8 Aplikasi Scan Dokumen di HP Gratis, Mudah, dan Praktis!

Mudah dan praktis digunakan.

8 Aplikasi Scan Dokumen di HP Gratis, Mudah, dan Praktis!
ilustrasi dokumen (unsplash.com/Annie Spratt)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Aplikasi scan dokumen sangat dibutuhkan melakukan pengarsipan file dalam bentuk digital atau pdf.

Jika dahulu Anda memindai dokumen dengan menggunakan alat scanner, kini ada banyak aplikasi tersedia secara gratis yang bisa digunakan. Anda bisa memindai dokumen melalui ponsel.

Aplikasi scan pada ponsel tersebut mempermudah pengguna untuk melakukan scan dan membagikan file digital tersebut dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengedit file tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini aplikasi scan dokumen di HP yang bisa Anda gunakan. Simak selengkapnya!

1. Mobile Doc Scanner

Mobile Doc Scanner (dok.google play)

Aplikasi scan dokumen pertama yang bisa Anda gunakan adalah Mobile Doc Scanner. Fitur-fitur di dalam aplikasi ini cukup lengkap dan mudah digunakan.

Selain itu, terdapat navigasi gerakan yang bisa membantu pengguna untuk memfokuskan saat scanning dokumen. Anda juga bisa memilih tata letak halaman atau bentuk ukuran dokumen, seperti tabloid, kartu nama, A5, A4, A3, B5, hingga legal.

2. Genius Scan

Genius Scan (dok. Google Play)

Genius scan merupakan aplikasi scanner yang bisa Anda gunakan untuk memindah dokumen dalam format JPG dan PDF. Aplikasi ini mendukung pemindaian dengan tata letak halaman yakni A5, A4, A3, surat resmi, serta kartu nama.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membuat cadangan serta dapat mengembalikan data secara otomatis. Aplikasi ini bisa digunakan di segala tipe perangkat yakni Android, iOS, serta Windows.

3. CamScanner

CamScanner (dok.Google Plya)

CamScanner adalah salah satu aplikasi scan dokumen di HP paling populer. Kemudahan dalam penggunaannya menjadi salah satu daya tarik dari aplikasi ini. Aplikasi ini bisa memindahkan file dalam bentuk PDF, kartu nama, kartu ID, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari CamScanner adalah kualitas pemindainya serta dapat mengekstrak teks dari gambar. Selain itu, terdapat fitur search yang dapat membantu Anda untuk mencari dokumen.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung beragam layanan penyimpanan online, seperti Google Drive, Box, Dropbox, Evernote, dan OneDrive. Tersedia untuk perangkat iOS maupun Android.

4. Handy Scanner

Handy Scanner (dok.Google Play)

Aplikasi scan dokumen di HP yang bisa Anda gunakan adalah Handy Scanner. Aplikasi ini dapat memindai dokumen dengan kualitas yang baik.

Anda bisa memindah dokumen dalam jumlah banyak dengan menggunakan fitur batch scan yang tersedia pada Handy Scanner. Anda juga bisa memindah file yang telah di scan ke dalam Google Drive dan layanan cloud lainnya.

5. Adobe Scan

Adobe Scan (dok.Google Play)

Aplikasi scanning lainya yang bisa Anda gunakan pada ponsel adalah Adobe Scan. Aplikasi ini tersedia di perangkat Android dan iOS.

Anda juga bisa mengedit file yang telah di-scan, memasukkan tanda tangan, atau menambah keterangan lainnya pada dokumen.

6. TurboScan

TurboScan (dok.google play)

TurboScan merupakan aplikasi pemindai yang memiliki fitur SureScan3x, dimana Anda bisa memindai tiga gambar dari halaman yang sama dengan kualitas yang tinggi.

Aplikasi ini akan memindai dokumen dalam berbagai format, seperti JPG, PNG, PDF, dan Cloud Print. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android 4.0 ke atas.

7. Microsoft Office Lense

Microsoft Office Lense (dok.Google Play)

Aplikasi lainnya yang patut Anda coba adalah Microsoft Office Lense. Anda bisa menyimpan dokumen dalam beragam format berbeda yakni PDF, Word, hingga PowerPoint. Anda bisa menyimpan hasil scanning ke dalam OneDrive dan OneNote. 

Microsoft Lense memiliki keunggulan yakni mampu memindai setiap teks melalui teknologi OCR, sehingga Anda bisa mencari kata dalam gambar tersebut, mengedit, atau menyalinnya.

8. Fast Scanner

Fastscanner (dok.Google Play)

Fast Scanner bisa memindai dokumen dengan sangat mudah. Selain itu, aplikasi ini tidak akan memakan ruang penyimpanan karena hanya sebesar 8,40 MB saja.

Ada berbagai fitur lainnya yang bisa Anda temukan pada aplikasi ini, seperti email scanned documents, scan multiple type of documents, serta export to PDF file.

Itulah tadi sejumlah aplikasi scan dokumen di HP yang bisa Anda gunakan. Selamat mencoba, ya!

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan