Gandeng Xplorin, BI NTB Dorong Transaksi QRIS di World Superbike 2023

Incar transaksi QRIS 3,5 juta di NTB hingga akhir 2023.

Gandeng Xplorin, BI NTB Dorong Transaksi QRIS di World Superbike 2023
Salah satu gelaran World Superbike/WSBK. (xboxygen.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah merampungkan seri pembuka di Phillip Island, jadwal World Superbike (WSBK) 2023 selanjutnya adalah seri kedua di Mandalika, Indonesia. Jadwal WSBK Indonesia 2023 dilangsungkan di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tanggal 3-5 Maret 2023.

Guna mempermudah penonton dalam melakukan transaksi selama event berlangsung, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi bersama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin) untuk mendorong transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Program kolaborasi ini merupakan gerakan 100 persen non-tunai (cashless society) pada event WSBK 2023 yang bertujuan untuk membantu program digitalisasi UMKM yang akan berdampak ke ekonomi & sosial dari pergelaran event skala Internasional.

“Melalui kolaborasi kami ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan transaksi pembayaran digital berbasis QRIS kepada penonton dan UMKM yang berpartisipasi dalam event balap motor WSBK 2023, dan sebagai bagian literasi, sosialisasi dan pendampingan kepada UMKM dalam melakukan transaksi non-tunai berbasis QRIS,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Heru Saptaji melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (3/3).

Incar transaksi QRIS 3,5 juta di NTB hingga akhir 2023

Ilustrasi QRIS bagi para pelaku usaha. (dok. ASPI)

Sebelumnya, Heru juga mengungkapkan, hingga akhir 2022 pengguna QRIS di NTB mencapai 225 ribu user. Kondisi tersebut seiring dengan masifnya transaksi di masyarakat. Dengan demikian pihaknya optimis volume transaksi QRIS di NTB mampu menembus angka 3,5 juta di akhir 2023.

“Untuk target penambahan pengguna baru pada 2023 sebanyak 212 ribu user dengan target transaksi sebanyak 3,5 juta kali," kata Heru Saptaji.

Seperti diketahui sebelumnya, BI mencatat, jumlah pengguna QRIS di Indonesia mencapai 25 juta hingga November 2022. Sementara itu untuk penjual atau merchant berjumlah 22 juta. Dari jumlah tersebut, mayoritas pengguna QRIS berada di Jawa.

Xplorin sediakan master ticketing WSBK

Salah satu aksi di gelaran WSBK. (Pixabay/Leafwriter)

Xplorin sebagai bagian unit usaha dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) fokus kepada platform pariwisata terintegrasi termasuk dalam hal penyediaan master ticketing WSBK.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama mengatakan, sebagai platform hub digital tourism yang fokus pada pengembangan wisata secara digital, pihaknya memastikan kelancaran penyediaan layanan transaksi digital menggunakan QRIS.

“Layanan ini penting kami persiapkan guna memberikan kemudahan bagi pengunjung terutama wisatawan asing yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia agar tetap bisa bertransaksi selama event berlangsung. Layanan transaksi digital yang kami siapkan ini terwujud berkat kerjasama dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Netzme,” kata Gemma.

Selain kolaborasi dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Barat, Xplorin berkolaborasi bersama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) sebagai Penyedia Jasa Pembayaran yang menyediakan layanan dan monitoring sistem berbasis QRIS Xplorin yang digunakan oleh seluruh UMKM yang terdaftar di Lombok Sumbawa Fair dan juga para UMKM di lokasi Paddock.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI