13 Tips Membeli Laptop Baru, Jangan Sampai Salah Pilih!

Cermat memilih laptop yang ingin dibeli.

13 Tips Membeli Laptop Baru, Jangan Sampai Salah Pilih!
ilustrasi laptop (unsplash.com/Windows)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tips memilih laptop baru di bawah ini bisa membantu Anda untuk membeli perangkat komputer dengan aman.

Laptop sudah menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor saat ini. Ada berbagai manfaat laptop di berbagai bidang, seperti pendidikan, pekerjaan, dan lainnya. Tampilannya yang simpel dan mudah untuk dibawa menjadi daya tarik tersendiri bagi perangkat ini.

Saat ini banyak sekali tipe, jenis, maupun merek laptop yang beredar di pasaran. Banyaknya pilihan tentu akan membuat Anda bingung untuk memilih laptop yang tepat. Untuk membantu Anda dalam memilih laptop yang tepat, berikut ini tips memilih laptop baru yang harus dipertimbangkan.

1. Lihat CPU yang digunakan

ilustrasi CPU (unsplash.com/Francesco Vantini)

Tips memilih laptop baru adalah lihat dari CPU yang tertanam pada perangkat. Central Processing Unit atau CPU adalah bagian terpenting yang memengaruhi kinerja laptop. Dapat dikatakan, CPU merupakan otak dari komputer. 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melihat spesifikasi prosesor ini, di antaranya spesifikasi tinggi dan generasinya.

Semakin tinggi spesifikasi atau semakin baru generasi CPU yang digunakan pada perangkat, maka semakin bagus. Akan tetapi, semakin tinggi angkanya, maka harga juga semakin mahal.

Apabila Anda menggunakan laptop untuk kegiatan yang cukup berat, seperti gaming dan desain. Sebaiknya untuk menggunakan CPU di atas core i5 (intel) atau ryzen (AMD).

2. Sistem operasi

ilustrasi Windows (unsplash.com/Dell)

Sebenarnya, ada beberapa sistem operasi laptop. Namun, ada dua sistem operasi yang umum digunakan, yakni Windows dan Mac OS (khusus untuk MacBook).

Pilihlah sistem operasi yang sering Anda gunakan dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menggunakan versi terbaru dari sistem operasi tersebut. Versi terbaru dari suatu OS dinilai lebih unggul karena ada banyak fitur-fitur yang lebih update di dalamnya.

3. Tentukan drive penyimpanan SSD atau HDD

ilustrasi drive penyimpanan (unsplash.com/Denny Müller)

Penyimpanan internal pada laptop juga memengaruhi kecepatan atau kinerja drive laptop. Saat ini, banyak laptop yang menggunakan jenis penyimpanan Solid State Drive (SSD) dibandingkan Hard Disk Drives (HDD).

Namun, dari segi harga SSD jauh lebih mahal ketimbang HDD. Selain, semakin besar kapasitas drive penyimpanan, maka semakin besar pula harga yang harus dibayarkan.

Walau lebih mahal, drive penyimpanan SSD menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat untuk menunjang performa laptop Anda secara menyeluruh.

4. Kapasitas memori RAM

ilustrasi RAM (unsplash.com/ Possessed Photography)

Tips memilih laptop baru selanjutnya adalah untuk memerhatikan kapasitas RAM yang ada. Laptop pada umumnya atau idealnya memiliki kapasitas RAM 8 GB.

RAM sangat penting bagi prosesor. Fungsi dari RAM ini adalah sebagai penyimpanan data sementara. Jika RAM terlalu kecil, Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu karena harus mengalami lagging.

5. Kapasitas baterai

ilustrasi charger laptop (unsplash.com/Homemade Media)

Perhatikan pula kapasitas baterai saat ingin membeli laptop baru. Apabila kapasitas baterainya kecil, maka Anda harus selalu mencharge dan tidak bisa jauh dari sumber listrik. Idealnya, daya tahan baterai laptop adalah 7–8 jam.

