7 Aplikasi Cek Plagiarisme, Penulis Wajib Tahu!

Pastikan karya Anda orisinal, ya!

7 Aplikasi Cek Plagiarisme, Penulis Wajib Tahu!
ilustrasi menggunakan aplikasi cek plagiarisme (unsplash.com/Justin Morgan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Aplikasi cek plagiarisme sangat dibutuhkan oleh para penulis. Aplikasi ini sangat penting bagi Anda para mahasiswa atau yang bekerja di dunia tulis-menulis.

Plagiarisme merupakan suatu tindakan menyalin, baik sengaja atau tidak, satu dua kalimat atau lebih dan akan menimbulkan konsekuensi serius. Oleh sebab itu, aplikasi cek plagiarisme ini dapat membantu Anda untuk memastikan orisinalitas karya tulis.

Berikut sejumlah aplikasi cek plagiarisme yang bisa Anda gunakan, simak selengkapnya!

1. Dupli Checker

ilustrasi Dupli Checker (dok. Dupli Checker)

Aplikasi cek plagiarisme pertama adalah Dupli Checker. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana, sehingga mudah untuk digunakan.

Dupli Checker memiliki akurasi yang tinggi untuk pengecekan dokumen. Sayangnya, aplikasi ini hanya memperbolehkan pengecekan satu dokumen gratis saja. Untuk selanjutnya, Anda akan diarahkan ke versi berbayar.

2. Turnitin

ilustrasi Turnitin (dok. Turnitin)

Aplikasi cek plagiat yang cukup populer lainnya adalah Turnitin. Nantinya, Turnitin akan memindai hasil tulisan Anda dan dibandingkan dari berbagai sumber, baik buku, artikel, hingga situs internet lainnya.

Namun, aplikasi ini tidak bisa digunakan sembarangan. Biasanya, Turnitin bekerja sama dengan institusi tertentu. Jadi, untuk menggunakannya, Anda bisa menanyakan ke pihak sekolah maupun kampus.

3. PaperRater

ilustrasi PaperRater (dok.PaperRater)

Bagi yang ingin mengecek orisinalitas dokumen dengan level akurasi yang tinggi, Anda bisa menggunakan PaperRater.

Selain cek plagiarisme, PaperRater juga dapat membantu Anda untuk mengecek grammar. Nantinya, aplikasi ini akan menyarankan kosakata baru yang sesuai dengan tulisan Anda.

Aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 140 negara. Apakah Anda tertarik ingin mencobanya?

4. Grammarly

ilustrasi Grammarly (dok. Grammarly)

Grammarly memiliki fitur cek plagiarisme yang bisa Anda gunakan untuk mengecek orisinalitas karya tulis. Aplikasi ini juga menyediakan versi gratis dan berbayar.

Seperti PaperRater, Anda juga bisa menggunakan Grammarly untuk memeriksa struktur grammar karya tulis berbahasa Inggris. Bahkan, keakuratan Grammarly lebih tinggi dibanding PaperRater.

5. SmallSEOTools

ilustrasi SmallSEOTools (dok. SmallSEOTools)

Rekomendasi aplikasi cek plagiarisme lainnya yang bisa Anda gunakan adalah SmallSEOTools. Melalui fitur Plagiarism Checker, Anda bisa memeriksa orisinalitas karya tulis.

Anda tidak perlu menyalin kata yang ada dokumen, cukup meng-upload dokumen tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah dokumen dari Google Drive.

6. Plagiarisma

ilustrasi Plagiarisma (dok. Plagiarisma)

Plagiarisma menjadi aplikasi yang patut dicoba untuk mengecek plagiarisme dokumen. Aplikasi ini memiliki lebih dari 190 bahasa yang bisa digunakan.

Aplikasi Plagiarisma juga tersedia dalam bentuk plugin yang bisa Anda tambahkan pada browser, seperti Firefox maupun Chrome. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda bisa mengecek dokumen dengan cara mengunggah dokumen maupun URL.

7. Scribbr

ilustrasi Scribbr (dok. Scribbr)

Rekomendasi aplikasi cek plagiarisme lainnya adalah Scribbr. Aplikasi ini memiliki database yang besar, sehingga keakuratannya tidak perlu diragukan lagi.

Jika menggunakan versi premium, Anda bisa menggunakan fitur live chat yang bisa digunakan untuk berkonsultasi dengan pakar cek plagiarisme.

Itulah tadi sejumlah aplikasi cek plagiarisme yang bisa Anda gunakan. Jangan lupa cek hasil karyamu terlebih dahulu, ya!

Related Topics

PlagiarismeAplikasi

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI