7 Cara Mengatasi WiFi Terhubung, Tapi Tidak Ada Internet

Jaringan internet tidak terhubung? Begini cara atasinya.

7 Cara Mengatasi WiFi Terhubung, Tapi Tidak Ada Internet
ilustrasi WiFi (unsplash.com/Brett Jordan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Cara mengatasi WiFi terhubung tidak ada internet sebenarnya cukup mudah. Anda tidak perlu panik bila mengalami kondisi ini. Kejadian tersebut juga pernah dialami oleh sejumlah pengguna lainnya.

Saat ini, sejumlah pekerjaan bisa dilakukan dan diselesaikan secara online. Tentunya, laptop Anda harus terkoneksi dengan jaringan internet. Akan tetapi, saat WiFi tersambung ke perangkat, malah tidak ada internet.

Kondisi ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada perangkat laptop atau PC saja. Bisa terjadi pada perangkat lainnya, seperti ponsel, tablet, hingga smart TV.

Adapun penyebab internet tidak terhubung pada perangkat cukup beragam. Bisa diakibatkan adanya kesalahan pada sistem WiFi, perangkat, dan lain sebagainya.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, berikut ini sejumlah cara mengatasi WiFi terhubung tidak ada internet. Mari simak selengkapnya!

1. Mencoba para perangkat lain

Jika perangkat Anda tidak ada internet, cobalah untuk menghubungkannya pada perangkat lainnya. Bila WiFi berhasil terhubung di perangkat lain tersebut, bisa jadi ada permasalahan pada perangkat yang ingin digunakan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan restart.

2. Lakukan restart

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada internet adalah dengan melakukan restart pada perangkat tersebut. Jaringan internet yang tidak muncul pada perangkat bisa disebabkan adanya permasalahan pada sistem perangkat Anda.

Dengan melakukan restart, hal tersebut bisa memperbarui operasional sistem dari awal. Anda juga dapat mematikan dulu perangkat yang ingin digunakan, kemudian nyalakan kembali. Anda juga bisa menekan tombol restart jika tersedia.

3. Mengaktifkan mode airplane

Jika cara setelahnya tidak berhasil, Anda bisa mengaktifkan mode airplane atau mode pesawat untuk beberapa saat. Setelahnya, Anda bisa menonkatifkan mode tersebut dan mencoba sambungkan lagi perangkat ke WiFi.

Cara tersebut bisa melakukan pembaruan koneksi internet pada perangkat Anda.

4. Lakukan restart modem

Penyebab lain internet tidak terhubung ke perangkat bisa disebabkan permasalahan pada modem dalam menangkap sinyal internet.

Untuk mengulang koneksi sistem operasional modem, lakukan restart pada perangkat tersebut. Dengan begitu, jaringan internet bisa tersambung kembali.

5. Aktifkan fitur forget WiFi

Anda bisa menonaktifkan sambungan WiFi dengan mengaktifkan fitur Forget WiFi pada perangkat Anda. Hal ini bisa memberikan penyegaran dari sumber WiFi yang pernah digunakan.

Setelahnya, Anda bisa menghubungkan kembali seperti pertama kali mengkoneksikan perangkat dengan sumber WiFi tersebut.

6. Memeriksa pengaturan perangkat

Jangan lupa untuk memeriksa pengaturan perangkat Anda. Hal ini bertujuan agar akses WiFi sudah terpasang atau belum.

Pada perangkat ponsel, pastikan mode airplane telah dinonaktifkan. Untuk pengguna laptop, cek kembali apakah driver ethernet sudah sesuai atau belum.

7. Menghubungi penyedia layanan internet

Jika semua cara di atas telah dicoba tapi internet tetap tidak ada, maka anda bisa untuk membuat laporan keluhan pengguna kepada penyedia jasa layanan internet. Nantinya, tim tersebut akan menyelidiki dan memperbaiki sistem internet.

Itulah tadi cara mengatasi WiFi terhubung tidak ada internet. Selamat mencoba, ya!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang