Cara Mudah Mengatasi SIM Ponsel Tidak Terbaca

Terapkan 4 cara ini untuk perbaiki SIM ponsel tidak terbaca.

Cara Mudah Mengatasi SIM Ponsel Tidak Terbaca
Telkomsel Memulai Proses Upgrade Jaringan 3G ke 4G/LTE. Dok/Telkomsel
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Saat kartu SIM ponsel mendadak tidak terbaca, kita biasanya langsung panik. Apalagi kalau kamu sedang dalam keadaan darurat. Pastinya bete banget, kan!

Secanggih apapun smartphone yang Anda miliki, kejadian buruk ini bisa menimpa siapa pun. Baik Anda yang menggunakan ponsel Android maupun iOS.

Penyebab dari SIM card yang tiba-tiba tak terbaca sangat beragam. Misalnya saja, karena kartu SIM sudah lama dipakai maka perlu diganti di gerai penyedia terdekat.

Nah, berikut ini cara mengatasi SIM card ponsel yang tidak bisa terbaca. 

1. bersihkan kartu SIM

Ilustrasi ponsel pintar. Shutterstock/ImYanis

Pengguna smartphone dapat membersihkan kuningan yang berada pada kartu SIM. Biasanya jika terlalu lama tidak dibersihkan, lempengan kuningan pada kartu SIM akan berdebu. 

Cara membersihkannya, yaitu dengan mengambil kain atau tisu kering dan menggosokkannya secara perlahan ke lapisan kuningan yang berada di badan kartu sim. Jika sudah dibersihkan, Anda dapat mencoba kembali kartu SIM tersebut pada ponsel Anda.

2. atur jaringan pada ponsel

Layanan Google (Google One, Gmail, Chrome, Duo, Meet, Duo, Ads) ikon aplikasi di layar smartphone iPhone. Google adalah mesin pencari internet terbesar di dunia. Shutterstock/Primakov

Cara berikutnya, Anda disarankan untuk memindahkan kartu sim ke slot yang lainnya. Jika ponsel Anda dilengkapi dengan dua slot kartu SIM, maka segeralah pindahkan kartu SIM tersebut.

Setelah memindahkanya, disarankan untuk atur ulang jaringan di gawai Anda. Anda dapat memindahkan jaringan melalui kolom Setting-Network dan Internet- Mobile Network. Setelah itu, atur APN sesuai dengan jaringan dan operator yang digunakan.

3. coba kartu SIM di ponsel lain

Ilustrasi smartphone. Shutterstock/Mr. Mikla

Jika kedua cara di atas dirasa tidak optimal, maka disarankan untuk mencoba kartu SIM pada ponsel lain. Hal ini untuk memastikan apakah kartu SIM Anda yang rusak, atau konektivitas pada ponsel Anda yang rusak.

Untuk pengguna iPhone atau produk Apple, disarankan untuk mengupdate ke versi terbaru dari iOS. Caranya, yaitu dengan mengetuk menu Setting- General- Software Update. Di kolom tersebut Anda dapat mengetahui, apakah iOS yang digunakan di iPhone Anda sudah terbaru atau belum.

Setelah itu, Anda disarankan untuk memeriksa pembaruan pengaturan operator jaringan. Anda dapat membuka Setting- General- About. Apabila tersedia pembaruan, Anda memilih 'OK' untuk memperbaruinya.

4. konsultasi ke customer service

Telkomsel memasuki tahap ketiga proses peningkatan/pengalihanjaringan 3G ke 4G yang di 143 kota/kabupaten mulai Juli 2022. Informasi lengkap tentang program upgrade dapat diakses melalui tautan tsel.me/untungjadi4G. Dok/Telkomsel.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca lainya yakni pergi ke pusat pelayanan provider operator seluler terdekat untuk berkonsultasi dan mengetahui sumber masalah. Nantinya, Anda akan diberi solusi apakah kartu SIM tersebut dapat dicetak ulang atau memang ada masalah pada ponsel Anda. 

Itulah cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di ponsel Anda. Semoga bermanfaat!

Related Topics

Kartu SIMPonsel

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Melonjak 109%, Bank Raya Kantongi Laba Rp9,16 Miliar
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi