Apa itu Overclocking? Kelebihan, Kekurangan, dan Caranya

Perfoma menjadi lebih cepat.

Apa itu Overclocking? Kelebihan, Kekurangan, dan Caranya
ilustrasi CPU komputer (unsplash.com/Joseph Greve)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Artikel di bawah ini akan membahas mengenai apa itu overclocking komputer. Mungkin istilah ini terdengar asing bagi Anda. Akan tetapi, di dunia teknisi komputer, hal ini sering dilakukan.

Overclocking adalah sebuah tindakan untuk meningkatkan komponen clock rate, sehingga perangkat akan memiliki kecepatan lebih tinggi dari sebelumnya. Meski begitu, hal ini juga akan membuat komputer Anda menghasilkan suhu lebih tinggi.

Tentunya Anda harus mengetahui perawatan yang tepat bagi perangkat tersebut. Untuk itu, berikut ini artikel apa itu overclocking, keuntungan dan kelebihan, serta cara overclocking yang benar.

Apa itu overclocking?

ilustrasi komputer (unsplash.com/Resul Kaya)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, overclocking adalah peningkatan clock rate atau multiplier pada BIOS, yang membuatnya bekerja lebih keras per detiknya.

Biasanya, seseorang melakukan hal tersebut agar komputer bisa berjalan lebih cepat dari asalnya. Seperti yang diketahui, CPU telah dirancang oleh perusahaan memiliki kecepatan tersendiri.

Melakukan overclocking memang dapat menambah kecepatan, tapi akan membuat beberapa komponen menjadi lebih panas. Apabila Anda ingin membuat komputer bekerja lebih tinggi, maka perlu pendinginan yang tepat untuk mencegah permasalahan yang terjadi.

Perangkat seperti apa yang bisa melakukan overclocking?

Biasanya tergantung dari motherboard CPU Anda. Biasanya, motherboard Intel CPU memiliki locked multiplier yang mencegah pengguna untuk melakukan overclocking.

Akan tetapi, terdapat motherboard Intel CPU yang bisa digunakan untuk overclocking, yakni Extreme Edition dengan CPU unlocked multiplier.

Bila ingin membuat perangkat komputer yang lebih cepat, maka hal yang harus Anda persiapkan adalah pendinginannya atau water cooling system. Dengan begitu, komponen perangkat komputer tidak akan terkena overheat.

Jika Anda memiliki PC standar, maka kemungkinan besar Anda tidak akan bisa melakukan overclocking.

Kelebihan dan kekurangan overclocking

ilustrasi CPU komputer (unsplash.com/Balkouras Nicos)

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari overclocking, simak selengkapnya di bawah ini!

Kelebihan overclocking 

Sudah jelas bahwa overclocking akan membuat komputer bekerja lebih cepat dari biasanya. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, ada banyak komponen yang bisa meningkatkan performa komputer Anda.

Meski begitu, melalui overclocking bisa meningkatkan kemampuan dari perangkat. Misalnya, Anda melakukan overclock pada komputer dengan hardisk SSD, maka performanya akan meningkat dibanding biasanya.

Kekurangan overclocking

Meski dapat meningkatkan kemampuan komputer Anda, tindakan ini juga memiliki kekurangan. Jika Anda melakukan overclock, ini bisa membuat garansi pada komponen komputer menjadi tidak berlaku.

Selain itu, overclock bisa membuat PC Anda lebih panas dari sebelumnya. Jika ternyata Anda menggunakan pendingin yang tidak tepat, risikonya adalah CPU akan rusak permanen.

Cara overclocking

ilustrasi CPU (unsplash.com/Francesco Vantini)

Berikut ini dasar-dasar overclocking di antaranya sebagai berikut:

Memastikan perangkat memiliki sistem pendingin

Pada CPU standar, biasanya pabrik akan menyertakan pendingin dan kipas biasa untuk menghentikan panas yang dihasilkan. Penambahan pendingin bisa berbentuk pendingin aftermarket, sehingga kipas CPU lebih kuat untuk meniup udara panas keluar.

Selain itu, pastikan CPU memiliki ruang yang besar agar udara tidak terperangkap di dalam.

Menggunakan water cooling system

Anda juga bisa menggunakan water cooling system, memang ini memiliki harga yang lebih mahal. Namun, opsi ini dinilai aman daripada tidak menggunakannya sama sekali.

Overclock BIOS

Anda bisa meningkatkan clock rate CPU atau voltage melalui BIOS komputer. Tingkatkan sedikit demi sedikit sampai stabil.

Anda bisa menggunakan software Prime95 untuk mengetahui ruang penggunaan RAM serta suhu komputer, sehingga Anda bisa mengetahui pendinginan yang digunakan sudah tepat atau belum.

Itulah tadi artikel mengenai apa itu overclocking. Pastikan untuk menimbang kelebihan dan kekurangan dari tindakan ini. 

Related Topics

OverclockingKomputer

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI