8 Cara Meningkatkan Keamaan Siber untuk Bisnis

Lindungi data sensitif perusahan dengan cara ini.

8 Cara Meningkatkan Keamaan Siber untuk Bisnis
ilustrasi meningkatkan keamanan siber (unsplash.com/Sigmund)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa cara meningkatkan keamanan siber untuk bisnis Anda. Hal ini sangat penting untuk menghindari ancaman yang bisa menyerang perusahaan dan memicu kerugian besar nantinya.

Tak dapat dipungkiri, penggunaan internet sangat banyak digunakan dalam perusahaan untuk mempermudah pekerjaan, baik untuk menyimpan data atau akses komunikasi.

Sebuah perusahaan harus memiliki keamanan siber yang bisa diandalkan. Jika tidak, jaringan perusahaan akan mudah diretas dan mempermudah oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan digital atau cyber crime. Ancaman siber ini pun cukup beragam, yakni mulai dari pencurian data, penyebaran malware, dan lainnya. 

Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini delapan cara meningkatkan keamanan siber yang harus dilakukan untuk keberlangsungan perusahaan Anda.

1. Melindungi aset perusahaan dengan konfigurasi yang baik

ilustrasi 2FA (unsplash.com/Ed Hardie)

Para pelaku selalu berusaha untuk mencari celah keamanan jaringan Anda agar bisa masuk ke dalam sistem, baik dari router, firewall, atau perangkat teknologi lainnya. Jika peretas berhasil masuk, ia bisa mengacaukan sistem dan mencuri informasi perusahaan.

Untuk itu, pastikan data perusahaan Anda memiliki konfigurasi yang baik. Lakukanlah pembaruan software secara berkala dan buatlah kata sandi yang kuat dengan bantuan password generator.

2. Menggunakan VPN untuk alur koneksi

ilustrasi VPN (pexels.com/Stefan Coders)

Cara meningkatkan keamanan siber adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Sebuah layanan yang memungkinan pengunanya untuk bisa mengakses internet menggunakan server jaringan secara pribadi. 

Jaringan VPN sangat sulit untuk ditembus oleh para penyerang karena jaringan tersebut memiliki sistem yang terlindungi. Penggunaan VPN juga banyak digunakan oleh perusahaan untuk melindungi sejumlah data sensitif.

3. Mencadangkan data secara berkala

ilustrasi mencadatangkan data (unsplash.com/Brina Blum)

Cara meningkatkan keamanan siber lainnya adalah dengan mencadangkan data secara rutin. Kejahatan siber tidak bisa diprediksi kapan akan menembus dan menyerang sistem. Untuk itu, Anda harus bersiap-siap melindungi bisnis Anda dari sekarang. 

Memang, hal ini tidak berhubungan langsung dengan keamanan siber. Akan tetapi, ini merupakan salah satu langkah yang membantu dalam pemulihan data jika terjadi serangan secara tiba-tiba.

4. Melakukan pengujian keamanan secara rutin

ilustrasi program keamanan (unsplash.com/Franck)

Untuk memastikan jaringan memiliki sistem yang baik, lakukan pengujian keamanan secara berkala. Ini merupakan cara jitu untuk meningkatkan keamanan siber untuk bisnis. Ada beberapa pengujian yang bisa Anda lakukan, seperti pengujian celah keamanan, penetrasi sistem, dan lain-lain.

Perkembangan teknologi akan dibarengi dengan tingkat kejahatan siber yang terus terbarui. Untuk itu, pastikan perusahaan Anda melakukan sistem pengujian ini secara berkala.

5. Program pendeteksi ancaman

ilustrasi hacker (unsplash.com/ Mika Baumeister)

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan program antivirus yang bisa mendeteksi potensi bahaya yang masuk. Pastikan software yang Anda miliki memiliki kelebihan untuk mendeteksi ancaman yang jauh lebih komprehensif dan baik.

6. Melatih pegawai

ilustrasi melatih pegawai (unsplash.com/Scott Graham)

Hal yang tak kalah pentingnya untuk meningkatkan keamanan siber adalah dengan memberikan pelatihan untuk mendeteksi serangan siber dan cara menghindarinya. 

Contohnya, tidak sembarangan mengklik tautan dari email yang tidak dikenal, tidak menghubungkan perangkat pada jaringan WiFi asing, dan lain-lain.

7. Memperbarui perangkat komputer

ilustrasi layar laptop (unsplash.com/Dell)

Selain memperbarui software yang bisa mendeteksi ancaman siber, hal yang harus dilakukan juga adalah memperbarui perangkat komputer atau hardware Anda secara berkala.

Hal ini karena beberapa software terbaru hanya bisa diinstall di beberapa komputer dengan spesifikasi tertentu.

8. Tidak memberikan akses informasi pribadi

ilustrasi pola keamanan HP (unsplash.com/ Dan Nelson)

Para peretas biasanya akan mencari celah dengan melakukan rekayasa sosial atau social engineering. Ini adalah suatu kondisi di mana penjahat akan mempengaruhi psikologis Anda agar bisa memberikan informasi untuk akses ke sistem. Pastikan Anda tidak memberikan informasi pribadi dengan mudah.

Itulah tadi cara meningkatkan keamanan siber untuk bisnis yang bisa Anda coba. Penting bagi sebuah perusahaan melindungi data sensitifnya guna meminimalisir risiko dan ancaman yang bisa saja terjadi. Semoga informasi ini membantu Anda.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M