7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget, Mudah Dilakukan!

Harus segera diatasi.

7 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget, Mudah Dilakukan!
ilustrasi kecanduan gadget (pexels.com/Kevin Malik)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Cara mengatasi kecanduan gadget sangat penting untuk diketahui. Kondisi seperti ini bisa menimpa siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Saat ini, gadget memiliki peran yang penting. Berbagai kegiatan bisa Anda lakukan hanya melalui layar ponsel saja, mulai dari urusan pekerjaan, membeli makanan, dan lainnya.

Akan tetapi, jika ini tidak dikelola dengan baik atau terlalu berlebihan akan menimbulkan kecanduan. Anda tidak akan bisa meletakkan gadget jauh dari jangkauan tangan dan menghabiskan banyak waktu menatap layar HP.

Seperti halnya gangguan adiksi obat, adiksi gadget harus segera ditangani. Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan gadget yang bisa Anda lakukan!

1. Menentukan waktu untuk menggunakan ponsel

ilustrasi waktu (unsplash.com/Lukas Blazek)

Cara mengatasi kecanduan gadget pertama adalah menentukan waktu penggunaan ponsel. Anda harus bisa membagi waktu kapan saatnya bermain ponsel dan bersosialisasi dengan dunia luar.

Selain itu, batasi durasi bermain ponsel tersebut. Misalnya, Anda bisa bermain ponsel pada saat jam istirahat makan siang saja mulai dari pukul 10.00–12.00. Kemudian, sebelum tidur mulai dari pukul 20.00–21.00.

2. Pahami tujuan penggunaan ponsel

ilustrasi kecanduan gadget (pexels.com/cottonbro studio)

Tips mengatasi kecanduan ponsel selanjutnya adalah dengan memahami tujuan Anda menggunakan ponsel. Apakah Anda menggunakan ponsel untuk bekerja, bermain game, atau media sosial?

Contoh, Anda menggunakan gadget untuk keperluan pekerjaan saja. Dengan begitu, Anda tidak akan membuka aplikasi lainnya yang tidak berurusan dengan pekerjaan.

3. Membuat alarm atau pengingat

ilustrasi handphone (unsplash.com/Luke van Zyl)

Jika Anda masih merasa kesulitan, cobalah untuk membuat alarm atau pengingat mengenai durasi waktu penggunaan gadget. Cara ini cukup membantu untuk membuat Anda sadar untuk tidak memegang ponsel lagi.

4. Hapus aplikasi yang sering dibuka

ilustrasi media sosial (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Cara mengatasi kecanduan gadget selanjutnya menghapus aplikasi yang sering dibuka atau yang bisa mengalihkan perhatian Anda, seperti aplikasi game atau media sosial.

Memang hal ini bisa membuat Anda merasa hampa dan sedih di awal. Akan tetapi, ini merupakan langkah paling ampuh untuk mengurangi intensitas bermain ponsel.

5. Menggunakan aplikasi pengunci

ilustrasi aplikasi pengunci (unsplash.com/Kenny Eliason)

Langkah selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pengunci yang bisa membantu Anda untuk mengurangi kecanduan bermain gadget. 

Anda bisa mengatur durasi bermain ponsel menggunakan ponsel ini. Setelahnya, aplikasi akan otomatis mengunci ponsel dimana Anda tidak mengaksesnya lagi.

Ada berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan, seperti Flipd, OFFTIME, Freedom, dan lain-lain. Tertarik ingin menggunakannya?

6. Jangan memainkan gadget sebelum menyelesaikan pekerjaan

ilustrasi handphone (pexels.com/George Dolgikh)

Cara mengatasi kecanduan gadget selanjutnya adalah tidak memainkan ponsel sebelum menyelesaikan pekerjaaan. Hal kecil seperti ini akan sangat membantu Anda untuk mengatasi menatap ponsel terlalu lama.

7. Menggunakan fitur auto-responder teks

ilustrai Whatsapp (unsplash.com/Christian Wiediger)

Anda bisa menggunakan fitur auto-responder teks untuk membalas pesan secara cepat. Meski tidak bisa membalas pesan secara maksimal, setidaknya fitur memberi tahu kepada pemberi pemberi pesan bahwa Anda sedang sibuk dan akan membalasnya nanti.

Itulah tadi sejumlah cara mengatasi kecanduan gadget yang bisa dicoba. Semoga informasi di atas membantu dan selamat mencoba!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?