Comscore Tracker
TECH

Indosat Gandeng Google Cloud Kembangkan Solusi Digital Untuk Bisnis

Indosat komitmen dukung transformasi digital.

Indosat Gandeng Google Cloud Kembangkan Solusi Digital Untuk BisnisAcara Connex Media Update Indosat Business & Google Cloud di Jakarta (30/6). Dok/Indosat.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Business mengumumkan kerja sama dengan Google Cloud untuk mengembangkan pelbagai inovasi solusi digital. Kerja sama perusahaan telekomunikasi dengan raksasa pencarian tersebut memungkinkan terciptanya dukungan atas transformasi digital bisnis ataupun pemerintahan.

Chief Business Officer IOH, Bayu Hanantasena, mengatakan kolaborasi tersebut merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis yang telah diumumkan November tahun lalu demi mempercepat digitalisasi segmen konsumen dan perusahaan di Indonesia. 

Menurutnya, Indosat Business melakukan pengembangan inovasi teknologi digital berbasis sejumlah teknologi, seperti Internet of Things (Internet of Things), Advanced Data Analytics, serta Cloud and Collaboration Tools. Sejumlah sektor yang dibidik, yakni korporasi, UMKM, pendidikan, dan pemerintahan.

Kolaborasi dengan Google ini sejalan dengan misi perseroan “dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Bayu.

Pelbagai solusi digital

Direktur Utama PT Indosat Tbk, Vikram Sinha (tengah), Direktur Lee Chi Hung, Direktur Armand Hermawan, Direktur M. Buldansyah, Direktur Independen Irsyad Sahroni pada saat berfoto bersama saat RUPST di Jakarta (28/6). Dok/Indosat.

Kemitraan Indosat Business dengan Google Cloud ini mencakup sejumlah segmen solusi digital. Sebagai misal, One Stop Digital Business Ecosystem merupakan platform digital yang  menghubungkan dan memberdayakan para pelaku bisnis, termasuk UMKM. Platform ini memungkinkan pelanggan mendapatkan kemudahan untuk menjalankan bisnis dengan aplikasi, menjangkau calon pelanggan secara luas, serta memudahkan transaksi.

Lalu, Advanced Data Analytics adalah solusi big data analytics yang memungkinkan kemudahan pengambilan keputusan berbasis data untuk operasional bisnis, serta memudahkan akuisisi pelanggan melalui smart digital advertising.

IoT dan kecerdasan buatan merupakan solusi untuk meningkatakan produktivitas dan mengurangi biaya dalam operasional perusahaan di bidang manufaktur, retail, logistik. dan lain-lain.

Sedangkan Cloud and Collaboration Tools  menyediakan solusi hybrid cloud didukung konektivitas yang andal dan aman dengan Google Cloud direct connect sebagai solusi  menyeluruh untuk teknologi informasi dan komunikasi.

Kerja sama Indosat Business dan Google Cloud ini telah digunakan oleh banyak pihak, termasuk universitas seperti UIN Walisongo yang menggunakan solusi GCP Google Cloud Platform. “Kemudahan dan kecepatan dalam implementasi solusi tersebut sangat membantu kami dalam menjalankan proses seleksi SPAN-PTKIN dan UMPTKIN. Seluruh proses dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan time plan dan dapat termonitor dalam satu dashboard secara real-time,” kata Divisi Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang, Alan Budi Kusuma.

Indosat belakangan aktif menggelar kolaborasi dengan perusahaan teknologi, termasuk BDX Asia Data Center Holdings PTE Ltd untuk membikin usaha patungan data center. Indosat juga menggelar kerja sama dengan Ericcson untuk memperluas teknologi jaringan 5G di Indonesia.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), sempat mengatakan perusahaan berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi produk, mengintegrasikan jaringan, dan menempatkan pengalaman pelanggan sebagai fokus utama operasional bisnis. ““IOH akan terus menciptakan nilai lebih bagi pelanggan dan pemegang saham, serta mempercepat transformasi digital Indonesia,” ujarnya.

Related Topics

Related Articles