Rekomendasi Wifi Portable Terbaik

Inilah rekomendasi wifi portable terbaik.

Rekomendasi Wifi Portable Terbaik
Wifi Portable
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Apa saja rekomendasi Wifi portable terbaik? Internet kini sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi mengingat banyak aktivitas yang kini mengharuskan seseorang untuk mengakses internet. Selain dengan membeli kuota data, memasang Wifi juga bisa menjadi solusi termasuk Wi-Fi portable.

Wi-Fi portable solusi praktis

Kehilangan akses internet di era digital seperti menjadi masalah yang cukup pelik karena ketergantungan yang cukup tinggi terhadap teknologi dan internet di era sekarang. Terlebih lagi yang memiliki banyak aktivitas mobile baik untuk sekolah, bisnis, pekerjaan, dan lainnya. 

Wi-Fi merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet dengan limit yang lebih besar. Biasanya Wi-Fi dipasang di satu tempat seperti rumah, kantor, tempat kerja, dan lainnya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan Wi-Fi portable agar lebih praktis. 

Wi-Fi portable menjadi salah satu benda yang mudah dijumpai baik secara online maupun offline. Sangat cocok khususnya bagi Anda yang sering bepergian ke suatu tempat untuk melakukan pekerjaan maupun aktivitas lainnya. 

Pengertian Wi-Fi portable

Wi-Fi portable adalah router internet yang dapat digunakan secara fleksibel karena bisa berpindah. Wi-Fi jeni ini tidak tersambung dengan kabel seperti halnya kabel optic yang dipasang provider penyedia layanan internet. Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan kartu SIM untuk mendapatkan koneksi internet. 

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan jika menggunakan Wi-Fi portable adalah secara fleksibel dapat digunakan di berbagai wilayah selama ada koneksi jaringan ponsel. Bahkan di luar negeri sekalipun dengan menggunakan kartu SIM di negara yang dikunjungi. 

Cara kerja Wi-Fi portable adalah menghubungkan berbagai perangkat ke jaringan seluler baik 3G, 4G, maupun 5G yang dikembangkan dengan kecepatan data tertentu. Meskipun berbentuk nirkabel, Wi-Fi ini tetap masih bisa disambungkan ke beberapa perangkat dalam waktu bersamaan. 

Untuk jumlah perangkat yang bisa dijangkau oleh Wi-Fi portable sendiri tergantung dari tipe dan mereknya. Jika Anda menggunakannya di luar ruangan, maka harus dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi ulang. Istilah Wi-Fi portable juga banyak dikenal sebagai Mi-Fi. 

Rekomendasi Wi-Fi portable

Bagi Anda yang masih bingung untuk membeli produk Wi-Fi portable apa yang terbaik, maka bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi berikut ini:

1. Huawei B312 atau Telkomsel Orbit

Telkomsel Orbit Star 2 dengan perangkat Huawei B312 merupakan salah satu modem Wi-Fi portable yang cukup populer dan umum dikenal. Wi-Fi ini beratnya 500 gram dan dapat terhubung ke 32 perangkat. Kecepatannya mencapai 150 Mbps dan saat pembelian biasanya sudah dilengkapi dengan paket data 150 GB. 

Perangkat ini menggunakan teknologi seluler 2x2 MIMO LTE dan dibanderol dengan harga kurang lebih Rp629.000,00. 

2. Huawei E5576 atau XL Go IZI

Wi-Fi portable ini cukup direkomendasikan karena memiliki ukuran baterai yang cukup besar sehingga sangat cocok untuk dibawa bepergian. Kapasitas baterai yang dimiliki hingga 1500 mAH dan dapat tahan hingga 6 jam. Saat melakukan pembelian, Anda akan langsung mendapatkan kuota sebesar 20 GB. 

Meskipun namanya XL, perangkat ini tetap bisa digunakan dengan kartu SIM dari operator lain. XL GO IZI diklaim bebas roaming hingga di 10 negara dan dibanderol dengan kisaran harga Rp649.000,00. Kapasitas perangkat ini mampu mencapai kecepatan hingga 150 Mbps, 2,4 Ghz dan dapat terhubung ke 16 perangkat. 

3. Huawei E5577 Max atau Telkomsel 4G LTE

Anda juga bisa menikmati Wi-Fi portable dengan menggunakan perangkat Huawei E5577 Max dengan jaringan seluler Telkomsel 4G LTE. Wi-Fi ini sudah dilengkapi dengan LCD yang berukuran 1.45-inci dan kecepatannya bisa mencapai hingga 150 Mbps dengan kecepatan penyebaran 2,4 Ghz. 

Ketahanan baterai perangkat ini cukup besar karena sudah dilengkapi dengan baterai 3000 MAH sehingga bisa tahan hingga 12 jam lamanya. Huawei E5577 Max dibanderol dengan harga Rp835.000,00 dan dapat dihubungkan ke 10 perangkat. 

4. Huawei E5673 atau Smartfren Mifi 4G

Perangkat ini sangat direkomendasikan khususnya bagi Anda pengguna setia Smartfren. Huawei E5673 sudah dilengkapi dengan fitur LTE dan mampu menjangkau hingga 16 perangkat. Saat pembelian, pengguna akan mendapatkan ekstra kuota sebanyak 45 GB dalam satu tahun. 

Ukurannya minimalis sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana terutama saat travelling. Ukuran baterainya lumayan besar dengan kapasitas 1500 MAH dan dapat bertahan selama 4 jam jika digunakan terus-menerus. Kecepatan modem ini mencapai 112 Mbps dan bisa dibeli dengan kisaran harga Rp680.000,00 – Rp800.000,00. 

Rekomendasi Wi-Fi portable di atas bisa Anda pertimbangkan terutama jika memiliki mobilitas tinggi. Tentu akan lebih baik dan hemat jika menggunakan Wi-Fi nirkabel seperti rekomendasi di atas. 

Kelebihan dan kekurangan Wi-Fi portable

Pada dasarnya, fungsi Wi-Fi portable sama seperti halnya router Wi-Fi yang juga umum digunakan. Namun, tetap saja keduanya memiliki perbedaan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini beberapa di antara kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

1. Kelebihan Wi-Fi Portable

Dari segi kepraktisan, tentu Wi-Fi portable lebih unggul. Berikut ini beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki Wi-Fi jenis ini, di antaranya:

  • Memiliki bentuk yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana
  • Bisa digunakan di mana saja meskipun tidak ada jaringan Wi-Fi
  • Lebh menghemat paket data ponsel
  • Menghemat baterai ponsel
  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

2. Kekurangan Wi-Fi Portable

Di balik kelebihannya, Wi-Fi portable juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Baterai terbatas dan harus terus diisi ulang
  • Harus melakukan pengaturan khusus jika digunakan di luar negeri
  • Penggunaan tergantung dari jumlah kuota internet yang dibeli
  • Kecepatan internet tergantung dari sinyal data seluler

Menghabiskan baterai dan kuota lebih cepat jika digunakan di banyak perangkat

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M