15 Cara Mengatasi HP yang Panas dan Ngeheng, Dijamin Ampuh!

Lakukan hal ini saat HP panas.

15 Cara Mengatasi HP yang Panas dan Ngeheng, Dijamin Ampuh!
ilustrasi handphone (unsplash.com/Jae Park)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tidak hanya sekadar alat komunikasi, handphone atau HP sudah menjadi barang yang sangat penting dan dibawa kemana-mana. Berbagai aktivitas bisa Anda kerjakan melalui gawai, mulai dari urusan pekerjaan, pendidikan, perbankan, dan lainnya.

Akan tetapi, penggunaan yang berlebihan akan membuatnya HP menjadi cepat panas. Hal ini bisa membuat performas dari perangkat tidak dapat bekerja secara maksimal. Tentunya ini akan mengganggu aktivitas Anda.

HP yang panas telah menjadi salah satu masalah yang paling sering terjadi. Ada beberapa penyebabnya, mulai dari penggunaan secara terus menerus, hingga spesifikasi ponsel yang kurang mumpuni.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat sejumlah cara mengatasi HP panas. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Cara mengatasi HP panas menggunakan charger asli

Cara mengatasi HP panas adalah menggunakan charger ponsel yang asli. Saat charger HP rusak, beberapa orang memilih untuk membeli charger palsu karena harganya lebih murah.

Namun, hal tersebut yang membuat HP Anda menjadi cepat panas, bahkan baterai ponsel lebih cepat habis.

Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik Anda membeli charger asli. Meski harganya sedikit lebih mahal, tetapi kualitasnya lebih terjamin.

2. Hindari membuka aplikasi bersamaan

Penyebab HP cepat panas karena Anda sering membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Sebaiknya, tutup aplikasi yang sekiranya tidak digunakan, dengan begitu perangkat bekerja menjadi lebih ringan.

3. Mematikan Bluetooth dan GPS saat tidak digunakan

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah HP panas adalah dengan menonaktifkan fitur Bluetooth dan GPS saat tidak menggunakannya. Hal ini karena kedua fitur tersebut membutuhkan koneksi internet dan kinerja yang lebih berat, sehingga ponsel menjadi overheating.

4. Jauhkan dari air

Meski ini tidak masuk akal, tapi ponsel akan menjadi cepat panas karena cipratan air. Air menjadi musuh utama produk elektronik, termasuk ponsel. Jika perangkat terkena air, justru akan membuat kerusakan lebih parah lainnya.

5. Mengecek pengaturan dan penggunaan WiFi

Penggunaan WiFi yang berlebihan dapat membuat ponsel Anda overheating. Hal ini karena aplikasi background akan berjalan otomatis saat terkoneksi pada WiFi.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan Smart Wifi atau WiFi sleeper yang bisa mengontrol kapan menyala dan kapan mati saat tidak digunakan. Cara ini sedikit membantu untuk mengatasi penggunaan WiFi yang berlebihan.

6. Menghapus file sampah di ponsel

Cara mengatasi HP panas adalah dengan membersihkan file sampah pada ponsel secara berkala. Ada berbagai file sampah, seperti cache maupun cookie yang membuat CPU dan RAM ponsel tidak bisa bekerja secara optimal. 

Dengan menghapus file sampah, Anda dapat mengoptimalkan kinerja ponsel dan mengurangi overheating. Ada berbagai aplikasi pembersih yang bisa digunakan, salah satunya adalah Clean Master. Aplikasi ini bisa membantu untuk mendinginkan ponsel dan optimalkan kinerja perangkat.

7. Membersihkan ventilasi  HP

Sering sekali HP dibawa kemana pun dan disimpan di dalam saku baju, saku celana, ataupun ransel. Perhatikan ventilasi ponsel saat Anda menyimpannya karena aliran udara yang tidak baik akan membuat ponsel menjadi cepat panas. Selain itu, simpanlah perangkat di tempat kedap udara dan keluarkan sesekali agar menjaga suhu HP lebih stabil.

8. Memberi jeda penggunaan HP

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberi jeda penggunaan HP, terutama saat Anda menggunakan ponsel untuk streaming atau bermain game.

Hal ini karena pada saat Anda melakukan streaming, ponsel membutuhkan koneksi internet yang kuat, sehingga akan menghabiskan daya ponsel. Dengan begitu, HP lebih cepat panas dan cepat habis.

Sebaiknya, istirahatkan ponsel Anda selama 1–2 jam setelah digunakan untuk gaming maupun streaming. Cara ini akan dapat membuat GPU HO menjadi normal kembali.

9. Mengecek kondisi HP secara berkala

Cara mengatasi HP panas lainnya adalah selalu cek baterai Anda secara berkala, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Apabila baterai Anda rusak atau cepat sekali habis, segera ganti dengan baterai baru. Bisa jadi ponsel Anda overheating karena baterainya rusak.

Hindari meletakkan ponsel di bawah sinar matahari dan tempat tertentu yang bersuhu tinggi. Tempat dengan suhu tinggi juga bisa memengaruhi suhu ponsel.

Saat ponsel dalam keadaan panas, letakkan di tempat yang sejuk beberapa saat. Hindari meletakkan HP di bawah sinar matahari, di atas kasur, maupun bantal. Hal ini justru dapat memperparah kondisi perangkat.

10. Mengaktifkan mode hemat baterai

Agar dapat mengontrol suhu ponsel, Anda bisa mengaktifkan mode hemat baterai pada ponsel. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan ponsel lebih lama.

11. Tidak menggunakan widget dan wallpaper bergerak

Banyak orang yang menggunakan widget dan wallpaper bergerak untuk membuat tampilan ponsel lebih menarik. Akan tetapi, fitur ini justru dapat memperlambat kinerja ponsel yang akhirnya membuat perangkat bisa overheating.

12. Tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya

Cara selanjutnya adalah tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya atau di-charge. Hal ini justru akan HP bekerja lebih ekstra.

Sebaiknya, istirahatkan perangkat saat proses charging berlangsung. Dengan begitu, ponsel tidak akan cepat panas dan pengisian daya lebih maksimal.

13. Nonaktifkan aplikasi yang jarang dipakai

Cara mengatasi HP panas selanjutnya adalah menonaktifkan beberapa aplikasi yang jarang dipakai.

Hal ini karena aplikasi yang terlalu banyak dapat menguras baterai dan menyebabkan ponsel cepat panas. Meski Anda jarang menggunakan aplikasi tersebut, tapi update aplikasi akan tetap berjalan. Selain menyebabkan HP cepat panas, aplikasi tersebut juga memakan memori.

14. Menggunakan aplikasi pendingin HP

Cara selanjutnya untuk mengatasi HP agar tidak mudah panas adalah memasang aplikasi pendingin HP, seperti Device Cooler, Cooler Master, dan lainnya.

Aplikasi tersebut dapat membantu untuk mengurangi panas yang bisa menyebabkan kerusakan pada HP. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan HP lebih nyaman.

15. Mendiamkan HP beberapa saat

Jika dirasa HP mulai memanas, hentikan pemakaian HP. Jangan memainkan HP beberapa saat dan simpan ponsel di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Itulah tadi sejumlah cara mengatasi HP panas yang bisa Anda lakukan. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI