8 Tips Keamanan M-banking Saat Betransaksi, Lindungi Akun Anda

Lindungi akun Anda dari modus kejahatan bobol m-banking.

8 Tips Keamanan M-banking Saat Betransaksi, Lindungi Akun Anda
ilustrasi mobile banking (unsplash.com/tech daily)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat 7 tips keamanan m-banking (mobile banking) untuk menjaga akun dan transaksi Anda. Saat ini, layanan perbankan sudah berbasis aplikasi mobile yang memudahkan para nasabah.

Kemudahan ini memungkinkan para pengguna bisa melakukan kegiatan perbankan, seperti transfer, pembayaran, pengecekan saldo dimanapun dan kapanpun.

Akan tetapi, m-banking sangat rentan dengan modus kejahatan, seperti spoofing, phishing, sniffing, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda lupa untuk mengamankan akun Anda saat bertransaksi online.

Berikut ini sejumlah tips keamanan m-banking yang bisa Anda lakukan. Simak selengkapnya!

1. Mengganti password secara berkala

ilustrasi password (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Tips keamanan m-banking yang bisa Anda lakukan adalah mengganti password akun m-banking Anda secara berkala. Hal ini penting untuk menghindari risiko kebocoran data.

Selain itu, harap untuk tidak membagikan password tersebut kepada orang lain, termasuk orang terdekat, seperti keluarga, teman, maupun kerabat.

2. Selalu update aplikasi mobile banking

ilustrasi update aplikasi mobile banking (unsplash.com/NordWood Themes)

Penting bagi Anda untuk selalu update aplikasi mobile banking terbaru. Biasanya, versi terbaru memiliki beberapa fitur tambahan, khususnya sistem keamanan yang melindungi nasabah selama transaksi online berlangsung.

3. Menjaga kerahasiaan data pribadi

ilustrasi data pribadi (unsplash.com/ Arisa Chattasa)

Data-data pribadi, seperti tanggal lahir, nama lengkap, NIK, dan data pribadi lainnya sebaiknya untuk tidak diberitahu oleh orang lain. Hal tersebut untuk mencegah peretasan, mengingat data-data tersebut digunakan saat mendaftar m-banking. Jika Anda menyimpan data tersebut pada ponsel, maka simpanlah perangkat Anda di tempat yang aman.

4. Tidak login pada ponsel orang lain

ilustrasi handphone (unsplash.com/freestocks)

Tips keamanan m-banking selanjutnya adalah selalu login di ponsel sendiri, bukan orang lain. Apalagi jika ingin melakukan transaksi online, lebih baik untuk melakukannya di ponsel Anda.

Jika Anda menggunakan perangkat orang lain, ada kemungkinan data seperti password dan username akan terekam dalam ponsel tersebut. Hal tersebut memicu terjadinya penyalahgunaan.

5. Tidak menggunakan jaringan internet umum

ilustrai WiFi (unsplash.com/Franckinjapan)

Saat Anda bertransaksi online atau membuka m-banking, jangan menggunakan jaringan internet wireless alias WiFi umum. Bisa jadi jaringan internet yang Anda gunakan merupakan pemilik peretas, sehingga pelaku akan mudah masuk ke akun Anda dan mencuri informasi pada aplikasi tersebut. 

6. Tidak menggunakan VPN

ilustrasi VPN (pexels.com/Stefan Coders)

Selain tidak menggunakan WiFi umum, tidak disarankan pula untuk mengaktifkan VPN saat sedang membuka aplikasi m-banking. Hal ini mencegah data Anda akan terbaca saat proses transaksi berlangsung.

7. Selalu mengecek saldo

ilustrasi uang (unsplash.com/Ibrahim Rifath)

Tips aman bertransaksi dengan mobile banking selanjutnya adalah selalu mengecek saldo rekening Anda secara rutin. Apakah saldo yang Anda lihat tidak berubah dengan waktu terakhir kali mengeceknya. 

Anda juga bisa mengecek daftar transaksi yang pernah Anda lakukan. Pastikan jumlah pengeluaran dan pemasukan sesuai dengan nominal saldo tersebut. 

Jika sekiranya terdapat daftar transaksi yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak bank untuk bisa ditelusuri. Bisa jadi, pelaku mengambil dana rekening dengan mengakses akun m-banking Anda. Pihak bank akan memberikan pengarahan dan langkah apa yang sebaiknya harus Anda ambil.

8. Menggunakan fitur autentikasi

ilustrasi 2FA (unsplash.com/Dan Nelson)

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan fitur autentikasi untuk menjaga data keamanan Anda. Setiap transaksi yang ada harus melalui persetujuan Anda terlebih dahulu melalui One Time Password (OTP).

Pelaku akan kesulitan membobol akun m-banking Anda karena tidak memiliki akses lain. Selain itu, proses verifikasi tersebut juga akan memberikan ketenangan bagi Anda. Dengan demikian, tidak ada transaksi yang bisa dilakukan tanpa seizin Anda.

Ingat, jangan pernah membagikan kode OTP kepada pihak lainnya, termasuk kepada petugas bank, seperti teller maupun customer service. Anda harus konsisten menjaga kerahasian tersebut.

Itulah tadi tips keamanan m-banking yang bisa Anda lakukan. Jangan pernah membagikan data pribadi Anda kepada orang lain, termasuk kerabat terdekat. Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya
Antipasi Kasus Kecelakaan Terulang, Kemenhub Akan Atur Jual-Beli Bus
8 Rekomendasi Smartwatch di Bawah Rp2 Juta, Teknologi Canggih!
BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital
Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik