini bisa menerjemahkan bahasa dalam bentuk teks, gambar, kamera, bahkan tulisan tangan,

Google Translate tersedia dalam sistem operasi Android dan iOS. Di sisi lain, Google Translate dapat diakses pula melalui browser.

Aplikasi tersebut menyediakan penerjemahan sekitar 100 bahasa, serta dapat diakses secara offline.

2. Microsoft Translator

Raksasa teknologi Microsoft mengembangkan aplikasi yang bisa menerjemahkan bahasa dalam bentuk teks, suara, gambar, tangkapan layar, dan hasil potret. Microsoft Translator tersedia secara gratis di Apps Store maupun Play Store.

Aplikasi itu menonjol karena menyediakan pilihan penerjemahan dari 70 bahasa.

3. iTranslate

iTranslate menjadi pilihan aplikasi translate bahasa Indonesia ke Inggris. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Sonico Mobile.

Aplikasi penerjemahan ini menyediakan pilihan lebih dari 100 bahasa. Pengguna bisa mengunduh iTranslate secara gratis baik di App Store maupun Play Store.

iTranslate menawarkan sejumlah fitur terjemahan, mulai dari penerjemahan dengan teks, suara, kamera, dan keyboard translation. Pengguna bahkan bisa melakukan penerjemahan secara offline.

4. U Dictionary

U Dictionary termasuk aplikasi penerjemahan yang banyak diunduh oleh pengguna ponsel pintar. Selain menyediakan fitur penerjemahan bahasa, aplikasi tersebut menawarkan fitur lain, seperti Grammar Check dan Conversation Translation. U Dictionary ini dapat Anda unduh secara gratis. 

5. Day Translations

Day Translations ini merupakan aplikasi penerjemahan yang bisa membantu Anda melakukan penerjemahan secara instan, atau bahkan menghubungi penerjemah fisik lewat aplikasi untuk menghasilkan terjemahan secara kontekstual.

Selain itu, Day Translations bisa langsung digunakan untuk menerjemahkan kata-kata yang diucapkan seperti juru bahasa pribadi.

Pengguna dapat mengunduh Day Translations di sistem operasi Android maupun iOS.

6. Yandex Translate

Aplikasi ini dapat diunduh pengguna Android maupun iOS. Fiturnya dianggap sama seperti Google Translate.

Yandex Translate merupakan aplikasi penerjemahan yang dirilis oleh Yandex Rusia. Aplikasi ini menawarkan 100 bahasa untuk menunjang proses penerjemahan.

7. Dict Box

Dict Box adalah kamus multibahasa yang mendukung penerjemahan dengan fitur luring secara lengkap. Dengan kata lain, untuk menerjemahkan melalui aplikasi ini, pengguna tidak memerlukan koneksi internet.

Sejumlah fitur utamanya adalah koreksi kata, pengucapan audio, gambar, dan latihan menghafal, serta sinkronisasi lintas perangkat.

Dict Box merupakan aplikasi penerjemahan yang juga bisa menggunakan fitur kamera. Namun, beberapa fitur premium hanya dapat dinikmati secara berbayar.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M