Comscore Tracker
TECH

Aplikasi Meeting Online Gratis dan Freemium yang Wajib Diketahui

Memudahkan Anda dalam berkomunikasi

Aplikasi Meeting Online Gratis dan Freemium yang Wajib Diketahuiilustrasi menggunakan aplikasi online meeting (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

by Nadia Agatha Pramesthi

Aplikasi meeting online freemium bukan lagi hal asing bagi sebagian orang karena sejak awal pandemi, banyak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berbagai kegiatan secara daring.

Sementara aplikasi ini adalah hal esensial yang memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan tim atau kelompok, mungkin ada pertanyaan mengenai apa itu freemium.

Freemium merupakan sebuah istilah gabungan dari kata free dan premium. Jika diartikan, kata ini memiliki arti suatu hal yang gratis pada batas tertentu, tetapi bila ingin menikmati fitur yang lebih banyak, Anda harus membayar sesuai paket yang diberikan.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui apa saja aplikasi meeting online yang gratis dan Anda tidak perlu khawatir jika ingin menambah kapasitas dan kemampuan dari aplikasi tersebut. Berikut adalah ulasannya.

Mengapa menggunakan aplikasi meeting online?

Memakai aplikasi meeting online untuk rapat

Selama masa pandemi, kegiatan bertemu dengan orang secara langsung face to face memang dibatasi untuk mencegah penyebaran virus yang lebih masif. Akhirnya baik di bidang pendidikan, pekerjaan, maupun bisnis banyak yang dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi meeting online

Aplikasi tersebut bisa menjadi pengganti untuk ruang kerja maupun ruang kelas belajar secara online. Cara ini menjadi satu-satunya solusi agar aktivitas tetap dapat dilakukan sebagaimana mestinya tanpa harus bertemu secara langsung. Tujuannya tidak lain adalah agar virus COVID-19 tidak semakin menyebar. 

Alhasil, banyak aplikasi meeting online yang mulai beredar dan digunakan di berbagai bidang kehidupan. Baik untuk guru mengajar secara online, acara webinar, seminar, workshop, meeting, dan lain sebagainya. Kebiasaan baru ini akhirnya membuat aplikasi ini semakin gencar digunakan untuk mengadakan pertemuan secara virtual.

Daftar aplikasi meeting online populer

aplikasi zoom

Ada beberapa jenis aplikasi meeting online yang bisa digunakan oleh para pengguna agar dapat melakukan pertemuan secara virtual. Baik untuk kebutuhan bisnis, pekerjaan, maupun pendidikan. Berikut ini beberapa aplikasi untuk meeting secara online yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Google Meet

Aplikasi satu ini juga termasuk salah satu yang banyak digunakan dan sangat populer sejak awal masa pandemi. Google Meet menjadi salah satu saingan dari Zoom sebagai aplikasi untuk mengadakan pertemuan virtual. Untuk pertama kalinya, Google merilis Google Meet dengan nama Hangouts Meet pada tahun 2017. 

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun. Selain itu, layanan dari Google ini juga lebih praktis karena langsung terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia untuk memaksimalkan pertemuan meskipun hanya secara online

2. Zoom

Zoom Cloud Meetings adalah salah satu aplikasi yang paling booming sejak awal masa pandemi COVID-19. Hampir semua lini menggunakan platform ini baik untuk online class, webinar, maupun sekadar meeting dengan teman-teman dan keluarga. 

Aplikasi yang dikembangkan oleh Zoom Video Communications ini sudah dirilis sejak 10 September 2012 lalu dan penggunanya semakin banyak sejak awal masa pandemi. Keunggulan dari platform ini adalah fiturnya yang cukup banyak, tidak mudah nge-lag meskipun jaringan lemah, dan kulaitas video yang bagus. 

Sayangnya, durasi meeting untuk penggunaan Zoom masih dibatasi hanya dengan peserta 100 orang dan 40 menit saja. Namun, Anda bisa menambah durasi dan jumlah peserta dengan berlangganan Zoom Premium setiap bulannya untuk mendapatkan akses yang lebih lengkap.

3. Skype

Sebelum aplikasi lainnya booming, sebenarnya Skype sudah ada sejak dulu. Pada tahun 2003, Skype diluncurkan dan sangat populer sebagai platform untuk mengadakan online meeting. Sebelum Skype diakuisisi oleh Microsoft, perusahaan ini sempat diakuisisi oleh eBay.

Bukan hanya sekadar aplikasi untuk chatting biasa, Skype juga bisa digunakan untuk meeting online oleh beberapa pengguna sekaligus.

Daftar aplikasi video call online yang bisa dicoba

orang meeting online

1. Awor

Aplikasi meeting online satu ini bisa menjadi opsi terutama bagi para pebisnis karena Awor menyediakan fitur private untuk aplikasi video conference yang bisa diinstal langsung di server perusahaan sendiri. Itu artinya keamanan pengguna lebih terjamin karena tersedia pengamanan ganda. 

Fitur utama Awor pada dasarnya sama seperti aplikasi lainnya yang terdiri dari recording, audio and video control, live chat room, dan screen sharing. Menariknya lagi, Awor menyediakan fitur Management Meeting yang cukup lengkap. 

Mulai dari create meeting, moderator assign, share meeting, meeting hitory, reusable link, private meeting, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengintegrasikan link meeting dengan email kantor melalui fitur private portal.

2. Jitsi Meet

Aplikasi meeting online Jitsi Meet memang masih terdengar jarang di masyarakat awam, namun platform ini juga sudah banyak digunakan. Jitsi Meet dikembangkan oleh perusahaan yang bernama 8x8. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Jitsi memiliki beberapa kelebihan. 

Salah satu kelebihannya adalah Anda bisa menggunakan Jitsi Meet secara gratis dan tidak ada batasan pengguna. Platform ini juga merupakan software open source yang artinya siapa saja bisa membantu untuk mengembangkan Jitsi Meet. 

3. Microsoft Teams

Salah satu perusahaan raksasa Microsoft juga turut mengembangkan aplikasi untuk meeting online yang diberi nama Microsoft Teams. Platform ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak tahun 2017 dan termasuk salah satu yang paling banyak digunakan. 

Microsoft Teams memiliki satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh platform lainnya yakni terintegrasi secara langsung dengan layanan Microsoft. Termasuk semua yang tercakup dalam Microsoft Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, dan lain sebagainya. 

4. BlueJeans

Aplikasi meeting online berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah BlueJeans Meeting. Platform yang dibuat oleh perusahaan Verizon ini namanya memang cukup unik. BlueJeans sendiri bermarkas pusat di California, Amerika Serikat dan sudah didirikan sejak tahun 2009. 

Platform untuk meeting online satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap mulai dari recording, chat, dan lainnya. Anda harus berlangganan terlebih dahulu jika ingin menggunakan BlueJeans. Namun, tersedia free trial selama 14 hari untuk coba-coba mengenal fitur dan fasilitas yang tersedia.

Berbagai aplikasi meeting online di atas memiliki kelebihan masing-masing. Tentu saja Anda bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

Related Articles