7 Rekomendasi Set Top Box Terbaik untuk TV Digital

Perangkat penting untuk TV Digital.

7 Rekomendasi Set Top Box Terbaik untuk TV Digital
ilustrasi TV Digital (unsplash.com/Piotr Cichosz)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada tujuh rekomendasi set top box (STB) yang bisa Anda gunakan untuk peralihan dari siaran televisi atau TV analog ke TV digital. 

Sebagaimana diketahui saat ini pemerintah Indonesia telah menghentikan penayangan TV analog dan meminta kepada masyarakat untuk menonton siaran TV digital.

Untuk itu, bagi Anda yang masih memiliki TV analog, set top box menjadi salah satu alat yang sangat penting. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah dan mengkonversikan sinyal suara dan gambar dari sinyal digital agar bisa tampil pada TV analog.

Saat ini, ada banyak sekali merek STB yang bisa Anda beli secara online maupun offline. Pilihan yang begitu banyak mungkin membuat Anda sedikit bingung untuk memilihnya. 

Berikut ini tujuh rekomendasi set top box terbaik untuk TV digital yang bisa Anda gunakan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Advance STB DVB-T2

ilustrasi Advance STB DVB-T2 (shopee.sg/missleeshop532)

Rekomendasi set top box pertama dari dari produk Advance STB DVB-T2. Harga alat ini sendiri di marketplace adalah sebesar Rp310 ribu. 

Advance STB DVB-T2 memiliki resolusi sebesar 1920x1080 yang menghasilkan kualitas gambar atau video yang akan ditampilkan di TV lebih jernih. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk menambahkan antena UHF atau antena digital outdoor untuk hasil terbaik. Penggunaan antena outdoor ini dapat membantu menangkap sinyal digital yang belum terlalu merata di seluruh wilayah Indonesia.

Perangkat ini meningkatkan pengalaman Anda dalam menonton TV karena adanya berbagai fitur, seperti daftar favorit, pencarian otomatis, time shift. Selain itu, terdapat fitur parental control yang dapat membantu untuk membatasi anak agar hanya bisa mengakses tontonan yang sesuai dengan usianya.

Selain itu, set top box untuk TV digital ini memiliki port USB, AV, HDMI, dan ada versi WiFi. Anda juga akan mendapatkan 1 unit remote control, 1 unit STB 1080P DVB-T2, 1 unit kabel AV, dan 1 unit buku panduan.

2. MATRIX Apple DVB-T2 HD

ilustrasi MATRIX Apple DVB-T2 HD (dok.matrixparabola)

MATRIX Apple DVB-T2 HD adalah set top box populer di pasaran karena menghasilkan suara yang jernih dan kualitas gambar hingga 1.080 pixel. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau, yakni Rp210ribu. 

Selain membantu peralihan TV analog ke TV digital, produk MATRIX ini juga memfasilitasi Anda untuk menonton YouTube dan YouTube Kids melalui IPTV. Akan tetapi, untuk fasilitas IPTV ini hanya bisa diakses melalui bantuan jaringan internet.

3. EVINIX Set Top Box H-1

ilustrasi EVINIX Set Top Box H-1 (shopee.co.id/virzhaahmad)

Rekomendasi set top box terbaik lainnya datang dari EVINIX Set Top Box H-1. Memiliki kemampuan menangkap sinyal melalui antena UHF dan VHF. Untuk harga, set top box ini dibanderol Rp213.900 di marketplace.

Kelebihan dari produk EVINIX ini adalah fitur MeeCast TV, sehingga Anda bisa memutar konten multimedia di ponsel ke layar TV.

4. GOLDSAT Revo DVB T2

ilustrasi GOLDSAT Revo DVB T2 (shopee.co.id/nackleshop)

GOLDSAT Revo DVB T2 membuat Anda bisa menikmati saluran TV online maupun YouTube. Harga set top box ini adalah Rp161 ribu. 

Untuk penggunaanya, Anda membutuhkan antena TV UHF. Selain itu, tersedia port USB yang memungkinan Anda untuk memasang penangkap sinyal WiFi di sana.

5. POLYTRON Set Top Box Digital DVB T2 – PDV 600T2

ilustrasi POLYTRON Set Top Box Digital DVB T2 (dok.Polytron)

Dengan harga Rp250 ribu, Anda bisa menonton acara kesayangan dengan stabil. Selain itu, set top box yang menggunakan tangkapan antena UHF ini bisa digunakan di semua jenis dan merek TV.

6. TANAKA DVB T2 New

ilustrasi TANAKA DVB T2 New (dok.Tanaka)

Rekomendasi set top box terbaik untuk TV digital selanjutnya adalah TANAKA DVB T2 New. Harga produk ini sendiri adalah Rp170 ribu.

Menggunakan perangkat ini menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan membuat pengalaman menonton Anda jadi lebih mengasyikkan. Selain itu, TANAKA DVB T2 New juga bisa Anda gunakan untuk merekam siaran TV dan menonton YouTube. 

7. EVERCOSS STB Pro

ilustrasi EVERCOSS STB Pro (dok.evercoss)

Set top box dari EVERCOSS STB Pro memungkin Anda untuk menonton siaran secara online, dengan bantuan jaringan WiFi.

Dengan set top box Rp299 ribu, Anda sudah bisa menonton televisi dengan kualitas gambar beresolusi tinggi. Selain itu, produk EVERCOSS ini juga dilengkapi dengan porta USB dan kabel HDMI.

Itulah tadi tujuh rekomendasi set top box terbaik untuk TV digital. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia
Bisnis Otomotif dan Alat Berat Lesu, Laba Bersih Astra Turun 14,3%