6 Aplikasi Wajib Windows 10 yang Harus Diinstal

Lakukan upgrade sebelum Januari 2023

6 Aplikasi Wajib Windows 10 yang Harus Diinstal
ilustrasi Windows 10 (dok.bleepingcomputer)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Microsoft menghimbau kepada para pengguna Windows untuk melakukan update ke versi terbaru yakni Windows 10 dan Windows 11. Pasalnya, pada Januari 2023, sistem operasi (OS) Windows 7 dan Windows 8/8.1 tidak akan bisa digunakan lagi.

Windows 10 menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat karena terbilang memiliki tampilan sederhana dan persyaratan perangkat/sistem tidak sesulit dengan Windows 11.

Selain itu, OS Microsoft ini juga mendukung sejumlah aplikasi yang bisa di-instal untuk kebutuhan penggunanya. Jika Anda pengguna OS ini, berikut ini sejumlah aplikasi wajib Windows 10 yang harus dimiliki.

1. VLC Media Player

ilustrasi VLC Media Player (dok.Businesstoday)

Aplikasi wajib Windows 10 yang harus ada pada perangkat komputer adalah VLC Media Player, yakni aplikasi pemutar video terbaik dibanding media lainnya.

Keunggulan dari VLC ini adalah para pengguna bisa menonton video dengan berbagai format, mulai dari file MPEG hingga MKV. Pengguna juga bisa menikmati konten video dalam file ZIP tanpa harus mengekstrak file tersebut.

Tak hanya itu, aplikasi memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mengonversi video ke format lainnya dan gratis untuk digunakan.

2. Google Chrome

ilustrasi browser google chrome (pexels.com/PhotoMIX Company)

Jika Anda mencari web browser terbaik, maka Google Chrome adalah jawabannya. Aplikasi ini sangat populer karena memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan.

Kelebihan dari Google Chrome yakni memiliki fitur untuk melindungi privasi penggunanya dan menjadi web browser tercepat. 

Chrome juga bisa digunakan di segala tipe perangkat, sehingga dapat menyinkronkan kata sandi, bookmark, dan riwayat penjelajahan pada semua perangkat. Web browser ini juga sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya.

3. Malwarebytes

ilustrasi Malwarebytes (dok.malwarebytes)

Aplikasi pemindai virus gratis yang bisa Anda install di Windows 10 adalah Malwarebytes. Meski gratis, aplikasi ini memiliki fitur yang beragam serta mampu memindai segala jenis malware dan menghapusnya. 

Jika Anda ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, Malwarebytes menyediakan versi berbayar atau paket langganan untuk para penggunanya.

4. LibreOffice

ilustrasi LibreOffice (dok.pc)

Aplikasi wajib Windows 10 yang harus dimiliki adalah LibreOffice. Aplikasi ini memiliki tampilan dan fungsi seperti Microsoft Office, yakni untuk pengolahan data, angka, dan lainya.

Jika Anda harus membayar untuk menggunakan Microsoft Office, aplikasi LibreOffice tersedia secara gratis untuk para penggunanya.

LibreOffice memiliki fitur yang sama untuk membantu penggunanya dalam mengolah data atau dokumen. Berikut ini sejumlah aplikasi dari LibreOffice yang setera dengan Microsoft Office, di antaranya:

  • Writer setara dengan Microsoft Word
  • Calc setara dengan Microsoft Excel
  • Impress setara dengan Microsoft PowerPoint
  • Base setara dengan Microsoft Acces.

5. Adobe Photoshop Express

ilustrasi Adobe Photoshop Express (dok.Microsoft)

Aplikasi pengeditan foto gratis yang bisa Anda gunakan di Windows 10 adalah Adobe Photoshop Express. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Anda bisa mengedit foto dengan Adobe Photoshop Express. Mulai dari menambahkan filter, memotong foto, mengedit latar belakang, mengatur kontras, dan lain sebagainya.

6. LightShot

ilustrasi LightShot (dok.lighshot)

Jika Anda mencari aplikasi untuk mengambil tangkapan layar secara penuh (full screenshot), LightShot menjadi aplikasi yang harus Anda sematkan pada perangkat komputer Anda.

Aplikasi ini tersedia gratis dan memiliki fitur yang lengkap. Tidak hanya mengambil tangkapan layar saja, para pengguna juga bisa mengunggah screenshot yang diambil barusan dan mengirimnya kepada orang lain secara online.

Itulah tadi sejumlah aplikasi wajib Windows 10 yang harus ada pada perangkat komputer. Aplikasi di atas kompatibel dengan Windos 10 ke atas. Apabila perangkat Anda masih menggunakan Windows 8 ke bawah, segeralah meng-upgrade-nya ke Windows 10. Anda bisa melakukannya sendiri karena cara install Windows 10 cukup mudah. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba!

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M