Apa itu Deep Web? Perbedaan Deep Web, Dark Web, dan Surface Web

Informasi yang tersembunyi di internet.

Apa itu Deep Web? Perbedaan Deep Web, Dark Web, dan Surface Web
ilustrasi Deep Web (unsplash.com/Ilya Pavlov)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Apa itu deep web? Mungkin Anda belum familiar dengan istilah tersebut. Tetapi deep web ternyata memiliki manfaat, salah satunya melindungi data Anda agar tidak bisa dicari mesin pencarian atau Search Engine Result Pages (SERP).

Seperti yang diketahui, Anda bisa mencari apapun di internet, baik itu mengenai informasi publik, maupun informasi lainnya. 

Namun, ada beberapa informasi yang sebenarnya tidak terjamah oleh orang lain. Bila diibaratkan, internet dan dunia maya seperti gunung es, yang terlihat oleh mata adalah surface web, sedangkan di bagian bawah lautnya adalah deep web.

Anda tidak bisa mencari data di deep web melalui mesin pencarian umum, namun menggunakan cara khusus. Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu deep web?

ilustrasi deep web (unsplash.com/Stephen Phillips)

Deep web adalah informasi dari internet yang letaknya tersembunyi dan tidak bisa dilihat oleh publik. Adapun letak deep web terdiri dari 90 persen situs web di seluruh penjuru dunia dan terletak di bawah surface internet.

Mungkin kebanyakan orang ketika mendengar kata deep web, yang terlintas adalah konten ilegal dan menyeramkan. Akan tetapi, hanya 0,1 persen saja konten dari deep web yang seperti itu.

Sebagian besar konten deep web merupakan informasi website yang tersimpan dengan aman. 

Apabila ingin mengaksesnya, Anda harus memiliki akses khusus atau kata sandi agar bisa membaca informasinya. Hal ini yang membuat deep web tidak bisa Anda akses melalui mesin pencarian umum.

Contoh konten dari deep web, yakni database perbankan, inbox email, data perusahaan, data rekam medis, data akun media sosial, faktur pembelian online, dan lainnya.

Apabila beberapa konten di atas bisa diakses melalui Google, Anda bisa bayangkan kotak masuk email Anda dibaca oleh orang lain. Tentu hal ini sangat mengerikan, bukan?

Meski deep web tidak bisa diakses melalui mesin pencarian, tetapi konten dari deep web masih bisa Anda akses melalui browser umum.

Sebagian ahli memperkirakan bahwa deep web memiliki cakupan yang lebih besar ketimbang surface web. Banyak yang tidak tahu mengenai hal ini karena halaman deep web tidak terindeks. Hanya pengguna tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Sedangkan untuk bagian dari deep web, di antaranya sebagai berikut:

Database 

Merupakan kumpulan file yang tidak terhubung ke area lain di internet. File tersebut sangat dilindungi dan bersifat pribadi. Anda hanya bisa menemukan file tersebut dalam database khusus.

Jaringan intranet

Jaringan intranet, seperti jaringan internal pemerintah dan perusahaan yang digunakan untuk berkomunikasi guna mengontrol organisasi.

Perbedaan deep web, dark web, dan surface web

ilustrasi mengetik (unsplash.com/Corinne Kutz)

Berikut ini adalah letak perbedaan dari deep web, dark web dan surface web, di antaranya sebagai berikut:

Konten dan privasi

Adapun konten dari deep web bersifat rahasia, melindungi data pengguna, serta legal untuk digunakan. 

Berbeda dengan dark web yang kebanyakan berisi konten-konten ilegal, seperti penjualan organ, senjata api, dan benda berbahaya lainnya. Sedangkan, surface web kontennya bisa diakses oleh siapa saja dan tampil melalui SERP.

Tingkat keamanan

Deep web dan surface web sangat aman untuk diakses. Berbeda dengan dark web, Anda yang sangat berbahaya untuk diakses. 

Cara akses

Deep web hanya bisa diakses melalui kata sandi atau autentikasi tertentu. Sedangkan, surface web bisa diakses menggunakan mesin pencarian umum.

Berbeda dengan dark web, Anda harus menggunakan aplikasi khusus atau protokol jaringan tertentu untuk bisa mengaksesnya.

Manfaat deep web

ilustrasi mengakses deep web (unsplash.com/Kobu Agency)

Berikut ini dua manfaat dari deep web yang perlu untuk diketahui, di antaranya sebagai berikut:

Mengakses data lebih aman

Deep web tidak bisa diakses melalui mesin pencari dan Anda harus memiliki kata sandi untuk bisa mengaksesnya. Hal ini membuat data dan informasi yang tersimpan dalam database menjadi lebih aman.

Melindungi data dan informasi

Manfaat deep web adalah untuk menjaga kerahasiaan secara online. Selain menggunakan kata sandi untuk mengaksesnya, Anda juga bisa menambahkan otentikasi ganda untuk melindungi data.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu deep web. Jadi, dapat disimpulkan bahwa deep web berbeda dengan dark web. Deep web dirancang khusus untuk melindungi informasi Anda. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Medco Rampungkan Divestasi Kepemilikan di Blok Ophir Vietnam
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya