6 Perbedaan Safari dan Google Chrome, Mana Lebih Unggul?

Terlihat sama, tetapi nyatanya berbeda

6 Perbedaan Safari dan Google Chrome, Mana Lebih Unggul?
ilustrasi google chrome (unsplash.com/Firmbee.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah perbedaan Safari dan Google Chrome yang perlu Anda ketahui. Hal ini penting agar Anda dapat memilih browser yang tepat untuk mendukung produktivitas Anda.

Seperti yang diketahui, Safari dan Google Chrome merupakan aplikasi browser yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi di internet. Safari merupakan browser default untuk perangkat Apple, sedangkan Google Chrome lebih familier untuk pengguna Android dan Windows.

Kedua browser ini cukup populer digunakan oleh pengguna internet. Meski begitu, baik Safari maupun Google Chrome memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Lantas, apa perbedaan Safari dan Google Chrome? Dilansir dari berbagai situs, berikut enam perbedaan dari kedua browser tersebut.

1. Performa dan kecepatan

Perbedaan Safari dan Google Chrome pertama terletak pada performa dan kecepatan. Safari kerap mengungguli Chrome perihal kecepatan dan efisiensi baterai. Anda bisa menjelajah internet lebih lancar dan masa baterai lebih lama untuk digunakan.

Chrome juga meningkatkan performa dan kinerjanya secara signifikan dari waktu ke waktu. Sayangnya, browser ini membutuhkan banyak sumber daya, terutama untuk perangkat lama. 

2. Sistem operasi

Safari hanya terbatas pada sistem operasi Apple saja, yakni iOS, iPadOS dan macOS. Sedangkan, Google Chrome kompatibel untuk berbagai sistem operasi, seperti Windows, Android, iOS dan Linux.

3. Integrasi layanan

Safari merupakan web yang diintegrasikan untuk perangkat Apple. Jadi, layanan ini memang sudah diintegrasi dan sinkronisasi tanpa batas dengan layanan Apple lainnya. 

Lain halnya dengan Chrome yang sinkronisasi dengan layanan Google lainnya, seperti Google Kalender, Youtube, G-Suite, Google News, Google Foto, dan masih banyak lagi. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

4. Keamanan 

Perbedaan Safari dan Google Chrome dari segi keamanan. Safari dianggap lebih aman dibandingkan Google Chrome. Hal ini karena Safari memiliki fitur yang dapat memperingatkan Anda jika mengunjungi situs web yang tidak aman.

Google Chrome juga berfokus pada keamanan melalui fitur Safe Browsing dan automatic updates. Selain itu, Anda bisa menjelajah tanpa perlu memberikan informasi pribadi.

5. Privasi

Safari memberikan perlindungan privasi lebih baik dibandingkan Google Chrome. Dimana memblokir situs dan mencegah pengiklan untuk mengumpulkan data pengguna. Anda juga bisa menggunakan tab penyamaran untuk keamanan yang lebih.

Anda juga bisa menggunakan fitur Sembunyikan Email Saya dan membuat alamat email acak yang akan masuk ke kotak masuk tanpa mengungkapkan alamat email Anda yang sebenarnya. Anda juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa menghubungi Anda.

Google Chrome juga menawarkan kontrol privasi kepada penggunaannya. Akan tetapi, Chrome mengumpulkan sebagian besar data pengguna untuk meningkatkan layanan. Hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran pengguna akan privasinya.

6. Ekstensi

Safari menyediakan banyak ekstensi yang bisa digunakan oleh pengguna. Akan tetapi, hal ini dapat menimbulkan masalah privasi. Begitu pula dengan Chrome yang memiliki beberapa opsi ekstensi. Akan tetapi, hal ini dapat mengurai baterai dan memakan RAM lebih banyak.

Browser mana yang lebih baik untuk iPhone dan Mac?

ilustrasi Safari (dok.apple)

Sebenarnya, memilih browser antara Safari dan Google Chrome tergantung dari prioritas dan preferensi Anda.

Safari sangat ideal bagi Anda yang terintegrasi dengan layanan Apple lainnya. Selain itu, browser ini juga memberikan perlindungan privasi yang kuat dan kinerja yang optimal. Akan tetapi, Safari hanya terbatas digunakan untuk perangkat Apple saja.

Lain halnya dengan Google Chrome yang bisa digunakan di sistem operasi yang lebih beragam. Selain itu, terdapat ekstensi dan fitur tambahan yang bisa membantu produktivitas Anda. 

Itulah tadi sejumlah perbedaan Safari dan Google Chrome. Kedua browser tersebut akan memberikan pengalaman menjelajah internet yang memuaskan untuk Anda.

Related Topics

SafariChromeBrowser

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Hobi Melancong Usai Pandemi, Makau Lirik Potensi Wisatawan RI
Ace Hardware Kantongi Penjualan Rp1,99 Triliun di Kuartal I 2024
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
Libur Panjang, Penumpang Whoosh Naik hingga 28%
Tambah 2 Tanker Raksasa, PIS Terus Berinovasi
OJK Cabut Izin Usaha Tanihub, Bagaimana Nasib Pengguna?