TECH

Trafik Data XL Axiata Naik 16 Persen Selama Lebaran

Aktivitas tertinggi yang digunakan adalah layanan streaming.

Trafik Data XL Axiata Naik 16 Persen Selama LebaranIlustrasi : tower sinyal telekomunikasi. (Dok. Shutterstock)
18 April 2024

Fortune Recap

  • Trafik layanan data/internet XL Axiata naik 16% selama libur Ramadan dan Idulfitri 1445 H dibanding hari biasa.
  • Aktivitas online terpusat pada streaming (59%), penjelajahan web (18%), dan media sosial (15%).
  • Trafik untuk layanan streaming seperti permainan daring, YouTube, TikTok, Netflix, dan Spotify mengalami kenaikan signifikan.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalami kenaikan rata-rata trafik layanan data/internet 16 persen sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H pada 4-14 April 2024 dibandingkan dengan hari-hari biasa (normal).

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan telah ada prediksi bahwa pada masa liburan tahun ini akan terjadi kenaikan Trafik Data yang cukup signifikan.

“Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran,” kata Darmayusa dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4).

Selama Ramadan dan Lebaran lalu, mayoritas aktivitas online terpusat pada streaming, mencapai 59 persen, diikuti oleh aktivitas penjelajahan web sebesar 18 persen dan interaksi di media sosial sebesar 15 persen.

Ketika diulas lebih mendetail, terjadi peningkatan signifikan dalam trafik untuk layanan streaming. Misalnya, trafik untuk permainan daring meningkat hingga 135 persen. Selain itu, aplikasi YouTube mengalami peningkatan 17 persen, TikTok naik 14 persen, Netflix meningkat 42 persen, dan Spotify tumbuh 23 persen.

Sementara itu, aktivitas penjelajahan web mengalami kenaikan 20 persen, sedangkan belanja online melalui e-commerce melonjak hingga 650 persen.

Trafik untuk layanan peta dan petunjuk rute seperti Google Maps dan Waze juga mengalami peningkatan signifikan, mencapai 154 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Related Topics