6. Perhatikan kualitas keyboard dan touchpad

ilustrasi keyboard laptop (unsplash.com/Sergi Kabrera)

Saat Anda sedang menjalankan pekerjaan yang membutuhkan kecepatan, perhatikan tombol keyboard dan touchpad. Pastikan bahwa bagian tersebut sudah sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan Anda memilih laptop yang memiliki driver touchpad presisi.

7. Cek webcam

ilustrasi webcam (unsplash.com/Chris Montgomery)

Saat ini, segala kegiatan telah beralih secara virtual, seperti kegiatan belajar maupun meeting kantor. Pilihlah laptop yang memiliki webcam di dalamnya. 

Adapun kualitas webcam pada laptop yang paling murah adalah 720p. Sebenarnya tidak masalah jika Anda menggunakan webcam dengan kualitas yang rendah jika Anda tidak terlalu sering menggunakannya.

Namun, jika Anda memiliki keperluan atau sering menggunakan item ini, pilihlah kamera dengan kualitas 1080p.

8. Mengecek jumlah port

ilustrasi pot laptop (unsplash.com/2H Media)

Tips membeli laptop baru yang sering terlupakan adalah mengecek jumlah port yang Ada. Hal ini memungkin Anda untuk memasukkan perangkat USB, mouse, dan lainnya ke laptop Anda.

9. Memperhatikan ukuran dan bentuk

ilustrasi layar laptop (unsplash.com/Microsoft Edge)

Cermati bentuk dan ukuran laptop yang ingin dibeli. Saat ini, ukuran laptop tersedia dari mulai 11 inci hingga 17 inci. Jika Anda membutuhkan laptop hanya untuk menulis, mengajar, atau tugas ringan lainnya, jatuhkan pilihan ke laptop 11 inci. Namun, jika Anda membutuhkan laptop untuk coding, edit video, dan kerja berat lainnya, pilihlah yang lebih besar.

10. Cek spesifikasi layar

ilustrasi layar laptop (unsplash.com/Dell)

Pastikan untuk mengecek spesifikasi layar, apakah termasuk layar sentuh atau tidak. Selain itu, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hal yang harus Anda perhatikan lainnya saat membeli laptop adalah resolusi dari layar tersebut, sehingga memberikan pengalam yang menyenangkan saat menggunakannya.

11. Cek kualitas produksi

ilustrasi laptop (unsplash.com/NordWood Themes)

Anda bisa mengecek kualitas dari perangkat berdasarkan review dari orang lain atau mengecek di internet. Tidak dapat dipungkiri jika suatu hari nanti laptop Anda bisa terjatuh atau tertindih. Pastikan laptop yang dibeli memiliki ketahanan yang baik, bergaransi, hingga memiliki sertifikasi yang dapat dipercaya.

12. Menyesuaikan dengan budget

ilustrasi uang (unsplash.com/Frederick Warren)

Tips membeli laptop selanjutnya adalah menyesuaikan dengan budget atau dana yang Anda punya. Anda bisa menemukan laptop dengan harga yang sudah dianggarkan sebelumnya.

13. Memilih brand laptop terbaik

laptop ASUS ROG Mothership (pinterest.com/Gadget Flow)

Saat ini banyak sekali brand laptop yang beredar di masyarakat. Tak jarang kualitas laptop juga ditentukan dari latar belakang perusahaan produksinya.

Saat Anda hendak membeli laptop, maka pertimbangkan pula perangkat yang dibeli dari perusahaan yang terpercaya kualitasnya. 

Itulah tadi tips memilh laptop baru yang bisa membantu Anda dalam membeli perangkat tersebut. Semoga membantu.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya
IKN Menjadi Target Inovasi yang Seksi bagi Investor Luar Negeri
Pemerintah Sudah Tarik Utang Rp104,7 Triliun Hingga 31 Maret 2024
Museum Benteng Vredeburg Lakukan Revitalisasi Senilai Rp50 Miliar
Pemerintah Realisasikan Rp220 T Untuk 4 Anggaran Prioritas di Q1 2024
ERAL Kolaborasi dengan DJI dan Fujifilm di Kampanye Motion Creativity