Google AdSense: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Cara sederhana menghasilkan uang dari internet.

Google AdSense: Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya
ilustrasi uang (unsplash.com/Viacheslav Bublyk)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

AdSense adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Anda bisa memperolehnya melalui layanan Google AdSense.

Banyak sekali contect creator maupun pemilik website yang mencoba peruntungannya untuk mendapatkan pendapatan melalui internet.

Cara kerja Google AdSense sendiri sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, bagi Anda yang belum pernah memanfaatkan layanan ini, tentu akan sangat membingungkan.

Simak selengkapnya dalam artikel ini, cara kerja Google Adsense yang membuat Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan secara online.

Pengertian Google Adsense

ilustrasi AdSense (unsplash.com/rawpixel)

Google AdSense adalah sebuah program periklanan dari Google melalui iklan yang terpampang pada situs pengguna. Adapun cara kerja dari layanan ini berdasarkan Cost Per Click (CPC).

Banyak sekali para pemilik situs di seluruh dunia yang menggunakan layanan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dilansir laman resmi Google (24/10/2022), AdSense merupakan salah satu cara bagi pengguna untuk mendapatkan uang dari konten yang telah dibuat. 

Iklan yang ditampilkan dapat berupa teks, foto, maupun video yang akan ditempel pada situs Anda. Pihak Google AdSense akan menayangkan iklan sesuai dengan konten situs dan pengunjung Anda.

Google akan membaca melalui cache serta history dari aktivitas pengguna internet tersebut. Apabila pengunjung tersebut memiliki riwayat produk fashion, maka iklan yang akan tampil akan berkaitan dengan produk tersebut.

Biasanya, iklan yang tampil dibayar oleh pengiklan dengan tujuan untuk mempromosikan produk mereka. Melalui layanan ini, produk audiens yang dijangkau akan lebih akurat.

Namun, perlu untuk diingat bahwa setiap pengiklan membayar iklan dengan harga yang berbeda-beda. Hal ini membuat jumlah uang yang Anda miliki dari setiap iklan juga akan tidak sama semuanya.

Perbedaan antara AdSense dan Google Ads

Google AdSense ditujukan bagi Anda yang mengelola situs, blog, maupun forum yang ingin Anda memonetisasi. Iklan akan muncul pada laman produk digital Anda.

Sedangkan, Google Ads diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengiklankan produk atau layanan bisnis Anda agar konten tersebut sebagai iklan di berbagai website dan SERP (Search Engine Results Page).

Cara kerja Google AdSense

ilustrasi Google AdSense (freepik.com/rawpixel)

Mengutip laman resminya, terdapat tiga cara kerja Google AdSense untuk menghasilkan uang dari iklan, antara lain:

1. Menyiapkan ruang iklan

Hal yang harus Anda lakukan pertama adalah menyiapkan ruang iklan terlebih dahulu pada situs Anda. Apakah Anda ingin meletakkannya di bagian header, tengah artikel, footer, maupun di sidebar.

Pada proses ini, Anda membutuhkan kode iklan berbentuk script yang sebelumnya telah dibuat dan memasukkannya melalui HTML editor. Iklan akan muncul secara otomatis pada bagian ruangan tersebut.

2. Iklan berbayar paling tinggi akan muncul

Ada banyak pengiklan yang menggunakan Google Ads sebagai layanan pengiklan dengan harga yang bervariatif. 

Iklan dengan biaya terendah akan muncul secara bergantian di situs Anda. Akan tetapi, iklan dengan harga tertinggi yang akan menjadi prioritas lebih untuk ditunjukkan terlebih dahulu.

3. Mendapatkan bayaran

Google AdSense akan menangani proses penagihan pada semua pengiklan yang tampil pada situs. 

Anda akan mendapatkan uang apabila iklan diklik dan dibuka oleh pengunjung. Adapun jumlah uang yang didapatkan beragam, disesuaikan dengan persaingan bid dan jenis produk tersebut.

Kelebihan Google AdSense

ilustrasi jasa pembuatan website (pexels.com/Christina Morillo)

AdSense adalah cara sederhana untuk mendapatkan uang dari layanan Google. Berikut ini adalah kelebihan Google AdSense dibanding jaringan iklan lainnya:

1. Tampilan iklan lebih relevan

Pihak Google akan menampilkan iklan yang relevan dengan konten dan target pengguna Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih posisi iklan, ukuran, dan format iklan yang akan tampil. Pengguna juga bisa memblokir kategori iklan tertentu.

2. Akses ke pengiklan lebih mudah

Anda tidak perlu untuk menghubungi pengiklan, Google AdSense yang akan memberikan akses langsung dan pembayaran otomatis ke Anda. Pengguna situs bisa mendapatkan lebih banyak pengiklan.

3. Alat pelacak performa

Google AdSense dilengkapi dengan alat pelacak performa yang berfungsi untuk mengetahui peluang iklan terbaca.

AdSense adalah salah satu cara sederhana untuk mendapatkan uang di internet dengan memasang iklan di situs. Tertarik untuk memasangkan AdSense di situs Anda?

Related Topics

AdSenseGoogle AdSense

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya