FYP Adalah: Cara Viral di TikTok 2022 dengan Mudah!

Lakukan hal ini agar video Anda muncul di beranda.

FYP Adalah: Cara Viral di TikTok 2022 dengan Mudah!
ilustrasi bermain TikTok (pexels.com/Ron Lach)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

For Your Page atau FYP adalah istilah yang saat ini banyak digunakan saat ini, khususnya kalangan muda.

Kata ini sering muncul di antara pengguna media sosial, terutama TikTok. Selain itu, FYP seringkali dijadikan tagar atau caption pada postingan pada TikTok agar menjadi viral.

Lantas, apa itu FYP? Bagaimana cara FYP di TikTok? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Pengertian FYP

ilustrasi TikTok (pexels.com/Cottonbro)

FYP adalah sebuah singkatan dari For Your Page yang memiliki arti 'postingan yang akan tampil pada halaman utama pengguna TikTok'. Apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, For Your Page berarti 'untuk halaman Anda'.

Pada aplikasi TikTok, FYP sangat membantu untuk menampilkan beberapa video rekomendasi sesuai dengan minat dan ketertarikan konten video pengguna.

Misalnya, Anda sering melihat video orang dance cover di TikTok, otomatis beranda atau home TikTok yang muncul adalah video orang yang sedang dance cover.

Bila Anda senang dan sering menonton video tutorial memasak, maka TikTok akan terus memunculkan video memasak pada halaman beranda Anda. Adapun video FYP tidak muncul asal-asalan, tapi sesuai dengan kurasi algoritma pihak TikTok.

Bagaimana cara FYP di TikTok?

ilustrasi aplikasi TikTok (unsplash.com/Aaron Weiss)

Apabila Anda berkecimpung di dunia content creator dan ingin agar video Anda masuk dalam daftar FYP, berikut ini beberapa cara FYP di TikTok:

1. Menggunakan musik populer

Apabila Anda membuat video konten, sebaiknya gunakanlah musik yang sedang populer atau digandrungi oleh semua kalangan. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan kemungkinan konten Anda masuk dalam daftar FYP.

2. Kualitas video

Cara FYP di TikTok adalah memperhatikan kualitas video yang di-upload. Pastikan video tersebut jernih, original, autentik dan eye catching. Hal ini yang membuat video Anda memiliki nilai lebih dibanding video pengguna lainnya.

3. Caption yang menimbulkan penasaran

Caption memiliki peran penting karena memperjelas konten yang sedang dibuat. Tulislah caption yang setidaknya membuat penonton penasaran untuk membacanya. Ini bisa membuat penonton penasaran ingin melihat video yang telah diunggah.

Pastikan caption yang ditulis relevan dengan isi konten tersebut, ya.

4. Menggunakan hashtag

Cara FYP di TikTok selanjutnya adalah menggunakan hashtag yang berpotensi mendatangkan traffic.

Anda bisa mengamati dahulu konten yang sedang trending. Kemudian, buatlah hashtag yang sesuai dengan konten tersebut. Anda juga bisa menuliskan hashtag yang sedang ramai digunakan.

Minimal, tuliskan 3 hashtag pada satu konten video Anda. Beberapa orang juga menuliskan hashtag FYP agar video mereka masuk dalam barisan FYP.

5. Mengikuti challenge terbaru

Dalam media sosial, ada beberapa challenge yang ramai dilakukan, seperti TikTok dance challenge. Melalui tantangan tersebut, Anda bisa mengikuti dance yang sedang populer saat itu. Hal ini dapat membantu video Anda masuk FYP di TikTok.

6. Mengunggah video pada jam ramai

Cobalah untuk mengunggah konten video Anda pada saat jam ramai TikTok atau TikTok Prime Time. Biasanya, jam ramai TikTok antara lain:

  • Siang hari pukul 12.00-13.00 WIB
  • Sore hari pukul 16.00-17.00 WIB
  • Malam hari pukul 19.00-23.00 WIB

7. Kolaborasi dengan pembuat konten lain

Anda akan menemukan berbagai content creator TikTok yang lebih dahulu telah masuk dalam FYP. Tidak ada salahnya untuk mencoba kolaborasi dengan mereka sesama pembuat konten. Hal ini sangat efektif untuk mendatangkan traffic.

Perlu diperhatikan, dalam berkolaborasi Anda harus memilih cretaor yang sesuai dengan konten Anda pula. Misalnya, Anda membuat video review makanan, maka pilihlah creator yang sama niche-nya dengan Anda.

Siap Masuk FYP di TikTok?

ilustrasi TikTok (unsplash.com/Collabstr)

FYP adalah rekomendasi video dari pihak TikTok yang muncul pada beranda pengguna. Itulah tadi beberapa cara FYP di TikTok 2022. Semoga artikel ini bisa membantu Anda

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pacu Dana Murah, CASA BTN Capai 50,1%
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang