5 Aplikasi Perekam Voice Over Gratis, Hasilkan Audio Jernih

Banyak digunakan untuk mengisi suara video

5 Aplikasi Perekam Voice Over Gratis, Hasilkan Audio Jernih
ilustrasi voice over (unsplash.com/Oleg Sergeichik)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Semakin maju peprkembangan teknologi, kini aplikasi perekam voice over gratis bisa Anda gunakan untuk membuat audio yang jernih dengan beragam kebutuhan. Kebutuhan ini mencakup banyak hal, mulai dari kebutuhan penunjang video pribadi atau digunakan untuk audisi voice over.

Voice over merupakan salah satu industri yang sedang berkembang di Indonesia. Peran voice over, yakni mengisi audio iklan, acara televisi, film, dan elemen-elemen penting dalam sebuah video.

Untuk mendapatkan audio yang jernih, Anda bisa merekam suara di studio rekaman. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika Anda membutuhkan audio dengan cepat dan jadwal studio rekaman sudah penuh?

Anda tidak perlu panik karena ada sejumlah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan rekaman audio yang bagus.

Sebenarnya, terdapat aplikasi rekaman bawaan pada ponsel, tetapi audio yang dihasilkan kurang maksimal dan penuh noise. Untuk itu, tidak disarankan untuk menggunakannya dalam sebuah proyek voice over.

Berikut ini sejumlah aplikasi voice over gratis yang bisa Anda gunakan untuk merekam suara. Mari simak selengkapnya pada artikel ini!

1. Dolby On

ilustrasi Dolby On (dok.dolby)

Aplikasi voice over pertama adalah Dolby On. Tidak hanya bisa merekam audio dengan jernih, aplikasi ini memiliki sejumlah efek canggih yang bisa Anda gunakan, seperti fade in & fade out, de-noiser, dan de-essing. 

Tidak banyak aplikasi perekam suara gratis yang menyediakan efek. Dolby On bisa Anda dapatkan secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store. Silakan mencobanya.

2. ASR Voice Recording

ilustrasi ASR Voice Recording (dok.Google Play)

Aplikasi perekam suara lainnya yang bisa Anda gunakan adalah ASR Voice Recording. Anda bisa mendapatkan audio dalam berbagai format, mulai dari mp3, wav, hingga FLAC.

Selain itu, aplikasi ini dapat terkoneksi dengan cloud storage online, seperti Dropbox dan Google Drive yang tidak memakan ruang penyimpanan di perangkat Anda. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store maupun App Store.

3. Voice Recorder Pro

ilustrasi Voice Recorder Pro (dok.Google Play)

Aplikasi voice over gratis yang tidak kalah bagusnya adalah Voice Recorder Pro. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur menarik, seperti terkoneksi cloud storage, skipping silence track, serta gain yang dapat mengatur sensitivitas microphone.

Hal yang tak kalah menarik dari Voice Recorder Pro adalah memiliki Graphical User Interface yang sangat mudah untuk digunakan. Akan tetapi aplikasi ini hanya tersedia gratis di Google Play Pass.

4. Smart Recorder

ilustrasi Smart Recorder (dok.GooglePlay)

Aplikasi perekam suara pesaing Voice Recorder Pro yang bisa juga Anda coba adalah Smart Recorder. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan mendapatkan rate 4,6 per hari ini (9/1/2023). Fitur yang dimiliki hampir serupa dengan Voice Recorder Pro.

Selain itu, Smart Recorder sering mendapatkan update dari pengembangnya, sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

5. Bandlab

ilustrasi Bandlab (dok.Google Play)

Bandlab memang dikenal menjadi aplikasi pembuat musik, tetapi juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan voice over. Selain itu, Bandlab juga menawarkan 12 channel mixer track, loop, tuner guitar, dan lainnya.

Jika tertarik untuk menggunakan Bandlab untuk merekam suara, Anda cukup menggunakan satu audio track saja dan menambahkan beberapa efek di dalamnya.

Itulah tadi lima aplikasi perekam voice over gratis yang bisa Anda gunakan. Semoga bisa membantu proses perekaman audio Anda.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya